Beranda > Umum > 10 Jembatan Terpanjang di Dunia

10 Jembatan Terpanjang di Dunia


Indonesia sebentar lagi boleh bangga punya Jembatan Suramadu yang sangat panjang (5 KM lebih), namun bila dibandingkan dengan jembatan panjang lainnya di dunia, ternyata ada jembatan lain yang jauh lebih panjang. Dan hebatnya, beberapa jembatan terpanjang di dunia berada di negeri China. Jadi jangan heran kalau sejak studi kelayakan hingga pelaksanaan proyek, para insinyur dari China banyak berperan dalam proyek Jembatan Suramadu.

Ada beberapa versi daftar jembatan terpanjang di dunia. Ternyata definisi jembatan itu sendiri berbeda. Menurut versinya wikipedia, jembatan terpanjang di dunia adalah Bang Na Expressway di Thailand yang panjangnya mencapai 54 KM. Sementara versi lain memasukkan sebuah jembatan kedalam daftar terpanjang hanya bisa keseluruhan ruas jembatan berada diatas air. Nyatanya Bang Na Expressway sebagian besar  panjangnya berada didaratan dan lebih cocok disebut sebagai viaduct dibandingkan dengan jembata.

Bila yang dimaksud adalah jembatan dengan keseluruhan ruas berada di atas air, maka daftar 10 jembatan terpanjang di dunia adalah :

10. Seven-mile bridge, Panjang 10.887 M menghubungkan antara Teluk Meksiko dengan daratan di Florida Amerika Serikat.


9. San Mateo – Bridge Hayoard, Panjang 11.265 M, melintasi teluk California, San Franscisco Amerika.


8. Union Bridge, Panjang 12.900 M, menghubungkan antara pulau Prince Edward dengan dataran New Brunswick di Kanada.


7. Rio Bridge – Niteroi, Panjang 13.290 M, Menghubungkan kota Rio de Janeiro di Brazil dan Niteroi.


6. Penang Bridge, Panjang 13.500 M, menghubungkan antara Pulau Penang dan daratan Malaysia.


5. Vasco da Gama bridge, Panjang 17.200 M, jembatan terpanjang di daratan Eropa yang melintasi sungai-sungai di kota Lisbon Purtugal


4. Chesapeake Bay Bridge, Panjang 24.140 M, melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika.


3. King Fahd Causeway, Panjang  M, melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.


2. Bridge donghai, Panjang 32.500 M, Jembatan terpanjang di Asia dan juga jembatan terpanjang yang melintasi lautan, terletak di Shanghai China.


1. Lake pontchartrain, Panjang 38.420 M terdapat di Lousiana New Orleans, Amerika.

Sejalan dengan pembangunan disetiap negara yang begitu cepat, maka tentunya daftar diatas akan berubah dalam tahun-tahun mendatang. Sebagai contoh, kandidat untuk jembatan terpanjang akan segera dipecahkan oleh The Beijing-Shanghai Express Railway yang panjangnya mencapai 164 KM. Selanjutnya sebagai negara kaya minyak, maka Qatar dan Bahrain juga akan membangun jembatan yang diberi nama Qatar Bahrain Bridge dengan panjang mencapai 40 KM.

Sementara itu untuk Jembatan paling luas dan paling lebar di dunia ada di Sydney harbor bridge, Australia. Terdapat 16 jalur mobil, 8 jalur di tingkat bawah dan 8 jalur di tingkat atas.

Powered by Qumana

About these ads
Kategori:Umum
  1. 2 April, 2009 pukul 4:48 pm

    Wow….

    Tapi apa ga takut yawh biala tiba2 ada ombak besar yang menyapu jembatan itu, jadinya kan pada kocar-kacir semua tuwh mobil yang ada di sana….

    • Anonymous
      4 Juni, 2009 pukul 7:06 am

      Moga2 gak terjadi yang kayak gtu an. .. .amiem. ..

    • albert
      8 Oktober, 2009 pukul 10:29 am

      ga sich!!!
      bisa aj???
      kwkwkw

    • Surya
      25 November, 2009 pukul 12:53 pm

      yahh, tu kan dah dpikir matang2 !!

    • 31 Januari, 2010 pukul 1:56 pm

      kok seperti itu pemikiran bukan baitu caronyo baa lo kalau jembatan selat sunda dibangun cubo lah bapiki manfaat yang didapek

      • Anonymous
        1 Juli, 2010 pukul 4:20 am

        bhsa pa tu??
        wkwkkw…gak ngerti
        piiiiss :)

      • dahelia
        1 Juli, 2010 pukul 4:22 am

        bhsa pa tu?? gk ngerti saiaa..wkwkwk
        piiiiiiissssssss :)

      • wiwied
        23 Oktober, 2010 pukul 4:12 am

        ancaklah nyo dak payah-payah bana naiak pesawat do….takuiiiiikkkkk, he5…..

      • smile civil
        8 Mei, 2011 pukul 9:34 am

        rencananyo jembatan diselat sunda ka dibangun. dimulai tahun 2012-2025. kito tunggu se sanak

      • deni
        15 September, 2011 pukul 8:14 am

        Mabtap sanak.. klo jd dibangun jembatan selat sunda tu cpek wak sampai ka pulau jawa nak sanak hehehee

    • seato
      17 Februari, 2010 pukul 1:28 pm

      nggak mngkn lah. kan ada pawangnya. hahahahahahahaha

    • saulin
      17 Februari, 2010 pukul 1:29 pm

      masak sich……..!
      aku g’ percaya

      • xxx
        11 Juni, 2011 pukul 2:35 am

        kamu aja yg goblok masa enggak percnya ..?

    • aditya
      3 April, 2011 pukul 7:10 am

      iya betul

    • Anonymous
      4 April, 2011 pukul 9:30 am

      tipasti udah di perhitungkan mass.

  2. Stein
    24 April, 2009 pukul 6:55 pm

    Ya liat aja entar, tapi gimanapun juga yang namanya buatan manusia pasti ada itunya……………(apan tuh? pikir aja ndiri!)

    • herman
      6 Februari, 2010 pukul 5:32 pm

      itulah tuhan itu kt diksih pikiran segtu bsar….
      “mka bersyukurLAH ma DIA”
      jngan ada yg menyianyiakan DIA klo kta diksih talenta yg begitu besar.oke tmn2 kta bngun INDONESIA yg berguna bgi negara laen……key ABIZzzzzzzzzzzzzzzzzz

  3. Anonymous
    11 Mei, 2009 pukul 7:03 am

    Wah, subbhanna Allah yaa …
    semoga gak terjadi apa2

    • albert
      8 Oktober, 2009 pukul 10:30 am

      amin…

    • seato
      17 Februari, 2010 pukul 1:36 pm

      amin juga

  4. bonks
    9 Juni, 2009 pukul 2:57 am

    woww hebat berarti diIndonesia juga bisa dibangun jembatan antara sumatera jawa dan jawa bali.
    semoga bisa dibangun

    • wiwied
      23 Oktober, 2010 pukul 4:06 am

      wowww…..tambah asyiiiiik dunk, jdnya dak payah2 bana gw bulak-baliak Padang-Bali klo lah ado jembatan sumatera jawa & bali wkwkw,wkwkwk

      • deni padank
        15 September, 2011 pukul 8:17 am

        amien sanak.. moga dibangun jembatan selat sunda dan bali

  5. 10 Juni, 2009 pukul 4:45 pm

    panjaaaaaaaaaaaaanggggggggggg beneeeeeeeerrrrrrr
    :lol:

    • Anonymous
      17 Januari, 2010 pukul 2:43 am

      ya ia laaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa panjang.

  6. manguri
    10 Juni, 2009 pukul 11:55 pm

    keren

  7. fajarpram0n0
    11 Juni, 2009 pukul 11:46 am

    Wah. . . Keren pi p g krn lg xlo ada jembtan JAKA jawa kalimantan. . . Wah2 bisa bisa kapal fery dirongsokin dh. . Xixi

  8. 11 Juni, 2009 pukul 7:39 pm

    semoga aje insiyur-insiyur kita bisa bikin jembatan antar pulau jadi akses kedaerah lebih mudah. amien.

  9. 12 Juni, 2009 pukul 10:36 am

    wah hebat ya……coba indonesia punya jembatan dari sabang ampe merauke gak putus” pasti gak akan ada yang ngalahin…….bener gak????????

    • 28 Juni, 2009 pukul 4:46 am

      ga’ mungkiiiyyyyynn

      • YUDHA
        29 Juli, 2009 pukul 3:39 am

        YUPS..,, ide yg bagus…

        mudah2an bisa terwujud ya…

        biar kita ga susah2 lagi naik kapal sampe kelebihan muatannya ketika mau mudik…

        ya kan ??

    • 29 November, 2009 pukul 12:08 am

      muhda mudahan taun depan indonesia bissa bikin jembatan dari sabang ampe marauke

      • bb pol
        16 Februari, 2010 pukul 7:46 pm

        tanya aja ama ayam

    • Anonymous
      15 Maret, 2010 pukul 4:33 pm

      bener juga tuh

    • aman
      5 Oktober, 2011 pukul 5:18 am

      stress kali mikirinya cuy, gila lu !!!!!!!!!!!!!!

  10. andi
    14 Juni, 2009 pukul 9:59 am

    waaauwww berarti bakalan lahir banyak sekali jembatan terpanjang didunia…

    tapi indonesia masih bisa tapil kan

    indonesia bakalan bersaing dengan menciptakan jembatan terpanjang sepanjang masa…

    yaitu jembatan yang dibangun untuk menghubungkan pulau sumatera dengan pulau irian jaya..

    heheheh..jadi kalo di urut dari arah sumatra
    bakalan ada pertigaan di sebelah utara jakarta dan ada perempatan di laut jawa yang menghubungkan pulau madura dan kalimantan…

    wah itu bakalan menjadi jembatan terpanjang sepanjang masa….

    bahkan yang ga kalah lagi
    indonesia dapat bekerja sama dengan saudi arabia atau dengan yaman…untuk membuat jembatan yang menghubungkan indonesia dengan yaman/semenanjung arab…jadi kalo warga indonesia naik haji enak…ga pake naik pesawat…cukup lewat jembatan saja..hehehehe

    bisa ga ya???

    • fir
      16 September, 2009 pukul 4:29 am

      hahahahaha.

      mungkin itu bisa terwujud….

      mungkin aja klw dibuat thn 2013 jadinya 2145 hahahaha

      tp itupun didalam mimpi..

      hahaha

      • TOTONG
        11 November, 2009 pukul 9:33 am

        Mamak kau tu bujang……………………..

    • REYY
      11 November, 2009 pukul 9:28 am

      OON KAU……!!! Kalian semua uda stres mikiri jembatan terpanjang. kalau aku gampang +santai aja …….. karna sekarang studyku tinggal beberapa langkah lagi, yaitu teknik sipil IN MEDAN! dan saat ini aku sedang membuat rancangan/sket jembatan terhebat di planet manapun! yaitu JEMBATAN NERAKA………!!! kira2 panjangnya,??? entar ja gue kabari lho semua ce!! jembatan itu rencananya untuk kalian semua wakkk!!! kalian bertrimakasi pada saya, karna jembatan itu akan memudahkan jalan kalian semua!!!!!!!!!! ha..ha…ha….
      bagi kontrktor yg ingin bergabung hub: 081275462973

    • bb pol
      16 Februari, 2010 pukul 7:48 pm

      biaya dari mana? bos.mungkin korup mgkin bisa tapi susah juga laut indonesia banyak jin nya.

    • deni padank
      15 September, 2011 pukul 8:20 am

      bs aja.. mgkin selasai jembatan nya klo kita udh gk ada lagi wkwkwkwk

  11. 15 Juni, 2009 pukul 4:50 pm

    jgn2 nti ambruk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. toto
    16 Juni, 2009 pukul 1:27 pm

    mantabbbb………………

  13. memek+kontol
    18 Juni, 2009 pukul 8:54 am

    yah,…. ga jauh beda ma peler w dah………
    mau??

    • Anonymous
      12 Oktober, 2009 pukul 4:25 pm

      ya……………… ada yg lebih panjang dsri semua jembatan di atas yaitu kontol gw……………………….. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk

      • BY PEPEK
        11 November, 2009 pukul 9:32 am

        hei ANONIM, KONTOL KAU BESAR GA ??? JANGN NGENTOT AJA KONTOL KAU!!! BY MEDAN

    • vio
      24 April, 2010 pukul 8:51 am

      saru temen

  14. 22 Juni, 2009 pukul 11:20 am

    bussyet panjang amat kalah jau ama jembatan sura madu

  15. mufid
    22 Juni, 2009 pukul 4:08 pm

    Mana Engineer kita,,,,,

  16. 28 Juni, 2009 pukul 4:48 am

    ada ga’ ya jembatan yg menghubungkan kutub utara & selatanya

  17. Anonymous
    6 Juli, 2009 pukul 11:19 am

    mantap choy

  18. AHMAD ZUBAIRI
    10 Juli, 2009 pukul 3:30 pm

    waduh panjang baaaaaaaanget jembatan nya. ayo bareng2.nyobain nyebrang di SURAMADU.

    • albert
      8 Oktober, 2009 pukul 10:33 am

      ayooooo…
      cpa tatut….

  19. dien
    15 Juli, 2009 pukul 2:27 pm

    oke tuh cing, buat aja jembatan keliling dunia.ndak ada yang bisa kalahin tuh

  20. PANDAN
    1 Agustus, 2009 pukul 10:03 am

    GILAAAA JEMBATAN ITU KLO AMBLES,ORANG YG ADA DIATASNYA JADI APA YA?MOGA2 JA Y G DA JEMBATAN YG AMBLES.

  21. QatarBahrain
    2 Agustus, 2009 pukul 1:37 pm

    bisa gak ya buat kayak gituan………….

  22. besa
    3 Agustus, 2009 pukul 3:30 am

    aminn…

  23. sutaalam
    5 Agustus, 2009 pukul 7:30 pm

    jembatan selat sunda klo dah jadi brp KM tuh??

    http://www.jembatanselatsunda.com

  24. nata
    6 Agustus, 2009 pukul 3:12 am

    alhammdulillah……..

  25. Wawan
    8 Agustus, 2009 pukul 6:11 am

    Wah klo indonesia bikin jmbatan SuJa (sumatra jawa) ,psti halangan terbesarnya meletusnya gunung krakatau!

  26. aryo
    8 Agustus, 2009 pukul 2:05 pm

    gpp… yang penting indonesia sudah mulai menuju kemajuan

  27. alwin
    8 Agustus, 2009 pukul 4:36 pm

    kemaren saya baru coba nyebrang suramadu, cuman 10 menit kurang sudah sampai di madura….
    jembatan selat sunda tar 31 kilo meter…

  28. luxman
    10 Agustus, 2009 pukul 1:07 pm

    enak coi nyebrang suramadu,

  29. 15 Agustus, 2009 pukul 7:58 am

    jembatan kok jadi ajang gengsi……………..
    waduhh pusiiiiiiiiiiiiiiiing……………………..

  30. 16 Agustus, 2009 pukul 8:20 am

    lumayan tuh jembatannya bwt nampung gepeng tinggal dibawah jembatan selat sunda…he2….

  31. zambronk ijo
    18 Agustus, 2009 pukul 9:45 am

    tapi jembatan yang bakalan terpanjang yang bisa ngehubungin antara dunia dan akherat..he..he..he..iya ga??????

  32. boneng
    18 Agustus, 2009 pukul 9:48 am

    gigi gue juga paaaaaaaaaannnnjjjaaaaaannnnggggggg

  33. 19 Agustus, 2009 pukul 3:44 am

    Gile…………

  34. printis
    20 Agustus, 2009 pukul 9:30 am

    lo jga harus inget jembatan yANG PALING panjang end paling sulit yuaitu jembatan sirotol mustakhim……..inga inga….jangan suka bikin do0sa……..

  35. dewa
    28 Agustus, 2009 pukul 1:48 am

    Mungkin gak ya buat jembatan jawa-sulawesi…kan kalo mau maen kjawa tnggal geber motor..wah asik tuch

  36. Dewi
    28 Agustus, 2009 pukul 5:42 am

    boleh nih bikin jembatan dari merak ke bakauheni biar cepat sampai kalo mo pulang ke lampung

  37. duwe
    28 Agustus, 2009 pukul 10:54 am

    jembatan antar pulau….. bisa jadi alternatip …. biar orang gak terlalu pusing antri…antri….. jadi ada pilihan jalur mudik ya…semoga cepat jadi… amin..

  38. fyo
    31 Agustus, 2009 pukul 5:19 am

    itulah salah satu contoh kehebatan manusia yang diberikan oleh yang MAHAKUASA.
    Kekuatan pikiran, imajinasi dan pengetahuan telah membuat
    manusia mampu melakukan semuanya itu.
    Tidak ada yang mustahil. itu yang dikatakan dalam Kitab Suci orang Nasrani.
    segala sesuatu dapat manusia lakukan, seperti membangun jembatan2 raksasa tersebut, asalkan percaya dan punya niat yang kuat.
    tapi semuanya itu adalah apresiasi2 manusia atas kekuatan yang MahaKuasa.
    Tidak boleh ada kesombongan maupun tinggi hati ketika semuanya itu dapat dilakukan.

    betapa dahsyatnya pengetahuan yang diberikan Tuhan kepada kita.

  39. 31 Agustus, 2009 pukul 5:56 am

    hebat yea

  40. bams
    3 September, 2009 pukul 2:16 am

    asik ina udh pny srnd

  41. 5 September, 2009 pukul 12:30 pm

    wahhhhhhhh dunia tambah maju aja yaaaa.

  42. Nasrullah
    7 September, 2009 pukul 4:52 am

    Masa’…indo kalah sih., ayo!! Bkin jembtn dr jakarta ke kota makassar juga dong

  43. yos
    9 September, 2009 pukul 2:23 pm

    kerenz yah sekarang ada jembatan terpanjang???
    kalo misalnya ambruk gimana yah pasti orang yg ada di jembatan itu akan jatuh,,,T__T …….tapi jgn sampe yah,,,.
    gw hanya kagum itu orang bisa bikin jembatan di laut gk tahut nyelem hahahahahahahaha,,……….????

  44. Mulia
    9 September, 2009 pukul 2:26 pm

    hhmhmmm…
    gile itu jembatanya panjang bgt??
    gue kagum tuh sama orang yg bikin jembatanya na?????
    kapan yah INDONESIA jadi maju,,,……????
    DoaIn aja yah?????THX

  45. brodin
    15 September, 2009 pukul 1:10 pm

    entar gw insya allah kalau jd gubernur ambon gw bangun jembatan indonesia australia rekor bok biar iri semua dunia liat indonesia

  46. 22 September, 2009 pukul 3:21 am

    Pa SBY bwt donk jembatan dari Sabang – Merauke. Pasti jd yg trpanjang. Atau dari Jakarta – Saudi Arabia (Merak-Jeddah) biar naik haji gak usah naik pesawat. MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN. Selamat Lebaran.

  47. no name
    24 September, 2009 pukul 5:14 am

    weqqqq…. panjanggggggggg benerrrrrrrrrrr…………..
    yng itu mah masih kecil… blom jembatan sirotolmustakim…
    hohohoho…..

  48. Dion
    28 September, 2009 pukul 1:29 am

    Pasti bisa, jika tiap kk nyumpang jembatan 1 m ha..ha…ha…ha

  49. 28 September, 2009 pukul 3:28 am

    Keren2… Emang indonesia gakada apa-apanya.
    JSS mungkin 2050 baru jadi, wong jemb suramadu aja katanya dari jaman soekarno inisiasinya.
    Pak, boleh gak saya ambil artikelnya dan ubah sedikit buat di blog saya?

  50. 30 September, 2009 pukul 8:37 am

    Bagaimana pak? Apakah boleh saya ambil dan ubah artikel Bapak?

    JSS sudah punya disain belum ya.

  51. imaginers
    1 Oktober, 2009 pukul 7:35 pm

    Bisa ga ya, INDONESIA mecahin rekor dengan membangun jembatan Ke Surga??????

  52. nva
    3 Oktober, 2009 pukul 3:39 am

    semoga gak terjadi ap2 lah sma semua jembatan2 terpanjang di dunia itu.

  53. indra
    4 Oktober, 2009 pukul 6:33 am

    Indonesia kapan yaw..?

  54. 4 Oktober, 2009 pukul 7:21 am

    keren2 kalo indonesi punya jembatan itu yakan bisa ditandingi

  55. 4 Oktober, 2009 pukul 7:23 am

    wkwkkwkwkwkkw kalo gitu kalo aku jadi persiden aku akan membuat jembatan terpanjang juga lah panjangnya nat i 123666 M tau

    • 5 Maret, 2010 pukul 5:17 am

      Takut apa bert?!?!?!

  56. albert
    8 Oktober, 2009 pukul 10:32 am

    ya ampun…
    takuuuut…..
    kwkwkw…..

  57. 16 Oktober, 2009 pukul 12:41 pm

    SEPIRO GEDENE SENGSORO YEN TINOMPO AMONG DADI COBO
    JAYALAH PSHT NGANJUK

  58. 18 Oktober, 2009 pukul 6:41 am

    koq kebanyakan gak lurus (kelok-kelok) ya…. maksudnya apa ?

  59. hairur rahman
    18 Oktober, 2009 pukul 11:32 am

    wah bagus banget pak ………………. oya mintak gambar jembatnnya yang bisa di download pak………….

    terimakasih

  60. edi
    18 Oktober, 2009 pukul 1:33 pm

    Indonesia.,
    ga bakalan jadi yg ter..,(_._._._._._._._)
    mimpi kali.
    Ga bisa apa2

    bisanya cuma bikin getuk, hehehe

  61. Aji
    20 Oktober, 2009 pukul 11:26 am

    Gw sih malah jadi bingung……
    dimana gw mesti cari lokasi buat mancing ya?
    puanjaaaaang…. bueneeerrrr……

  62. 8 November, 2009 pukul 3:06 pm

    keren bro jempatannya lebih panjang dari surmadu

  63. 14 November, 2009 pukul 9:52 am

    kenapa pada sinis, di China ada 2 jembatan yang panjangnya lebih dari 30 km, di Amerika juga ada yang lebih dari 30 Km, rencana Qatar Bahrain mau dibikin jembatan sepanjang 40 Km, China ada rencana mau bikin the Beijing Shanghai Express Railway sepanjang 140 Km, selat sunda cuma 23 Km, kenapa tidak mungkin, kamu-kamu payahhhhhhh. . . . .

  64. pimu
    16 November, 2009 pukul 11:22 am

    yH ELah ntar kalo saya jadi presiden ntar saya bangun jembatan yg panjangnya 2012666201266620126662012666 MeTeR TaU hohoho

  65. 19 November, 2009 pukul 2:33 pm

    sebagai orang sipil,,,,wizzzzzzzzzzzzz hebat bener ya ternyata SURAMADU belum sberapa yaaa….TOP MARKOTOP.( TE OP BE GETE)………….PREKITIEW

  66. maskadi
    21 November, 2009 pukul 5:58 am

    kalau selat sunda jadi dibikin jembatan berapa ya panjangnya, jg diatas air +diatas pulau

  67. 25 November, 2009 pukul 8:31 am

    wowwww… kerennnnn…..
    tp kpn ya,, kutub utara di bikin jmbtn smpe ktub slatan!!!??
    heheheheheheheheeeee

  68. 25 November, 2009 pukul 8:39 am

    wowwwwwwwwwww…. kereeeennnn….
    tp kpn ya,, jmbtn dr kutub utr smpai ktub slatan ada!!!???
    heheehheheheheee

  69. Anonim
    27 November, 2009 pukul 10:57 am

    Kalau jembatan sepanjang itu, ngisi bensinnya gimana yah?

    • bayu andika putra
      14 Januari, 2010 pukul 7:25 pm

      di las kalxxxxxxx klau gak di ikat ……ya di baut geeeng ….itu ja gak tau ….dasar lho……begooo….

  70. cadizza
    14 Desember, 2009 pukul 7:58 am

    haha…..
    indonesia,bukan jembatan diatas laotttt…..
    tp atas udara,cobak aja bayangin sendiri,gimana jadinya

  71. BM 4444 ER
    17 Desember, 2009 pukul 5:09 pm

    Wooooyy….. Knp ente ribut2 gr2 jembatan ? Akui aja klo mreka pnya skill & source yg bgus. Mari brtnya kpn insinyur2 indonesia atw diri kita sndri skalipun bs spt itu, jgn taunya cm komentar aja, mencela org, korupsi awt bikin anak haram !!!

  72. Koclin
    20 Desember, 2009 pukul 1:15 am

    Mngkin aq jg bangga,because indonesia can make suramadu brigde.maju trus indonesiaku hdup pak presiden sby…!?negoro liyo iso negoroku kudu iso.aq yo dah ke suramadu lho brow!

  73. sholihin
    22 Desember, 2009 pukul 12:49 pm

    wah hebat….
    harusnya di indonesia jg bs bwt.
    Jawa-Madura sudah, Dumai-Malaysia dalam rencana.
    Jawa-Sumatera, jawa-bali, bali-lombok, kalimantan-sulawesi, Batam-Singapura.
    Harusnya bisa…..

    • arpan
      21 Januari, 2010 pukul 12:28 pm

      coba sabang sampai merauke..
      pasti kalah tuch amerika dkk..wkwkwkwkwk..

  74. Kadek Widiana
    12 Januari, 2010 pukul 6:26 am

    Wauuuuuu? byankan di Bali ada jembatan terpanjang di dunia

  75. bayu andika putra
    14 Januari, 2010 pukul 7:21 pm

    waooo ….jembatan ya baguss 2x bangat …. memang ….um,mat manusia semua yang hidup di dunia bisa melakukan apa saja …termasuk jembatan ,,,,sepanjang apa pun ,,,, padahal itu ,,,kan di dasar laut ……orang luar best ….mamang orang -orang pintar ,,,and kuat ,,kuat ,,,,,,,,orang luar negriiii the best,,,,,,

    • seato
      17 Februari, 2010 pukul 1:45 pm

      Indonesia juga is the best. rempah2nya bagaimana?

  76. bayu andika putra
    14 Januari, 2010 pukul 7:24 pm

    and klau bisa sekalian ya di indonesia …di buat satu atau di bngaun satu ….di bagian sumatra utara di pulau nias ……….biar orang -orang gak susah lagi mau nyebrang ke danau toba,,……..!!!!!!!!!!!!!!

  77. 18 Januari, 2010 pukul 4:41 am

    kapan ya di kita punya jembatan kaya gitu

    • seato
      17 Februari, 2010 pukul 1:41 pm

      mungkin 10 tahun kedepan.

  78. 18 Januari, 2010 pukul 4:43 am

    terus jembatan terpanjang di asia tenggara di mana dong

  79. zuhrie
    19 Januari, 2010 pukul 8:04 am

    wah,,wah…,,,,, jmbatan suramadu da di urutn brapa ya,,,????????

    • 5 Maret, 2010 pukul 5:10 am

      Ngawur aza qmu,hehehehehehehe(Nabil newton einstein)

  80. Nabil newton einstein
    23 Januari, 2010 pukul 2:44 pm

    Jgn!,bikin aja jembatan dari sumatra muter dunia ke papua,itu jls plg panjan.ntar mau main ke amrik naik sepeda,trus buat trotoar ntar ke argentina jalan kaki

  81. Anonymous
    31 Januari, 2010 pukul 1:51 pm

    Weh. . Alhmdlh juga indonesia dh jd suramadu. It jg karya anak bangsa. Termasuk saya. Ha9

  82. 10 Februari, 2010 pukul 7:50 am

    Lalu Bagaimana dengan Jembatan Selat Sunda?

    • 5 Maret, 2010 pukul 5:13 am

      Betul tuh ICang biar indonesia makin terkenal di seluruh dunia.Karna juga mempunyai jembatan terpanjang juga.

      • 5 Maret, 2010 pukul 5:16 am

        Betul tuh seato biar indomesia makin terkenal di seluruh dunia karna mempunyai jembatan terpanjang juga.

      • 5 Maret, 2010 pukul 5:16 am

        Betul tuh seato biar indonesia makin terkenal di seluruh dunia karna mempunyai jembatan terpanjang juga.

    • 6 Maret, 2010 pukul 3:01 pm

      Gx tau dech kalau jembatan selat sunda.

    • 6 Maret, 2010 pukul 3:03 pm

      Yah klu itu sich aqu gx tau.

  83. seato
    17 Februari, 2010 pukul 1:38 pm

    coba ada jembatan dari kota sabang sampai merauke.

  84. 5 Maret, 2010 pukul 4:59 am

    Wooooooow Jembatannya bagusssss bangetzzzz,aqu aza kepengen ke situ.hehehehehehe

  85. 5 Maret, 2010 pukul 5:01 am

    Wooooooow i’ts amazing,panjaaaaaaaaaaaaaaang bangetzzzzzzz.But kalau namanya bukan jembatan terpanjang dunkssss hehehehehhehehe

  86. 5 Maret, 2010 pukul 5:03 am

    Wooooooow i’ts amazing,panjaaaaaaaaaaaaaaang bangetzzzzzzz.But kalau gak panjang namanya bukan jembatan terpanjang dunkssss hehehehehhehehe

  87. 5 Maret, 2010 pukul 5:11 am

    Duhhhhhh aqu kepengen punya jembatan di PARIS.

  88. 6 Maret, 2010 pukul 2:58 pm

    Panjaaaaang bangetz tuh jembatan and i’ts so so cool.

  89. 8 Maret, 2010 pukul 2:43 pm

    Siapa yg mau tk bkinin jembatan?

  90. Gibran Andika
    21 Maret, 2010 pukul 5:42 am

    sharuz’a INDONESIA buat jmbatan trpanjang d dunia
    yaitu mnghbngkn pulau jawa dngan pulau Kalimantan

  91. Sochen
    29 Maret, 2010 pukul 12:43 pm

    posting yg menariki!

  92. desi
    2 April, 2010 pukul 2:16 am

    hehe…..gw setuju klw jembatan terpanjang adalh jembatan sirotolmustaqim.

    Truz…..jembatan yg enak ya jembatan kenangn dr salju band kwkwkwkwkwaaak….

  93. tari
    2 April, 2010 pukul 2:21 am

    okelah klw begitu hehe……

  94. RERE
    6 April, 2010 pukul 4:07 am

    kapan pulau2 ind diksh jembatan penghubung smua ya…
    MIMPI KALE YA HAHAHAHA…TUH UANG HASIL KORUPSI KUMPULIN BUAT MEMBANGUN

  95. feyy
    11 April, 2010 pukul 2:21 pm

    mdhn ja stiap daerah pulau negara ad jmbatan penghubungnya,,

  96. sayli
    12 April, 2010 pukul 4:39 am

    iya luar biasa. .. indonesia pasti bisa. cuma mungkin agak sulit kalo harus bikin dr sabang smpai merauke, coz di laut arafuru sulawsi merupakan palung terdalam di Asia tenggara. jd jembatannya harus muter lewat austrlia baru ke papua. pasti bakal lebih panjang…

  97. nanda
    16 April, 2010 pukul 7:56 am

    wow, suramadu tetep paling seksy
    maksud gakkkkkk???????????????

  98. 16 April, 2010 pukul 10:50 am

    Bentar lg kan indonesia juga punya jembatan sumaja(sumatra-jawa) dan bakal beroprasi pada thn 2025. Wkwkwk

    • wiwied
      23 Oktober, 2010 pukul 4:16 am

      lama banget!! dah ne2k2 gw…hiks..hiks..

  99. indah pratma
    22 April, 2010 pukul 6:08 am

    waduh jembatannya tinggi nyan thu,,,sampai terkagum-kagum loh karena ni jembatan keren buanget……..,,,hahahhahahhahah

  100. Anonymous
    6 Mei, 2010 pukul 1:26 am

    semoga putera indonesia bisa mencipatkan karya – karya lebih dengan putera2 di dunia

  101. 9 Mei, 2010 pukul 2:48 am

    gilaaaaa… apa salah satunya suramadu itu

  102. bjoek
    10 Mei, 2010 pukul 12:00 pm

    selain di mono rel dchina
    mna lagi y’jembatan paling panjang n lebar

  103. tara
    15 Mei, 2010 pukul 3:14 pm

    daripada untuk bangun jembatan lebih baik dananya saya korupsi aja biar para juragan kapal tetap dapat muatan

  104. lia cantik
    20 Mei, 2010 pukul 1:28 pm

    wow panjang banget yaaaa

  105. adr kamagi
    23 Mei, 2010 pukul 3:33 am

    biar lebih keren bjuat jembatan yang menghubungkan Jayapura-San fransisco.

  106. sics
    27 Mei, 2010 pukul 10:05 am

    bagus deh dunia smakin maju

  107. 2 Juni, 2010 pukul 12:39 pm

    indonesia sayangnya g’ bisa buat jembatan sepanjang itu sayang ya!!!!!!!

  108. Q cayank Qmue
    3 Juni, 2010 pukul 1:50 pm

    A. PERTANYAAN

    1.jambatan ini berada di mana?

    B. KOMENTAR

    2. mengapa jembtan nya hanya ada sepuluh(10)

  109. 20 Juni, 2010 pukul 8:03 am

    mendingan uangnya dipake wat memberantas ke miskinan

  110. 21 Juni, 2010 pukul 7:01 am

    beutiful man….
    bis ga yah Indonesia bikin jembatan kaya gitcu.

  111. argo
    22 Juni, 2010 pukul 4:14 am

    paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaajjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnggggggggggggggggggggg
    bbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnngggggggggggggggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttt

  112. rizky
    10 Juli, 2010 pukul 2:18 pm

    bagaimana cara bikin nya ya…??
    panjang seperti itu butuh wakTu Lma..!! HEBAT

  113. 12 Juli, 2010 pukul 12:13 pm

    ya tuhan aQ sangat kagum dengan va yg engkau berikan kepada umat Mu.
    dan aQ bersyukur di berikan kesempurna.n utk bsa melihat keajaiban Mu tuhan
    yg di dirikan oleh tangan yg terpercaya dan handal.

  114. Eds
    13 Juli, 2010 pukul 10:32 pm

    Mantaf…

  115. irwinhasan
    16 Agustus, 2010 pukul 5:57 am

    nnti jmbatan selat sunda msk urutan k 3 tu……

  116. won ndeso
    21 September, 2010 pukul 1:22 pm

    kapan jmbtan” merak _bakauheni” yang menghubungkan pulau jawa dan pulau sumatra akan bi buat yg panjangnya mencapai plus minus 28 km…..semga..!!!!!

  117. 9 November, 2010 pukul 9:13 am

    terima kasih postingannya ya..
    salam kenal…
    kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

  118. aditya
    3 April, 2011 pukul 7:09 am

    panjang banget jembatan nya ada lg yg lbh pjg

  119. zubaidi st
    12 April, 2011 pukul 1:10 pm

    woooooowwww…pa g bosen tu klo klamaan dijembatan

  120. Anan Asnawi al-atjehiy
    19 April, 2011 pukul 3:06 pm

    jembatan dari aceh selatan ke simeuleu bisa pecahkan rekor se-ASEAN, kadang….

  121. andy
    13 Mei, 2011 pukul 5:35 am

    jembatan indonesia – australia, lalu australia – new zealand juga harus terwujud dalam 10 tahun mendatang…jadi siap2 bisa pake mobil dari jakarta ke auckland dengan waktu tempuh 3 minggu.

    • 2 Juli, 2011 pukul 5:30 pm

      hahaah,,
      ada2 jak…

    • Anonymous
      29 Agustus, 2011 pukul 5:43 am

      ntar pada tanggal 32 bulan 13 tahun 2015 di bangun jembatan yg menghubungkan pulau sumatra dgn irian jaya… :D

  122. mira
    16 Mei, 2011 pukul 8:04 am

    malaysia saat ini aja sedang menyelesaikan pembinaan jembatan ke-2 pulau pinang yang sepanjang 24 kilometer….dan diperkirakan usai tahun 2012..sedang jembatan pertama pulau pinang sepanjang 13.5 kilometer sudah usai dibina tahun 1985.

  123. 6 Juni, 2011 pukul 7:06 am

    Sekalian saja jembatan antar planet. Dari merkurius sampai pluto wkwkwkwkwk…

  124. 2 Juli, 2011 pukul 5:25 pm

    gile…..
    punya kita kapan ya kaya gitu ???
    gimana kalau ada tsunsmi ??
    kuat ga tuh >>??

    heheh

  125. zacknov
    5 Juli, 2011 pukul 5:19 am

    Jembatan Teluk Jiaozhou menghubungkan Kota Qingdao menuju Pulau Huangdao.
    Menurut Stasiun Televisi CCTV, jembatan yang memiliki lebar 35 meter ini dibangun menghabiskan biaya lebih dari 10 miliar yuan atau sekira Rp13,2 triliun (Rp1,328 per yuan).

  126. Ferry Irawan
    15 Agustus, 2011 pukul 9:25 am

    jd pengen ne ngelintas di jmbatan yang trpanjang di dunia,,

  127. Anonymous
    18 September, 2011 pukul 5:46 am

    ea…..
    gie mn cr membuat warga ndonesia bnyk krupsi…..
    lw gx da krupsi psti trbuat……

    pie trgntung presiden kt ja ea…….

  128. 28 November, 2011 pukul 4:28 am

    dahelia :
    bhsa pa tu?? gk ngerti saiaa..wkwkwk
    piiiiiiissssssss

  129. Anonymous
    7 Desember, 2011 pukul 1:00 pm

    gan boleh mancing di atas jembatan kagak

  130. 2 Januari, 2012 pukul 9:17 am

    jek panjang jembatan qw

  131. Saifuddin
    1 Februari, 2012 pukul 11:36 am

    Cuma bisa bilang

    “wowwww….”

  132. Anonymous
    8 Maret, 2012 pukul 6:52 am

    panjaaaaaaaaaaaaank pha.e sichh!!!!!!!!!!!!!!!

  133. pancasila ada lima
    5 April, 2012 pukul 9:40 am

    urang lah banyak mambangun jambatan yang panjang… Pembangunan jambatan di selat sunda rencana ka rencana juo baru… Pacapek lah sagetek…

  134. Anonymous
    10 April, 2012 pukul 9:58 am

    hebat yah orang yang bisa buat jembatan jembatan di atas .kayanya susah tuh apalagi buat jembatan di atas air .good

    • ir
      29 Mei, 2012 pukul 7:01 am

      susah ya klo cuma dipikirkan tapi begitu dijalankan pasti gak terasa.susahnya

  135. andy jayadi
    10 April, 2012 pukul 10:28 pm

    jembatan indonesia ke rusia, jarak tempuh 2 bulan..he.he.he

  136. 4 Mei, 2012 pukul 2:41 am

    benar2 ajaibbb…. gk tkut klo ada ombak gde gtuu jha ngeriiii

  137. Anonymous
    24 Mei, 2012 pukul 2:00 am

    kalo bisa jembatan selat sundanya ditunda dulu gan.
    duitnya buat ngurusin pengangguran ama kemiskinan.
    buat apa punya jembatan panjang, kalo penduduknya miskin

  138. Anonymous
    22 Juni, 2012 pukul 1:57 pm

    itukan kemampuan manusia pasti ada kelemahannya hati2 aja yahhhhh

  139. smk n 1 kutalimbaru
    26 Juli, 2012 pukul 3:08 am

    wooooooowwwww mengerikn ea,kq aq gk mw dech nyebrang dri ctuu……….

  140. 26 Agustus, 2012 pukul 3:17 am

    kapan ya aku sampai jalan-jalan kejembatan yang panjangnya luar biasa…?????
    jembatannya semua unik.

  141. 26 Agustus, 2012 pukul 3:46 am

    jembatan suramadu termasuk jembatan terpanjang di dunia???????

  142. Anonymous
    6 September, 2012 pukul 8:20 am

    Panjang Bener Jombatan Nyo :)

  1. 10 Juni, 2009 pukul 3:49 pm
  2. 9 Oktober, 2009 pukul 11:08 pm
  3. 28 April, 2010 pukul 8:13 am
  4. 29 April, 2010 pukul 3:50 pm
  5. 15 Juli, 2011 pukul 4:24 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: