Beranda > Masjid Ittihaad > Masturot

Masturot


Masturot adalah sebuah istilah bagi usaha dakwah dikalangan kaum wanita. Pada prinsipnya dakwah adalah kewajiban dan tugasnya laki-laki dan perempuan. Namun demikian untuk kaum perempuan, dakwah harus dilakukan dengan asas kehati-hatian.

Sejarah nubuwah menunjukkan bahwa apabila dakwah kenabian dilakukan dengan kerjasama antara kaum laki-laki dan perempuan, maka Allah Swt berikan keberkahan dari kerja nubuwah tersebut. Demikian juga dengan Nabi Saw. Ada 3 kelompok yang pertama kali menerima dakwahnya Rasulullah saw. Pertama adalah kaum wanita, diwakili oleh Khadijah Rha, kedua orang tua yang diwakili oleh Abu Bakar Ra dan ketiga adalah pemuda yang diwakili oleh Ali Ra. Demikian tingginya peran kaum wanita dalam dakwah, sehingga sejarah mencatat bahwa syahidah pertama dalam Islam adalah dari kaum wanita, yaitu Sumayyah Rha.

Tujuan utama dari program masturot adalah menunbuhkan fikir dan kefahaman di kalangan kaum perempuan bahwa dirinya adalah juga bagian dari ummat Rasulllah Saw yang juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dalam hal kerja nubuwah. Selain belajar dalam bagaimana mewujudkan sifat-sifa mulia yang dimiliki oleh para sahabat, melalui program masturot dikenalkan pula sejumlah langkah praktis bagaimana wujud peran aktif kaum perempuan dalam hal dakwah, yaitu :

  • Menjadi Abidah (Ahli Ibadah dengan keyakinan yang benar pada Allah dan belajar menyelesaikan segala masalah dengan asbab amalan),
  • Menjadi Mutaallimat (Ahli ilmu, dengan kecintaannya pada ilmu dan mewujudkannya dalam bentuk menjaga hidupnya majlis talim dalam rumah setiap hari)
  • Murobiyah (Pendidik utama bagi anak dan keluarganya, caranya belajar hidupkan sunnah dalam 24 jam aktivitas rumah tangga)
  • Khadimah (Pelayan bagi suami dan anaknya dengan senang hati, gembira dan ikhlas)
  • Zahidah (Hidup sederhana dan kemampuan lebih dari sisi hartanya digunakan untuk kemaslahatan ummat dan menjadi asbab bagi hidupnya usaha dakwah baik saat menjadi muhajirin atau saat menjadi anshar)
  • Daiyah (Senantiasa menjaga fikir dan kerisauannya pada kondisi ummat dan senantiasa menjalankan fungsi dan tanggung jawab dakwahnya dalam setiap kesempatan yang ada)

Penjelasan lebih lengkap bisa dilihat dari situsnya Kang Haitan. 

(Alhamdulillah satu rombongan masturot dari wilayah utara Pakistan bergerak di Indonesia sejakOktober kemarin, dan minggu ini bergerak di 3 rumah di wilayah Yogya. Seharusnya saya bersama istri juga bisa menemani mereka atau menggembiarakan hati mereka dengan terbentuknya rombongan 3H, namun karena ada satu dan lain, Insya Allah baru pada akhir bulan Desember ini bisa meluangkan waktu untuk ikut lagi program Masturot 3 H).

Powered by Qumana

About these ads
Kategori:Masjid Ittihaad
  1. 10 Januari, 2009 pukul 5:07 pm | #1

    assalamualaikum wr.wb
    kita inijadi orang jangan dzolim.kalau kita sering keluar2 untuk tabligh,maka jangan lupa ajak juga istri kita untuk keluar 3hari masturoh setiap 4bl sekali,jangan kita terus?.
    insyaaaaaaallah ana siap dimasturohkan dan siap masturoh doakan ya….

  2. 20 Januari, 2009 pukul 5:11 pm | #2
  3. 20 Januari, 2009 pukul 6:13 pm | #3
  4. wahyu
    21 Januari, 2009 pukul 3:30 am | #4

    Insya ALLAH Beok pagi Tanggal 22 & 23 Januari 2009 ada Jamaah Masturot Pakistan Di Rumah H.Abdullah Sangaji ( Pinang Griya – Ciledug ). Bagi Tuan-2 yang ingin menunjukkan Sayang & cintanya kpd para Ahlianya SILAHKAN BUKTIKAN DG MENGAJAK AHLIANYA UNTUK DATANG NUSROH.
    DAN NUSROH BUKAN HANYA UNTUK DENGARKAN BAYAN TAPI BAGAIMANA KITA SIAPKAN DIRI KITA UNTUK MEMBENTUK ROMBONGAN KELUAR MASTUROT 3 HR, 15 HR ,40 HR & 2 BL IP…

    INSYA ALLAH TGL 24 -1- 2009 KAMI SATU ROMBONGAN DR CILEDUG KHURUJ 15HR MASTUROT ke PEKALONGAN dg AMIR H.ABDULLAH SANGAJI.

    Mohon Doanya…

    AL- FAKIR

  5. prayudi
    21 Januari, 2009 pukul 1:20 pm | #5

    alhamdulillah mas wahyu, insya allah menjelang istima indonesia 2009, panen rombongan masturot.., semoga selama gerak di pekalongan juga dapat menghasilkan cash jamaah masturot..

  6. aji_ajis2007
    14 Februari, 2009 pukul 8:40 am | #7

    alhamdulillah dimasjid kami terus berdatangan jemaah rizal dan masturoh doakan kami niat masturoh bulan maret minggu ke III

  7. 4 April, 2009 pukul 2:01 am | #8
  8. Ham sabang
    14 Mei, 2009 pukul 11:00 am | #9

    Ust..Gbr masturot@ cantik,cari utk ana satuya…

  9. 19 November, 2009 pukul 6:01 pm | #10

    hidupkan jemaah masturot karena jemaah rizal dakwah sampai depan pintu tp masturot sampai dapur2 mereka..

  10. 19 November, 2009 pukul 6:08 pm | #11

    JANGAN BICARA TENTANG KESENANGAN SURGA TAPI PA AZA YANG HARUS DIKORBANKAN UNTUK DAPATKAN YANG PUNYA SURGA…. BACA SURAT YASIN KLO GA BISA KELUAR JUGA BAWA SURAT TANAH, GA DA UANG BOLEH PUASA GA ADA ALASAN UNTK TDK KELUAR DAKWAH KARENA ALLAH GA PERNAH BERALASAN UNTUK MEMBERIMU KARUNIA2 SEPANJANG HIDUPMU,,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: