Beranda > Nasional > Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu


Bila Kuala Lumpur punya menara kembar Petronas yang menjadi ikon negeri tetangga, Jakarta punya ikon Tugu Monas maka Surabaya dan Madura akan segera punya ikon baru, Jembatan Suramadu. Ya…Jembatan Suramadu adalah sebuah proyek prestise.

Suramadu adalah singkatan dari Surabaya dan Madura. Jembatan ini akan menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan). Tujuan utama pembangunan jembatan ini tentunya adalah untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura,  yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Bila jembatan ini telah selesai dengan sempurna, maka Jembatan Suramadu akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 m. Menurut catatan, Jembatan ini akan menjadi satu dari 15 jembatan terpanjang di dunia.

Proyek jembatan Suramadu ini digagas pertama tahun 1960an oleh Ir. Sedyatmo (alm) yang tadinya direncanakan untuk membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Gasasan ini mendapat respon yang positif oleh Presiden Suharto (alm), dimana pada awal juni tahun 1986 Presiden Soeharto menunjuk Menteri Negara Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) BJ Habibie. Kajian awal kemungkinan hubungan langsung antarpulau Sumatera-Jawa-Bali pun dilakukan dan proyek kajian ini diberi nama Tri Nusa Bima Sakti yang bekerja sama dengan Swasta Jepang.

Untuk mempromosikan dan mensosilisasikan Proyek Tri Nusa Bimasakti, maka BPPT dan JIF menyelengarakan Seminar di Jakarta tanggal 21-24 September 1986 dengan mengambil thema seminar “"Japan-Indonesia Seminar on Large Scale Bridges and Under Sea Tunnel". Seminar tersebut kemudian dilanjutkan dengan serangkaian studi pendahuluan hingga tahun 1989. Karena studi tersebut mencakup hubungan tiga pulau atau lebih, nama proyek disempurnakan menjadi "Proyek Tri Nusa Bima Sakti dan Penyeberangan Utama". Dari kajian-kajian yang dilakukan, yang dianggap layak untuk segera diimplementasikan adalah hubungan langsung Jawa-Madura/ Bali.

Jembatan Suramadu dimulai pembangunannya pada tanggal 20 Agustus 2003, secara resmi dicanangkan pembangunannya oleh Presiden RI saat itu yaitu : Megawati Soekarnoputri.  Menurut rencana pada bulan Juni 2009 Jembatan ini akan diresmikan.

Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu causeway, approach bridge dan main bridge. Dari total panjang jembatan sejauh 5.438 m terdiri dari Causeway sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m. Bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km.

Jembatan Suramadu  nantinya akan  menyediakan akses khusus sepeda motor. Letaknya di sisi kanan dan kiri jembatan. Lebar masing-masing 2,75 meter. Total lebar jembatan mencapai 30 meter (2 x 15 meter). Di tiap jalur (arah Surabaya maupun arah Madura) akan ada jalur lambat masing-masing berukuran 2,2 meter. Kemudian, di tiap jalur akan ada dua jalur cepat yang masing-masing selebar 3,5 meter.

Selain konsorsium nasional, maka yang juga memiliki peranan penting dalam pembangunan jembatan Suramadu adalah perusahaan konstruksi dari China. Itulah sebabnya alas jembatan yang disebut dengan steel box girder (SBG) pembuatanya dilakukan di Tiongkok. Ternyata selain pembuatannya harus dilakukan di Tiongkok, pengirimannya memakan waktu cukup lama. Pengiriman dari Tiongkok dilakukan empat kali selama 30 hari. Itu pun masih harus dirakit lagi di Gresik.

Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp. 4,5 trilyun. Besarnya biaya untuk pembangunan jembatan ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi keberlanjutan penyelesaian jembatan ini. Karena itulah ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, sempat menunda kelanjutan pembangunan Jembatan Suramadu.

Secara teknis pembuatan jembatan  dilakukan dari tiga sisi : sisi Madura, sisi Surabaya dan secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

Wah… kapan yach jajal Jembatan Suramadu…? 

Sumber : Buku Membentang Mimpi Menggapai Obsesi

Powered by Qumana

About these ads
Kategori:Nasional
  1. 31 Maret, 2009 pukul 11:29 pm

    Begitu dengar jembatan sudah jadi & diresmikan, saya langsung meluncur ke Surabaya dan nyobain jembatan SURAMADU.

    • prayudi
      1 April, 2009 pukul 5:46 pm

      mudah-mudahan saya juga punya kesempatan untuk jajal jembatan prestise ini

    • gani
      21 Juni, 2009 pukul 2:16 pm

      enak donk..
      how do you feel???
      tell me what..

    • Anonymous
      22 September, 2010 pukul 7:50 am

      nnt lw udh wktu.a psti bsa

  2. 15 April, 2009 pukul 4:49 am

    ayo sejawat (sepeda jelajah wisata jatim), kapan ada di madura?

  3. ajie
    15 April, 2009 pukul 1:25 pm

    Suramadu Bridge is one of the big obsession of Surabaya, particularly, to be the most predominant city in Indonesia out of Jakarta. it is one of the spectacular constructions built in this country. Hopefully, the bridge will give abundant benefits and advantages not only for Surabaya but also Madura as well. As we know, Surabaya always claims itself as the second largest city in Indonesia, although it is still debatable. Since it is based on the total population dwelling in this city and its economic potency. However, if it is measured by the total city area, Semarang or Medan, certainly, is larger than Surabaya.

  4. 2 Mei, 2009 pukul 4:12 pm

    As indonesian I’m so proud to my country which it be able to build one of the largest bridges in Indonesia that connected from city of Surabaya to The island of Madura where I was born. I’ve lived in united state for quite sometime and I’ve seen many bridges here in US and they all look beautifull and having one in my own country it’s quite exiting! jadi pengin sekali mencoba kalo jembatan Suramadu udah selesai.

  5. xie
    10 Mei, 2009 pukul 1:14 pm

    Hi, It seems that most Indonesia don’t know the fact that the Bridge is financed by Chinese Government and the main span of the bridge(the most technicially difficult part) was undertaken(design and built) by China Road and Bridge Construction Co. Group. That is to say, without the help of China, Indonesia con’t build such a sea bridge! The longest sea bridge in the world is also in China, the Hangzhou Bay Bridge(19.5 KM)!

  6. Anonymous
    10 Mei, 2009 pukul 1:20 pm

    Hangzhou Bay Sea Bridge is 36 KM

  7. EDGE
    11 Mei, 2009 pukul 2:57 pm

    mudah-mudahan aspalnya ga banyak yang ambles
    gak banyak bapak – bapak DLLAJ yang tambah kaya gara-gara punya lahan pungli baru
    juga gak banyak adek – adek polisi brengsek yang bikin rese pengguna jalan

  8. lanchenk somepunk
    17 Mei, 2009 pukul 4:05 pm

    Jembatan SURAMADU memang fenomenal sekaligus monumental.Tapi ingat…Kedepannya,ini rentan beban psikologis bagi masyarakat Madura.Jgn sampai Masyarakat asli Madura malah jadi penonton di panggung sendiri

  9. asli MaDhureh
    3 Juni, 2009 pukul 12:59 pm

    sbg wrga asli madura, ana sangat bangga dengan jembatan ni. karena jembatan ni membuat ana g usah ngantre lagi nunggu kapal feri di Kamal. Sakalangkong (terima kasih) INDONESIA!

  10. 4 Juni, 2009 pukul 2:42 am

    Aku yum@ di blitar, kapan jembatan suramadu di resmikan? dan brapa tarif tol masuknya? ak akn sgr mencoba… smg membwa kmanfaatan bg rakyat, dan mningkatkan prtumbuan pmbangunan dan prekonomian khususnya madura.

  11. wiwin
    5 Juni, 2009 pukul 2:50 pm

    Luar biasa..akhirnya..:)))

  12. erik
    6 Juni, 2009 pukul 4:16 pm

    mudah-mudahan madhure bukan polo maksiat

  13. RENG MADUREH
    8 Juni, 2009 pukul 6:25 am

    SURAMADU ………….. DAHSYAT :<
    AKUASLI MADURA , CUKUP SENANG DENGAN JEMBATAN INI. SEMOGA JEMBATAN INI BENAR – BENAR MEMBAWA ARAH KEMAJUAN POSITIF TO MASYARAKAT MADURA, BUKAN UNTUK MENJADIKAN MASYARAKAT MADURA BUDAK DI PULAU SENDIRI.
    DAN TIDAK MENJADIKAN PULAU YANG SELAMA INI TERKENAL KESANTRIANNYA, CAROKNYA, KETERBELAKANGANNYA AKAN BERUBAH MENJADI PULAU MAKSIAT.

    TRIMS TO PENGGAGAS SURAMADU

  14. aris
    8 Juni, 2009 pukul 4:21 pm

    akan jadi salah satu kebanggaan Indonesia…

  15. 8 Juni, 2009 pukul 6:59 pm

    Semoga perjalanan kita menuju madura terasa nyaman dan aman sampai pada tujuan, demikin pula sebaliknya. oke?
    Jembatan SURAMADU ini adalah lambang bahwa kita akan melintasi suatu TITIAN HARAPAN yang lebih baik dikemudian hari.
    titian yang menghantarkan kita ke era keterbukaan, kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.
    maju terus bangsaku, jangan lelah untuk membangun

  16. 9 Juni, 2009 pukul 2:11 am

    Wah Hebat bnged…….
    tpi ap gag rontok y…??
    coba di sisinya ditambahain jalur Kereta Api Surabaya-Madura
    byr prjalanan lbih cpd gtu…

  17. 10 Juni, 2009 pukul 3:41 am

    Nah…saat ini kesempatan anda bisa njajal jembatan suramadu, gratis lhoh…

    btw, sebagian artikel anda boleh aku copas..? trims

  18. rakyat jelata
    10 Juni, 2009 pukul 4:17 am

    Lebih efisien mana kalau itu jembatan ada di selat sunda…!!!
    kita tau bahwa selat sunda adalah jalur transportasi laut yang padat dan sibuk (nonstop 24 jam) tapi mengapa yang lebih diutamakan koq jalur transportasi laut yang nilai perputaran ekonominya lebih kecil dari selat sunda…???

  19. Bijak
    10 Juni, 2009 pukul 4:38 am

    Hebat..salut…semoga di rawat dengan baik, biar tahan lama. Maklumlah, kadang-kadang bagus di awal, setelah itu who cares…(jangan dong….)

  20. semprul
    11 Juni, 2009 pukul 12:54 am

    coba ditambah lagi buat bandara internasional dimadura trus ditengah-tengah tanjung perak dibuat patung sby sebesar patung liberty pasti seru tuh !!!!

  21. 11 Juni, 2009 pukul 5:06 am

    DahSYattttt bGtttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    moGa2 jMBtan SURAMADU meMBawa berKAH bagi kita SEmua….AMIIIN………………
    PaJak yang harus di bayar oLeh penGGuna jmbTAN SURAMADU berapa???????????

  22. malik ibrahim
    12 Juni, 2009 pukul 1:44 am

    suramadu merupakan program mercusuar bangsa indonesia yang nampaknya sangat kokoh-kuat. Kokoh kuatnya suramadu tidak memberikan arti jika mentalitas kita sebagai suatu bangsa tidak pernah di sentuh apalagi dibangun.
    siapapun presiden nantinya yang terpilih, jangan melupakan pembangunan mental bangsa. agar mampu dan siap bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya di bola bumi ini…

    pejuang pemikir

  23. alhamta
    12 Juni, 2009 pukul 2:41 am

    wauuuuuuuuuwwwww, hebat banget jembatannya, ayo mari kita bangun terus indonesia kita pasti bisa.

  24. sasa
    18 Juni, 2009 pukul 3:09 am

    jembatan suramadu sebaiknya di tengah – tengah jembatan terdapat orang2 yg berjualan makanan & minuman biar si pengguna jalan tidak kelaparan & kehausan………………?????????????
    supaya pulau madura lebih maju, ditambah fasilitas …………..

  25. arif
    18 Juni, 2009 pukul 3:17 am

    setahu kita dana pembuatan jembatan ini diperoleh dari CHINA. AAPPPPPPPPPPPAKAH benar?

  26. arif
    18 Juni, 2009 pukul 3:38 am

    setahu kita dana pembuatan jembatan ini diperoleh dari CHINA. AAPPPPPPPPPPPAKAH benar?
    adakah yg menjadi tumbal selama pembuatan jalan ini ?

  27. 23 Juni, 2009 pukul 3:39 am

    Seandainya antar-pulau se-nusantara terhubung dengan jembatan-jembatan seperti ini….. 1000 % indonesai akan jadi tujuan wisatawan dunia. Semoga

  28. agi
    25 Juni, 2009 pukul 3:59 pm

    wow spektakuler yo jembatane………………….

  29. 8 Juli, 2009 pukul 2:13 pm

    Selamat kepada pemerintahan dengan adanya suramadu masakarat madura lebih mudah meyebrangnya..
    hai cakancah..!! nyaman taiyeh bedenah suramadu reyah bs legelik mule kamadureh hehe..
    baik se amotoran otabeh se amubilen pade nyaman. keng karo neser ka padegeng asongan jiyah, pas deremah nasibeh kadepan.. sambung duanah makle padeh nemuh kalakoan kabbi kanak..!! salam hormat derih sengko yeh,, !!

  30. AHMAD ZUBAIRI
    10 Juli, 2009 pukul 3:19 pm

    Saya sdh menyempat kan diri melintasi JEMBATAN SURAMADU waaaaaduh rasanya sungguh sangat mengagum kan. ayo konco2 ku ngrasaIN melaku nang SURAMADU. ojo,lali nyobain tapai sekar tombung. rasanya manis dan mantap.

  31. nadya
    23 Juli, 2009 pukul 3:17 am

    Assalamu’alaikum Kak,,
    Saya sangat bangga dengan kemajuan ilmu teknologi khususnya teknologi konstruksi,,semoga kemajuan konstruksi pembangunan jembatan ini terus menginspirasi kita u/ belajar mengisi pembangunan Bangsa..
    -nadya ( mahasiswi teknik sipil ).

  32. 5 Agustus, 2009 pukul 3:38 pm

    Hey..
    Kaconk madura dsni.
    I’m rightfully proud to become indonesian.
    Bagi anda yg pngen ke pulau madura,jgn lg khawatir.
    99% cArock d madura udh d HAPUSS hehehe.
    Bwt indonesia,tetap slalu 0PTIMIS !
    Maju trus INDONESIAKU !!!

  33. ege th
    11 Agustus, 2009 pukul 1:41 pm

    Top,.,salut,.,bravo,.,Indonesia,.,
    ternyata bisa juga membuat karya nyata,.,yg wuihh
    Ayo,.,semuanya yg belum ngebuktiin cinta indonesia,.,berkaryalah spt insinyur-insinyur yg ,.,.tentunya sedikit bicara,.,.tapi buanyak bekerja,.,ok siip
    Juga selamat berkembang saudaraku di madura,.,.

  34. 14 Agustus, 2009 pukul 1:01 pm

    maju INDONESIA

  35. Ika
    21 Agustus, 2009 pukul 10:53 am

    wah Indonsia harus mikir dulu deh kalau mau buat rencana pembangnan…. jangan cuma awalnya aja bangus tetapi ga bertahan lama….sayang banget hambur-hamburin uang negara….kalau sudah dibangun jangan lupa dirawat juga.
    ………………….Walau bagaimanapun i love Indonesia.

  36. burhanuddin
    1 September, 2009 pukul 6:25 am

    aku wong jowo timur..tinggal neng lampung..pingin mrono…tapi tinggal impen wae…

  37. Anonymous
    2 September, 2009 pukul 12:02 pm

    saya tugas di banjarmasin kal sel.saya sngat bangga sbg putra madura asli,mempunyai jembatan yg nmany di kenal semua orang .cm lbh enakny lg klo di bngun 1lg lg jmbtan penghubung kalimantan – madura..

  38. niesa
    16 September, 2009 pukul 3:13 am

    wah…….jembatannya baguz bangetz,nggak kalah kok ama jembatan yang ada di london…..aku harap dengan adanya jembatan suramadu ini akan memudahkan kita pepe surabaya madura,,,,ya g?

  39. yadi
    16 September, 2009 pukul 7:41 am

    kami bangga suramadu, akan meyusul banyuwanggi – gilimanuk…..
    !!!

  40. yadi
    16 September, 2009 pukul 7:48 am

    kami bangga jembatan suramadu majuterus negriku, harapan akan meyusul jembatan banyuwanggi – gilimanuk jawa – bali…..!!!

  41. wawans
    16 September, 2009 pukul 9:29 am

    Bangga buat Indonesia yang sudah membuat jembatan terpanjang,q jadi pengen coba lewati jembatan suramadu.kapan ni temen-2 vespa di suramadu ngadain event di situ.q kan supaya bisa jajal jembatanya naik vespa biar tambah asyik gituu..coz q pecinta vespa,salam buat temen2 vespa di suramadu,q doain supaya bisa secepatnya ngadain event.

  42. Ardie
    22 September, 2009 pukul 11:41 am

    Subhaanallah,mrpakan kebanggaan bgi indonesia bsa brkya seper proyek suramadu,maju trus my indonesia.thx

  43. 2 Oktober, 2009 pukul 12:47 pm

    huuu… kerennya

  44. Halusi Hambali
    8 Oktober, 2009 pukul 5:09 am

    Jempol dua !!!!!!!!!!
    mudah-mudahan membawa kesejahteraan umat

  45. erna
    17 Oktober, 2009 pukul 9:22 am

    waduh di sini juga da suramadu toh..rasanya seneng banget waktu suramadu dah selesai di bangun rasanya pengin langsung jaalan 2 di atasnya….

  46. rayn.
    19 Oktober, 2009 pukul 7:17 am

    q juga bangga sebagau anak madureh tapi bagai mana pun q mau berterima ksih pada pemerintah indonesia atas segala perhatian nya, maju terus negara ku janagn mau kalah ma negara lain.

  47. toyib
    25 Oktober, 2009 pukul 1:05 pm

    pantek……
    yo babayo maaa……

  48. 28 Oktober, 2009 pukul 6:34 am

    Keberadaan Jembatan Suramadu yang berdiri kokoh menandakan suatu perwujudan nyata pembangunan dalam rangka pengembangan wilayah dan peningkatan ekonomi, sekaligus sebagai sarana pemersatu masyarakat serta harmonisasi dua budaya (Jawa – Madura) sebagai aset bangsa untuk saling bergotong-royong membangun negeri.
    Dengan keunikan budayanya, keberadaan Jembatan Suramadu diharapkan mampu menjadi icon atau landmark yang membawa karakter tersendiri bagi Jawa Timur, sehingga semakin memperkaya keanekaragaman Indonesia.
    Lowongan Kerja Surabaya

  49. Anonymous
    1 November, 2009 pukul 9:52 am

    Ya menurut saya jembatan suramadu adalah keindah indahan alam bagi indonesia

  50. diel doang
    8 November, 2009 pukul 6:23 pm

    memang ada bagusnya jembatan suramadu dibuat,tp yg mesti bangsa kita dahulukan semestinnya pulau2 yang bertetangga dgn negara lain,semisal batam tanjung pinang,sudah semestinya pulau tsb disatukan,karna kedua wilayah tsb amat dekat dgn singapura,mmg perna sy dgr,ada rencana utk kesana,tapi tak tau kapan it terjadi,ada berpuluh pulau di kepri yang sampai saat ini tidak berpenghuni.saya sendiri pn heran kenapa zmn keemasaan otorita batam sekitar thn90an+ membuat jembatan barelang,.yg mana sampai saat ini tak ada nampak kemajuan yang terjadi dri benyatuan pulau2 tsb.

  51. kikiel
    11 November, 2009 pukul 7:58 am

    Hebat hebat hebat…. begitu aq melintasi jembatan itu. Indonesia hebat.Jalan menuju kemajuan u wilayah madura smakin membentang mengundang para investor maupun program2 pemerintah bisa menggelinding dg cepat. Tanah2 kering dan hawa panas menyengat akan segera sejuk dengan sentuhan tangan dingin membangun madura. Minimal wisatawan lokal tertarik u mencoba ke sana. Ayo saudara2 yg di madura gali potensi yang ada, makanan khas yg byk diburu “lorjuk”, petis madura, keripik singkong semakin akrab di telinga dan di lidah. clurit, pecut, ikat kepala n kaos lorek merah putih dan baju hitam yg identik dg madura Kebetulan waktu ke sana lg ada acara hut kab. bangkalan. Batiknya juga indah n bernilai seni tinggi. siapa nyusul liat ke sn?????

  52. 17 November, 2009 pukul 5:12 pm

    oke bangtsss, mau@ aceh ke sabang juga dibangun jembatan y, masak aceh di lupakan….!!!!

  53. cebret
    27 November, 2009 pukul 5:16 am

    peresmiannya pas ultahku tuh…………

  54. 1 Desember, 2009 pukul 6:47 am

    satu kata….”Briliant”

  55. Anonymous
    20 Desember, 2009 pukul 5:46 am

    sura madu is the best
    kalo bisa kami di aceh mau membangun jembatan antara,sabang dan banda aceh.untuk pelabuhan bebas

  56. yudi
    22 Desember, 2009 pukul 11:26 am

    buagus bener yah jembatan nya, moga-moga saya bisa lari pagi di atas jembatan termahsyur ini.

  57. Anonymous
    8 Maret, 2010 pukul 10:36 am

    menurut sy jmbatan tersebut memang baik u/ warga sekitar

  58. dhito
    11 April, 2010 pukul 9:48 pm

    gan, itu tulisannya kok sama kayak artikelnya pak probo yang judulnya ” Dari Suramadu, kita tatap masa depan “…ckckckck

  59. Nizar_anbu
    22 Mei, 2010 pukul 12:39 am

    jembatan suramadu adl aset negara, sbg wrga negara yg baek semessinya qta smua harus mempunyai kesadaran sendiri untuk merawatnya..

  60. 25 Juni, 2010 pukul 6:45 am

    hebat….semoga terus berjaya

    kunjungi juga web kami http://repository.unand.ac.id

  61. juleha
    19 Oktober, 2010 pukul 5:53 am

    thanks utk smua infonya……..

  62. 2 Maret, 2011 pukul 2:26 am

    Bisa jadi tambahan informasi >>> good job !

  63. 15 Mei, 2011 pukul 8:41 am

    Informasi yang sangat menarik, alhamdulillah indonesia sudah punya jembatan suramadu yang membanggakan.

  64. Anonymous
    12 Desember, 2011 pukul 3:20 am

    wahhh jd pgen ke surabaya,,nih liburan

  65. 29 Februari, 2012 pukul 7:19 am

    bnr g.h sich kabar bahwa jmbtan suramadu trdpt krsakan.,.??

  1. 10 Juni, 2009 pukul 8:08 am
  2. 20 Agustus, 2010 pukul 10:04 am
  3. 13 April, 2012 pukul 7:38 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: