Beranda > Umum > Asam Urat dan Obatnya

Asam Urat dan Obatnya


Asam urat itu disebabkan oleh kandungan asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Normal, dalam tubuh ada asam urat juga, tetapi kadarnya terbatas saja. Baru apabila asam urat melebihi normal (lebih dari 7), orang dikategorikan mengidap asam urat tinggi. Artinya, metabolisme purin dalam tubuhnya terganggu.

Apa pun penyebabnya, asam urat dalam darah yang dibiarkan tinggi, bisa buruk akibatnya. Selain menimbulkan keluhan nyeri pada sendi dan otot, asam urat berlebihan juga membentuk kristal urat batu kemih. Adakalanya, meski asam urat darah tinggi, belum tentu muncul keluhan. Oleh karena itu, asam urat yang tidak begitu tinggi pun harus diturunkan.

Keluhan asam urat menyerupai rematik atau encok. Nama penyakitnya pirai atau gout. Bedanya dengan encok lainnya, pada encok urat biasanya mengenai bagian sendi yang dekat dengan permukaan kulit, sering-sering di sendi jempol kaki. Bagian sendi ini mudah terpapar hawa dingin atau gesekan mekanik. Sepatu kelewat sempit, besoknya jempol bengkak, biasanya encok urat penyebabnya.

Encok lainnya menyerang sendi mana saja. Ada yang simetris kiri dan kanan, ada yang hanya mengenai sendi-sendi besar saja, atau ada juga yang hanya pada sendi-sendi kecil saja.

Beda nyerinya, pada encok urat, nyerinya seperti ditusuk jarum, sampai tidak berani jalan. Encok umumnya seperti nyeri tekan biasa. Sama-sama bengkak, merah meradang, dan bisa disertai demam.

Pada rematik tidak ditemukan asam urat tinggi. Pemeriksaan darah kasus rematik mungkin hanya zat “faktor rematik” saja yang tinggi dalam darah, selain ada unsur darah lainnya, tergantung jenis rematiknya.

Obat untuk encok urat berbeda dengan encok rematik umumnya. Pada encok urat, selain memberi obat pereda nyeri, kadar asam urat dalam darah juga harus diobati agar turun sampai di bawah normal. Selain itu secara berkala kadar asam urat perlu diperiksa ulang. Mengapa? Sebab pada mereka yang berbakat asam urat, serangan penyakit pirai akan secara periodik berulang.

Obat antiurat hanya menurunkan kadar asam urat yang telanjur berlebihan. Namun, tidak untuk seterusnya kadar asam urat akan terus stabil normal bila tidak pantang makanan. Sekali sudah kena asam urat, seterusnya wajib pantang semua jenis menu dengan kandungan purin tinggi.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui seputar perawatan bagi penderita asam urat.

  • Jenis makanan yang mutlak harus dipantang pengidap asam urat: Udang, ginjal, hati, jantung, ikan sardin, ikan hering, kaldu daging, dan daging angsa.

  • Konsumsi dibatasi: Jenis ikan-ikan lain, daging sapi, daging unggas, jamur, asparagus, bayam, kembang kol, buncis, kacang-kacangan.

  • Bebas dikonsumsi: susu, telur, tempe, oncom, buah dan sayur-mayur lain

  • Yang menghambat pengeluaran asam urat: alkohol, menu berlemak,benda keton (kencing manis), kelaparan (diet ketat).

  • Yang perlu diperbanyak: menu karbohidat, air minum.

  • Jangan Dipijat. Pada waktu penyakit asam urat atau piral atau gout menyerang, sebaiknya tidak memijatnya. Pijatan pada sendi yang ada kristal urat bukannya meredakan keluhan nyeri, malah nyeri akan semakin menjadi-jadi. Mengapa? Karena kristal urat yang tersangkut di sendi menyerupai jarum-jarum halus. Bila sendi yang ada kristal uratnya dipijat, berarti secara mekanis jarum-jarum kristal urat tersebut akan lebih keras menusuk-nusuk permukaan sendi.

Ada beberapa obat tradisional yang sudah dicoba oleh beberapa penderitanya dan berhasil. Beberapa diantaranya adalah :

  • Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan setiap hari

  • Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore. Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter. Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek. Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

  • Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.

  • Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat 50 cc dan diminum selama 1 minggu pada waktu bangun tidur pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari.

Allupurinol

Bagi penderita rheumatik kronik akibat kelebihan asam urat dalam tubuh, allopurinol mungkin bukan lagi obat yang asing. Karena allopurinol memang obat pilihan dalam pengobatan penyakit ini. Allopurinol bekerja menurunkan produksi asam urat dengan cara penghambatan kerja enzim yang memproduksinya, yaitu enzim xantin oksidase. Selain bermanfaat menekan produksi asam urat, allopurinol juga memiliki efek positif dalam melawan kolesterol “jahat” dalam tubuh. Dengan demikian, obat ini merupakan pilihan yang lebih baik bagi pasien penderita kelebihan asam urat yang juga menderita penyumbatan arteri koroner.

Allopurinol tidak dapat digunakan untuk meredakan serangan rheumatik pada serangan akut. Obat ini hanya berguna untuk mencegah timbulnya serangan kembali untuk terapi jangka panjang. Diperlukan waktu lama bagi pasien untuk dapat memperoleh manfaat sepenuhnya dari obat ini.Sementara untuk meredakan serangan rheumatik pada saat timbul, dapat digunakan obat-obatan anti-inflamasi non steroid (AINS), kortikosteroid maupun kolkisin. Kolkisin sendiri saat ini sudah jarang digunakan lagi karena resiko efek sampingnya yang relatif tinggi. Sedangkan baik AINS maupun kortikosteroid hanya berguna untuk mengurangi peradangan di daerah sekitar sendi akibat kristal asam urat. Namun, AINS tidak dapat mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Sehingga untuk mencegah timbulnya serangan kembali, diperlukan obat semacam allopurinol yang dapat menekan produksi asam urat dalam tubuh.

Pada orang yang memiliki hipersensitifitas ataupun alergi terhadap allopurinol, dapat terjadi gejala kemerahan pada kulit. Bagi pasien yang mengalami reaksi alergi yang demikian disarankan untuk menghentikan konsumsi allopurinol sesegera mungkin dan menghubungi dokter. Allopurinol juga dapat berinteraksi dengan berbagai jenis obat lain seperti antibiotika, kemoterapi kanker, diuretika, serta obat lain yang juga digunakan dalam pengobatan rheumatik. Maka sebelum menggunakannya, pastikan dokter atau apoteker telah mengetahui obat-obatan dan vitamin apa saja yang dikonsumsi pasien.

Yang berbakat asam urat tinggi juga perlu memperhatikan pola berkemih. Selain banyak minum, tidak menahan kencing, amati pula kemungkinan terbentuknya batu urat di saluran kemih. Oleh karena itu, berkemih harus senantiasa lancar. Serangan batu urat diawali dengan nyeri atau tidak enak di pinggang. Mungkin disertai demam dan kencing terasa nyeri, selain serangan kolik di perut dan kencing berdarah. Sama seperti batu kemih lainnya, tergantung lokasi batunya, ada yang bisa keluar spontan dengan sendirinya, ada yang tersangkut di dalam ginjal, dan hanya pembedahan (atau ‘tembak” dengan gelombang ke USWL) yang dapat menyelesaikannya. ***

Ada yang punya saran lain untuk mengobati asam urat ini..? silahkan informasinya dituliskan di kolom komentar ini.

Powered by Qumana

About these ads
Kategori:Umum Tag:
  1. ranto
    22 Agustus, 2008 pukul 1:14 am

    dh,

    Pak, kalau boleh tahu apa bapak masih punya buku Tumbuhan Berkhasiat Obat karangan hembing?
    Bapak bisa rekomendasikan dimana saya bisa membeli buku ini ya.

    trims.

    //ranto

  2. Anonymous
    11 Februari, 2009 pukul 3:34 pm

    Dr EKO PRAYUDI, aq mahasiswa sekolah tinggi ilmu keperawatan, asam urat memang slh satu mslh yg mmbt rs nyman kta brkrang, jk ingin trhndr dr pnykit asam urat maka prhtikan diit anda, kurangi jeroan, kangkung,kcang-kcangan,msh bnyk sayuran yg enk2 yg tnpa ad pnctus tmbulny asam urat sprti wortel,sawi,bayam,dll..

  3. handoko
    12 Juli, 2009 pukul 3:49 am

    Wah Pak Yusuf, terima kasih artikelnya.. Bagus banget pak penjelasannya.. Minta ijin ya Pak tar rencana mau buat website tentang kesehatan boleh ambil artikel punya bapak? Terima kasih banyak ya Pak..:)

  4. 29 April, 2010 pukul 5:25 am

    lumayan nih buat nyokap dirumah..
    thx inponya :-)

    • 6 Maret, 2011 pukul 3:39 pm

      aku jg menderita asam urat , rasanya sakit banget bila muncul .salam sama nyokap kamu dari sesama penderita

  5. JeBrain
    24 Juli, 2010 pukul 6:46 pm

    Lagi-lagi dapat info yang lengkap, makasi mas … Hehehe

  6. soeharno
    30 Juli, 2010 pukul 2:00 am

    yth pak yusuf, trm ksh atas informasinya,cuma mau tanya lagi ttg. bbrp jenis makanan kita yg berbeda2 pendapat orang2 yg tahu spt. ada yg bilang tempe boleh ada yng bilang tidak,demikian juga sirsak,psang,alpukat,bayam,dan lainnya.Kemudian ttg. banyaknya, kalau disebutkan beratnya 100 gram makanan itu yg dimaksud berat bahan mentah atau yang sdh matang (misalnya direbus).Terima kasih lebh dulu,mohon jangan bosan kalau saya nanti tanya2 lagi

  7. 23 November, 2010 pukul 12:27 pm

    Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  8. 10 Maret, 2011 pukul 3:32 am

    terima kasih atas infonya, kebetulan budeku kena asam urat

  9. Yenny
    11 April, 2011 pukul 7:55 am

    Terimakasih untuk informasinya…..

  10. ruhul fitrios
    1 Mei, 2011 pukul 4:47 am

    thk atas infomrasi tulisannya. Saya kira info ini sangat bermanfaat bagi semua orang

  11. nasriadi
    3 Mei, 2011 pukul 3:53 am

    artikel ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman pengidap asam urat lainnya, tapi bagaimana cara mendownloadnya?

  12. 26 Juni, 2011 pukul 2:15 am

    Telapak kakiku sakit banget,gimana cara cepat untuk menyembuhkan…

  13. Ririn Purwanto.
    6 Maret, 2012 pukul 5:39 am

    Info ini sangat bermanfaat buat saya dan suami saya.
    Makasih bgt yaa.. :)

  14. Nurohman
    16 April, 2012 pukul 3:55 am

    Pergelangan tangan saya nyeri pegal,dan susah untuk kerja karna sakit dan kaki juga kada ng nyeri buat sholat terasa sakit sekali di tangan dan kaki juga,trims..

  15. 4 Mei, 2012 pukul 2:43 am

    umlah antioksidan hadir dalam manggis menawarkan beberapa manfaat bagi penedrita diabetes mellitus khususnya dalam meningkatkan sistem kekebalan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan kuat hadir dalam buah ini menunjukkan kuat untuk meningkatkan kontrol glukosa secara efektif pada pasien yang pankreas terus menghasilkan insulin. Antioksidan adalah molekul yang dapat dengan aman berinteraksi dengan radikal bebas dan dengan demikian mencegah kerusakan sel tubuh.

  16. leellii
    10 Juni, 2012 pukul 1:39 am

    ibuu ku sampe jalannya susah gara2 asam urat, gimana solusi nya???

  17. Anonymous
    9 Juli, 2012 pukul 2:19 pm

    pak jari sya berasa kayak kesemutan dan klo mlm jgha sy rasakan dan rasanya sampek panas tp cma 1 jari saja apa itu artinya sy sudah tekena asam urat yaaaaaa tp pak umur sy masih 23 pak dan sy jg blom kontrol pak

  18. 24 Agustus, 2012 pukul 5:59 am

    thanks n sangat bermanfaat, selain obat alami ada ga ya obat yang bisa di beli di apotik ??

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: