Beranda > Umum > Teka-Teki Einstein

Teka-Teki Einstein


Ketika sedang googling soal Rokok (maklum postingan sebelumnya seputar rokok), ternyata ada satu situs yang memuat Teka-Teki Einstein. Teka-teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika. Sayangnya contoh dalam teka-teki ini menggunakan rokok.

Aslinya adalah begini :

Einstein’s Puzzle
Variations of this riddle appear on the net from time to time. It is sometimes attributed to Albert Einstein and it is claimed that 98% of the people are incapable of solving it. Some commentators suggest that Einstein created such puzzles not to test out intelligence but to get rid of all the students who wanted him as an advisor. It is not likely that there is any truth to these stories. Whereever this comes from, it is a nice riddle.

Let us assume that there are five houses of different colors next to each other on the same road. In each house lives a man of a different nationality. Every man has his favorite drink, his favorite brand of cigarettes, and keeps pets of a particular kind.
The Englishman lives in the red house.
The Swede keeps dogs.
The Dane drinks tea.
The green house is just to the left of the white one.
The owner of the green house drinks coffee.
The Pall Mall smoker keeps birds.
The owner of the yellow house smokes Dunhills.
The man in the center house drinks milk.
The Norwegian lives in the first house.
The Blend smoker has a neighbor who keeps cats.
The man who smokes Blue Masters drinks bier.
The man who keeps horses lives next to the Dunhill smoker.
The German smokes Prince.
The Norwegian lives next to the blue house.
The Blend smoker has a neighbor who drinks water.
The question to be answered is: Who keeps fish?

Terjemahnya adalah kurang lebih :

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.

Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAAN : Siapakah Yang memelihara IKAN?

PETUNJUK:

  • Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah

  • Orang Swedia memelihara anjing

  • Orang Denmark senang minum teh

  • Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat

  • Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi

  • Orang yang merokok PallMall memelihara burung

  • Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu

  • Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill

  • Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama

  • Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing

  • Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill

  • Orang yang merokok Winfield senang minum bir

  • Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia

  • Orang Jerman merokok Rothmans

  • Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka-teki ini pada abad lalu. Dia menyatakan, 98% penduduk dunia tidak mampu memecahkan teka-teki ini. Apakah anda termasuk yang 2%?

Jawabannya adalah : Orang Jerman yang memelihara ikan. (kok bisa… lha iyalah… wong di internet juga ada pembahasan tentang Teka-Teki Eintein ini.) Dibawah ini Ini adalah salah satu teknik untuk mendapatkan solusinya.

Powered by Qumana

About these ads
Kategori:Umum Tag:
  1. priya's
    5 Juli, 2008 pukul 7:27 am

    waha….tetap aj ga ngerti bung..!!! HeE..

  2. 8 Juli, 2008 pukul 4:35 am

    sama… :(

  3. 10 Juli, 2008 pukul 3:50 am

    Ass. Syeikh artinya terjemahannya ada yang salah!!!

    “Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat” dan “Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi”

    supaya tambah gak pusing!!!

  4. Roy Keene
    11 Juli, 2008 pukul 5:36 am

    gue mo muntahhh uheeeeeek pusing

  5. 11 Juli, 2008 pukul 4:22 pm

    Iya euy, ada yang salah terjemah, green = hijau, bukan putih maupun coklat… hee..

  6. 15 Juli, 2008 pukul 4:47 am

    wah caranya bagus.. dibuat tabel setelah itu melakukan crossing answer.. ketemu deh jawabannya.. hihihi
    teka tekinya bkin pusing.. komputer aja sampe hang pak.. :)

  7. Sang Jenius
    27 Juli, 2008 pukul 6:43 am

    Jawabannya adalah

    JERMAN

    tuk caranya PIKIRKAN nDIRI………

  8. Syafrudin
    12 Agustus, 2008 pukul 4:38 am

    jawabannya emang betul Jerman.. menjawabnya ini Memang Murni Logika tanpa mengandung Trik apapun..
    Tabel Diatas Memang Membingungkan… ada tabel yang sederhana

    KUNING BIRU MERAH PUTIH COKLAT
    NEGARA = NORWEGIA DENMARK INGGRIS JERMAN SWEDIA
    ROKOK = DUNHILL MARLBORO PALLMALL ROTHMANS WINFIELD
    BINATANG = KUCING KUDA BURUNG IKAN ANJING
    MINUMAN = AIR TEH SUSU KOPI BIR

  9. Syafrudin
    12 Agustus, 2008 pukul 4:42 am

    Tabel diatas coba diurutkan sendiri berbentuk tabel.. pasti ketemu dan akan nampak teka teki ini emang murni logika… saya syafrudin dari smk muhammadiyah 01 pekanbaru kelas 3 bangunan tekhnik gambar…. trim’s (mhon maaf) pak Einstein teka-tekinya…!!!1

  10. Syafrudin
    12 Agustus, 2008 pukul 4:45 am

    untuk CONTOH :

    untuk rumah berwarna kuning adalah orang Norwegia yang merokok Dunhill, yang memelihara kucing dan sedang minum air teh… dan seterusnya….. !!!!!!!

  11. Syafrudin
    12 Agustus, 2008 pukul 4:46 am

    MY PHONE : 085278832873

    BYE ALL……………………

  12. 21 Agustus, 2008 pukul 7:08 am

    puyeeeeeeeeeenngg…euy….

  13. 23 Agustus, 2008 pukul 7:12 am

    puyenggg g…. tetap aja ga ngerti deh !!! :-??

  14. sdn 1 makassar kelas 6
    27 Agustus, 2008 pukul 8:54 pm

    jawabannya gampang

    JERMAN kan

  15. xolihin
    29 Agustus, 2008 pukul 5:05 am

    gue kagak ngerti, kepala gue rasanya mo pe……………………….cah
    terbelah 7, ekh sakittttttttttttttt bang…………………….et……?

  16. difa
    4 September, 2008 pukul 5:16 pm

    duuhh…capeee deh!! nyut nyut nyutan nih

  17. Anonymous
    10 Desember, 2008 pukul 9:31 am

    kaga nerti sama sekali

  18. 12 Januari, 2009 pukul 9:40 pm

    macam tak soal, soalnya bisa di jawab dalam waktu kurang 1 menit jawabanynya Jerman

  19. paimo
    24 Februari, 2009 pukul 10:17 am

    sip deh bikin kita memutar otak tapi kalau dapt senaang juga lho paling tidak kita termasuk yang 2%

  20. 1 Maret, 2009 pukul 2:02 pm

    wah ternyata gw benar……….Kira-kira lebih kurang 1 jam buat gw untuk nyelesainnya..emang sih pake kertas and harus dibuat kotak-kotak..biar jelas..emang sih si awal agak pusing…but selanjutnya easy aja cus masing-masing clue dah jelas ,tinggal kita ikutin aja aturan permainannya and feeling penting tuh !!…and emang murni lagika !!

  21. Seno
    7 Maret, 2009 pukul 1:27 am

    barusan tadi mlm aku dikasih tau temenku ttg teka-teki ini…
    trus aku coba deh…
    akhirnya +/- 60 menit terpecahkan…
    biar gampang bikin tabel aja…
    aku sih gak bikin tabel kayak yg diatas…
    aku bikin tabel sendiri….
    apakah aku bisa dikatakan 2% itu???

  22. vavita
    25 Maret, 2009 pukul 3:34 pm

    penjelasannya gampangnya gini…

    1 2 3 4 5
    Orang Norwegia Denmark Inggris Jerman Swedia
    Warna Rumah Kuning Biru Merah Putih Coklat
    Hewan Kucing Kuda Burung IKAN Anjing
    Minum Air The Susu Kopi Bir
    Rokok Dunhill Marlboro Pallmall Rothmans Winfield
    ikan di kolom jerman

    ^ ^

  23. 26 Maret, 2009 pukul 4:32 pm

    hmmm sampe tanggal hari ini ternyata masih ad yg coba kasih teka-teki ini ..hahaha… :)
    Awalnya klo cuma dibaca emang bingung…tp klo coret2 ya lgsg dapet kok…

    kayaknya masalha berapa persen yg bisa jawab cuma akal2an scr sugestif…agar org2 merasa tertantang… :p

  24. Andri Harfah
    29 Maret, 2009 pukul 5:34 am

    Gw awalnya juga jawab jerman dan butuh waktu ga nyampe 10 mnt buat itu… Tapi ternyata bukan itu jawaban yg di maksud einstein… Kenyataannya kita ga punya petunjuk bahwa binatang ke 5 itu adalah ikan, karna cuma hanya di sebutkan dalam pertanyaan… Pertanyaan bukan lah clue… Kita sudah diperdaya dengan metode pemikiran einstein ini…
    Setelah gw jawab soal itu, gw langsung curiga… Seorang einstein tidak akan mungkin memberikan soal yg gampang seperti itu…

  25. Zulkarnaen
    3 April, 2009 pukul 5:10 pm

    Jawabannya (Secara Logika) adalah Denmark
    Argument I:
    Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
    Orang yg memelihara kuda tinggal di sebelah orang yg merokok Dunhill

    Penjabaran:
    berarti dia BUKAN orang JERMAN dan BUKAN orang INGGRIS (karena orang JERMAN merokok Rothmans dan orang INGGRIS rumahnya berwarna merah)
    berarti dia mungkin orang NORWEGIA, SWEDIA atau DENMARK

    Tidak Memelihara KUDA Tidak Memelihara BURUNG (Orang yg merokok PallMall yg memelihara burung)
    berarti dia memelihara Anjing, Kucing atau Ikan
    karena orang SWEDIA telah memelihara Anjing
    maka tinggal orang NORWEGIA atau DENMARK saja yang mungkin memelihara Kucing atau Ikan

    Argument II:
    Orang yg merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yg memelihara kucing
    Orang yg merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air

    Penjabaran:
    Karena orang Denmark Minum Teh tidak minum air, berarti orang Denmark tidak bertetangga dengan orang yang merokok Marlboro yang juga memelihara kucing.
    berarti Kesimpulannya :
    Orang Yang Memelihara IKAN adalah Orang DENMARK..

  26. jo
    5 Mei, 2009 pukul 5:23 am

    ahhh….
    cara jawabnya mah da tw tuhhh…

    gak usah pake gituan kale…

    hahaha….

    berapa menit jawabnyapake gituan???

  27. tamaboy
    6 Mei, 2009 pukul 6:58 am

    jadi jawaban sebenarnya dari einstein sendiri apa…?

  28. O_Q
    21 Mei, 2009 pukul 12:36 pm

    Pertamanya saya bingung, banyak orang mengatakan jawabanya itu adalah JERMAN, padahal jelas-jelas:

    -JERMAN itu rokoknya Rothman
    -JERMAN itu memelihara KUDA

    Coba cek lagi deh, lagipula, saya merasa ada yang janggal dengan pertanyaanya,, saya sudah mengulangnya 3 kali selama hampir 2 jam …

    Terakhir jawaban yang saya dapat adalah DENMARK

    (saya mengerjakan pakai Ms. Excel)

    • 7 Juni, 2011 pukul 10:16 am

      saya setuju sekali. jawabannya itu denmark,bukan lah jerman. kuncinya itu ada di rumah putih dan hijau yang penempatannya membingungkan, harusnya kalau di tabel putih itu de sebelah kiri, tetapi pada aslinya karna tabel menghadap kita sehingga rumah hijau yg di tabel terletak di sebelah kanan,sbnrnya terletak pada sebelah kiri rumah putih.

      (Y) buat O_Q

      • kmn
        14 November, 2012 pukul 4:16 pm

        JAWABAN TEKA-TEKI EINSTEIN

        JAWABANNYA ADALAH ORANG JERMAN
        dari petunjuk
        1. Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah

        2. Orang Swedia memelihara anjing

        3. Orang Denmark senang minum teh

        4. Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat

        5. Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi

        6. Orang yang merokok PallMall memelihara burung

        7. Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu

        8. Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill

        9. Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama

        10. Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing

        11. Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill

        12. Orang yang merokok Winfield senang minum bir

        13. Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia

        14. Orang Jerman merokok Rothmans

        15. Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.
        13norway(9) denmark(3) inggris(1)jerman swedia(2)
        warna kuning(8) biru(13) merah (1) (5)putih(4) (4)coklat
        minum air15 teh(3) susu(7) kopi(5) BIR(12)
        rokok11dunhill(8)(10)marlboro(6)pallmallRthmans(14)winfield(12
        hewan (10)kucing (11)kuda burung(6) ikan anjing(2)

      • kmn
        14 November, 2012 pukul 5:14 pm

        JAWABAN TEKA-TEKI EINSTEIN
        1. orang norwegia; warna kuning; minum air; rokok dunhill; hewan kucing
        2. orang denmark; warna biru; minum teh; rokok marlboro; hewan kuda.
        3. orang inggris; warna merah; minum susu; rokok palmal; hewan burung.
        4. orang JERMAN; warna hijau; minum kopi; rokok rothmans; hewan IKAN.
        5. orang swedia; warna putih; minum bir; rokok winfield; hewan anjing
        JAWABANNYA ADALAH ORANG JERMAN

  29. Arie
    24 Juli, 2009 pukul 9:28 am

    wah.. cara saya kayanya lebih sederhana. coba susun matrix 5 x 5
    bagian atas 1 2 3 4 5. bagian kiri kebangsaan,pet, minuman, dst.

    jika informasi yang ada diibaratkan kepingan puzzle, maka cuma ada satu cara menyusun yang tepat. dan jawabannya ya itu, orang Jermanlah yang memelihara ikan.

  30. Agung
    3 Agustus, 2009 pukul 12:26 am

    Teka teki ini pasti tidak dibuat oleh einstein . Karena einstein pasti tidak akan membuat teka teki yang segampang ini .

  31. Paramaditya Himawan
    19 September, 2009 pukul 10:39 am

    Memang agak ruet juga yach saya aja masih agak bingung

  32. Cemok
    19 September, 2009 pukul 2:30 pm

    Pusing nh….
    Gara2 blogerx nh jdi bingung klo uda tau slah terjmahan knapa g d edit… Jdi mesti bulak balik atas bawa benarin terjmahanx… Jdi otak extra….
    Blogerx siapa sh ? >_<

  33. 26 September, 2009 pukul 1:02 am

    Yg jawab jerman & denmark, selamat anda masuk ke dalam kategori 98% ! :)
    Einstein kgk mungkin ngasi teka-teki segampang ntuh, die juga pasti tau kalo di kerjain di kertas pasti hampir semua orang bisa, tapi ini menurut gw pure logic ! :)

    Untuk yg jawab denmark, mungkin salah, coba check lagi :
    - Norwegia =kuning kan ?
    Kenape bilang Denmark kagak melihara kuda ?
    Bukanny yg melihara kuda ntuh bersebelahan sama orang yg ngerkok dunhill ?
    Coba check lg… :p

  34. NN
    29 September, 2009 pukul 2:28 am

    pagodangku hatam??????????

  35. anggi
    3 Oktober, 2009 pukul 6:31 am

    norwegia

  36. 1 November, 2009 pukul 5:01 pm

    orang indonesia memang payah.pantas sering otaknya jadi lelucon..huh gak mau berpikir rata2

  37. Amatir
    9 November, 2009 pukul 9:32 am

    Gw dan 1 teman gw udh berhasil menjawab teka-tekinya Einsten!
    Rasanya bangga bgt! Hahaha!
    Gw kerjain dskolah pas g ad guru! Sangat membanggakan dah…

  38. Anonymous
    10 November, 2009 pukul 3:02 pm

    jerman bos..

  39. -n4dz-
    17 November, 2009 pukul 3:28 pm

    yah ini mah gw da bikin dari gw masih smp..
    jerman kan..

  40. Sparda son
    25 November, 2009 pukul 6:46 am

    Gw dah tau jwban ntuh dri dlu….. Gmpang bnget tuh

  41. Benny
    2 Desember, 2009 pukul 12:43 am

    Norwegia..
    Logikanya : Ntu bahasa bilingual kan???
    yang ditanya FISH????
    cb aja CAT(Norwegia)FISH = IKAN LELE
    gk ada HORSEFISH, BIRDFISH, DOGFISH

  42. BAMB HARJ CIANGSANA
    2 Januari, 2010 pukul 12:05 am

    SAMPAI KAPAN PUN TEKA TEKI TIDAK PERNAH ADA JAWABAN YANG PAS/TEPAT KALAU KITA BELUM PERNAH MENDENGAR DAN TAHU

  43. HAIKAL (m.transltr)
    17 Februari, 2010 pukul 10:36 am

    hhahaha. . .
    saya baru twu ada teka-teki kyk gini,,

    eh coba tanya kenapa 98% penduduk dunia tidak bisa jwab.? hayo knapa.?
    tentu saja, teka-teki ini dibuat dalam bahasa jerman dan dibuat antara tahun 1879-1955,, dalam kurun waktu tersebut hanya 2% dari penduduk dunia yg mengerti bahasa jerman,, jdi yg mampu emecahkan teka-teki tersebut hanya orang yg mengerti bahasa jerman,,

    mungkin itu hanya pendapat saya,,

    -haikal,, smp 1 cimahi…

  44. Tjuk
    23 Februari, 2010 pukul 6:59 am

    ha…ha…ha…. namanya aja teka teki dan saya termasuk yang 2% tidak bisa jawab… nyerah deh

  45. org asing
    28 Februari, 2010 pukul 4:32 am

    hahaha …
    wat maz haikal blh jg tuch …
    nitip promosi blog nich …
    swarakula.wordpress.com
    nb : Lom ad isinya
    hahahaha ..

  46. Hotmaria Lg
    5 Maret, 2010 pukul 3:13 pm

    I’ts easy. Tinggal pakai logika sama konsen aja kan. Pakai tabel yang biasa juga oke !

  47. isal
    18 Maret, 2010 pukul 7:54 am

    Kalo bisa yg mikir bener, teka teki ini sebenernya ga masuk akal untuk mendapatkan jawaban.. Dari petunjuknya dibilang norweigia tinggal dirumah pertama, rumah kuning ada ditengah, tapi penjabara2n di atas bilang norweigia = rumah berwarna kuning.. Padahal sudah jelas kalau rumah kuning ada ditengah.. Jadi kesimpulannya jawaban2 yg ada di atas smua diragukan..

  48. dila
    27 Maret, 2010 pukul 4:39 pm

    kalau jawabannya jerman, knapa einstein yang empunya soal malah jawab nowegia????
    wah kwalitas kepintaran orang indonesia dah pada ngalahin einstein yh….

  49. 20 April, 2010 pukul 2:15 pm

    Coba baca lg pertanyaan’a gan,,
    “Siapakah yang memelihara ikan?”
    bukan
    “Siapakah yang memelihara ikan dari kelima orang tersebut?”
    ya pasti jawaban yang ga mungkin di ragukan lagi kebenarannya adalah………..
    “tukang ikan”
    ya kan
    wkwkwkwkwk..

  50. Orang yang Bingung
    9 Mei, 2010 pukul 2:54 am

    Pusing euyyy

  51. eliza
    25 Mei, 2010 pukul 11:29 pm

    jerman…
    wuii
    akhirnya bisa juga mecahin soal nich
    Eistein keren…

  52. 31 Mei, 2010 pukul 8:08 am

    Wahh gue termasuk 2% itu
    kemaren dapet teka teki ini dr orang,jawaban ternyata bener
    orang jerman tinggal dirumah warna putih,
    memelihara ikan,
    senang minum kopi
    dan merokok rothmans :-)

  53. febry sasuke
    3 Juni, 2010 pukul 6:39 am

    einstein emangcerdasbanget ya…

  54. leni
    5 Juni, 2010 pukul 7:11 am

    emg dmana ada ptunjuk yg mngatakn rmh kuning brada ditengah2??? ngarang sndiri y hahaha

  55. dane
    9 Juni, 2010 pukul 7:00 am

    yang bilang ini ga ada jawabannya adalah orang stress…15 menit gw bisa jawab jerman…

  56. julius vijay manurung
    18 Juni, 2010 pukul 5:13 pm

    jawabannya=> rumahnya orang jerman yg berwarna hijau merokok prince dan suka minum kopi..
    tq atas teka tekinya kk..
    ada teka teki yg lain….

  57. Ai..
    14 Juli, 2010 pukul 9:16 am

    Jerman tuch jawabnnya…..

  58. dewabthara
    22 Juli, 2010 pukul 11:37 pm

    mirip pola permainan inspektor parker

  59. 23 Juli, 2010 pukul 4:33 pm

    Membacanya juga ERROR,Mas. Apalagi menjawabnya. Artinya pertanyaan “Enstein” ini sama-sama ERROR-nya.

  60. Nurdian
    29 Juli, 2010 pukul 12:23 pm

    HORE!!!!!
    Gw dah nemu caranya!!!!!!

  61. pandu aw
    3 Agustus, 2010 pukul 4:25 am

    jerman bung jawabanya….

  62. ryan
    7 Agustus, 2010 pukul 1:01 pm

    Aku tau jawabannya, ORANG JERMAN MEMELIHARA IKAN.

    Terdiri dari 5 rumah :

    - Rumah paling kiri berwarna kuning ditempati orang Norway sedang minum air dan merokok Dunhill, dia memelihara Kucing.
    - Rumah kedua dari kiri berwarna Biru ditempati orang Denmark sedang minum teh dan merokok marlboro, dia memelihara kuda.
    - Rumah tengah berwarna merah ditempati orang inggris sedang minum susu dan merokok Palmal, dia memelihara burung.
    - Rumah kedua dari kanan berwarna hijau ditempati orang jerman sedang minum dan merokok Rothmans, dia memelihara Ikan.
    - Rumah paling kanan berwarna Putih ditempati orang swedia sedang minum bir dan merokok Winfield, dia memelihara anjing.

    Mudah saja kalo dipahami secara teliti.
    Kalo ada yang protes, kirim pesan di FB ku, anka_muse@ymail.com

  63. ddita
    6 September, 2010 pukul 11:07 am

    jwban.y jerman, coz logika akuh mae

  64. ddita
    6 September, 2010 pukul 11:10 am

    jwban.y sangat mudah, perlu konsntrasi n hti yg ikhlas unk m’njwb.y “my.answer jerman”

  65. j3ndral
    8 September, 2010 pukul 5:36 pm

    Jawaban:
    TIDAK ADA YG MEMELIHARA IKAN.

  66. j3ndral
    8 September, 2010 pukul 5:54 pm

    Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan “MEMELIHARA SATU JENIS HEWAN TERTENTU”.

    “TAK SATUPUN DARI KELIMA ORANG ITU” yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan “MEMELIHARA HEWAN YANG SAMA SEPERTI PENGHUNI YANG LAIN”.

    So.. jelaslah sudah.. ga da yg plihara ikan.. yg ada cuma pelihara kucing, kuda, burung dan anjing…

    Hewan peliharan yg satunya belum tentu IKAN.. bisa aja Ayam, macan, dinosaurus, burung garuda, ular naga, dll..

  67. someone
    22 September, 2010 pukul 1:27 pm

    jwb nya kyk metode sudoku, 6 baris krtas dah ktmu..
    JERMAN
    *kls 3 sma

  68. Jimli
    19 Oktober, 2010 pukul 6:48 am

    Kata2 zulkarnain bertele tele

    • jimbo
      13 Februari, 2011 pukul 8:59 pm

      BETUL KATA2 ZULKARNAEN KAYAK ORANG SOK PINTAR

  69. Anonymous
    1 November, 2010 pukul 2:18 pm

    kami disuruh guru juga gmana cara dapat jawabannya tapi setelah liat gambar diatas tetap ngga ngerti :(

  70. 21 November, 2010 pukul 11:22 am

    ini teka teki rumit bnget ,,
    buat org kayak saya ,,,
    teka teki ini terlalu sulit ,,
    ksh tau penjabaran yg lebih gampang lagi donk ,,,???

  71. iyuu
    28 November, 2010 pukul 6:23 am

    klo gne sich smua orang dac termasuk yang 98% dong!!!!

  72. hendra pablo
    31 Desember, 2010 pukul 1:29 pm

    bingung ya?sebenar ny kunci nya di sini……

    Orang Jerman merokok Rothmans
    coba kamu liat petunjuk yg lain,semua nya di bikin rumit…….
    cuma kalimat jerman itu aj yg simple……
    jd memang benar org jerman yang memelihara ikan…..

  73. 12 Februari, 2011 pukul 8:48 am

    bingung gan???

  74. wahid
    27 April, 2011 pukul 6:19 pm

    ah mending ngopi,,,,

  75. Robby
    14 Mei, 2011 pukul 2:10 pm

    sebenarnya teka teki ini bisa dijawab oleh orang biasa dalam kurang lebih 60 menitan… (menggunakan kertas).
    Saya rasa pak Einstein tidak memberikan pertanyaan semudah ini untuk jawaban di atas kertas….
    Apabila kamu bisa menjawab pertanyaan einstein ini tanpa menggunakan kertas atau komputer sama sekali, maka kamu adalah bagian dari 2% orang yg dimaksud einstein tersebut…

  76. Robby
    14 Mei, 2011 pukul 2:33 pm

    BTW jawaban diatas kertas adalah JERMAN… saya agak bingung aja cara berpikir orang yg menjawab negara lain selain JERMAN.
    Karena ini adalah pertanyaan yg mudah, maka kalian seharusnya menjawab tidak menggunakan media lain selain otak anda sendiri… ;p

  77. rYA
    15 Mei, 2011 pukul 12:37 pm

    Tetap az bingung om….
    Hmmfff….

  78. eeq
    5 Juli, 2011 pukul 6:44 am

    dengan metode pembuatan table saya juga bisa nemu kalau jawabannya JERMAN, tp masalahnya apa benar metode penyelesainnya sperti itu?

    Einstein itu orang yang sangat cerdas….
    kecil kemungkinan orang yg cerdas seperti dia memberikan pertnyaan yang cman mengandalkan hal seperti itu ( buat table dgn teliti,, trus nemu deh jwabannya )

    kalau pun benar seperti itu,, saya ragu teka-teki itu dibuat oleh Einstein..lagipula tidak ada pernyataan dari Einstein kalau penyelesainya seperti itu…

  79. 30 Juli, 2011 pukul 12:29 am

    Einstein.. Bwt teka-teki yg lebih rumit lg Napa!?..hehehe

  80. Isrhae alditsya
    4 Agustus, 2011 pukul 10:52 pm

    Pucink!!!
    Mmand hebat pak einstind ini!!!!
    4 jempol !!!

  81. ramandini eka saputri
    18 November, 2011 pukul 7:00 am

    haduhhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………..
    maksude opo???

  82. imam
    23 Desember, 2011 pukul 10:45 am

    alhamdulillah i’m in 2 % of people in the world

  83. Asri
    29 Desember, 2011 pukul 3:46 pm

    ualah,,,,gak nyagka isinya itu??? :-D

  84. Anonymous
    1 Januari, 2012 pukul 4:34 pm

    jerman gan

  85. Maning
    2 April, 2012 pukul 8:18 am

    The green house is just to the left of the white one.
    The owner of the green house drinks coffee.

    kenapa jadi?

    Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat

    Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi

    jawaban q bener orang jerman….

  86. 22 Mei, 2012 pukul 2:56 pm

    HALAH YANG COMMENT DI ATAS” RAME AJA! GUA NYARIS 1 JAM NIH MIKIR SOALKYA GINI DARI BLOG LAEN.. EH SIALAN NYA DI BLOG INI ADA KUNCI JAWABAN NYA EEQ SIA” xD

  87. chyka
    18 Agustus, 2012 pukul 8:24 am

    susah buanget ngerti.y…

  88. Ita
    1 September, 2012 pukul 4:29 pm

    Jawabannya Jermanalah yang memelihara ikan.

    *Pernyataan 9.
    Norwegia rumah I.
    *Pernyataan 13.
    Biru rumah II
    *Pernyataan 7
    Yang minum susu rumah di tengah (III). Rumah putih tidak mungkin di tengah karena ia minum kopi(P.5). Rumah coklat tidak mungkin di tengah karena letak rumah putih di sebelah kiri coklat.(P.4) jadi Rumah yang di tengah berwarna MERAH.
    Rumah putih tidak mungkin di rumah pertama(otomatis coklat rumah ke2)karena biru di rumah ke II. Rumah putih dan coklat rumah ke IV&V. Jadi KUNING di rumah I.
    Urutan letak rumah: Kuning,biru,merah,putih,coklat.
    Hasil sementara:
    Kuning-Norwegia-Dunhill(P.8)
    Biru-Kuda(P.11)
    Merah-Susu-Inggris(P.1)
    Putih-Kopi
    Coklat-

    *Pernyataan 11
    Yang merokok winfield minum bir.
    Siapakah yang merokok winfield?
    Tidak mungkin orang Denmark ia minum teh.
    Tidak mungkin orang jerman karena i a merokok rothmans
    Tidak mungkin orang inggris karena ia minum susu
    Tidak mungkin orang norwegia karena ia merokok dunhill
    Jadi yang merokok winfield orang swedia.
    Smentara : Winfield-bir-swedia-Anjing-?
    Warna rumah orang swedia:
    Tidak bisa di rumah kuning karena itu rumah orang Norwegia
    Tidak bisa di rumah biru karena ia memelihara kuda.
    Tidak bisa di rumah merah karena ia Adalah orang Inggris.
    Tidak bisa di rumah Putih karena ia minum kopi
    Jadi orang swedia tinggal di rumah warna coklat.

    Sementara;
    Kuning-norwegia -dunhill -? -?
    Biru -? -? -Kuda
    -?
    Merah-inggris -? -? -susu
    Putih -? -? -? -Kopi
    Coklat-swedia -winfield -anjing-bir

    *Pernyataan 3
    Denmark minum teh.
    Warna rumah Denmark:
    Tidak mungkin warna kuning karena rumah orang Norwegia.
    Tidak mungkin warna merah karena rumah orang Inggris.
    Tidak mungkin warna putih Karena ia minum Kopi.
    Tidak mungkin warna coklat Karena rumah orang Swedia.
    Jadi Orang Denmark tinggal di rumah warna biru.
    Semntara :
    Kuning-Norwegia -Dunhill -? -?
    Biru -Denmark -? -teh -kuda
    Merah-Inggris -? -susu -?
    Putih -? -? -kopi -?
    Coklat-swedia -winfield -bir -anjing

    Otomatis orang Norwegia ,Minum air (Kuning-Norwegia-dunhill-air-?)

    *Pernyataan 15
    Yang merokok marlboro bertetangga dengan yang minum air.
    Warna rumah yangmerokok marlboro:
    Tidak mungkin di rumah warna coklat karena tetangganya coklat(putih) minum kopi.
    Jadi yang merokok malboro tinggal di rumah warna biru karena tetangganya yang merokok dunhill minum air. (Biru-denmark-malboro-teh-kuda)

    Siapakah yang merokok pallmall?
    Tidak mungkin yang merokok pallmall orang norwegia karena ia merokok dunhill
    Tidak mungkin yang merokok pallmall orang denmark karena ia merokok malboro
    Tidak mungkin yang merokok pallmall orang jerman karena ia merokok rothmans
    Tidak mungkin yang merokok pallmall orang swedia karena ia merokok winfield
    Jadi yang merokok pallmall adalah orang Inggris
    *Pernytaan 6
    Yang merokok pallmall memelihara burung.
    (Merah-inggris-pallmall-susu-burung)

    Secara otomatis bahwa orangjerman yang merokok rothmans tinggal di rumah warna putih. Putih-Jerman-rothmans-kopi-?
    *Pernyataan 10
    Yang merokok malboro bertetangga dengan yangmemelihara kucing.
    Tetangga yang merokok malboro adalah rumah warna kuning dan merah.
    Rumah Merah tidak mungkin memelihara kucing karena ia telah memelihara burung, jadi yangmemelihara kucing adalah rumah yang berwarna kuning.

    Kuning -Norwegia -Dunhill -air -Kucing
    Biru -Denmark -Malboro -Teh -Kuda
    Merah-Inggris -Pallmall -susu -Burung
    Putih -Jerman -Rothmans -kopi -?
    Coklat-Swedia -Winfield -Bir -Anjing

    Nah Siapakah yang memelihara IKAN??
    Yup benarr orang JERMANLAH yang memelihara IKAN

  89. bagas
    21 September, 2012 pukul 8:52 am

    lierrr

  90. Anonymous
    24 September, 2012 pukul 4:56 am

    dapat jawabanyajuga si orang JERMAN yang pelihara Ikan tinggal di rumah ke empat

  91. 31 Oktober, 2012 pukul 4:11 pm

    Sampai kapanpun juga g bakal ketemu soal’a teka teki ini pertama kali dari bhasa jerman lalu di translate ke bhasa inggris lalu ke bahasa indonesia pasti terjemahan’a ada yg salah, semua jawaban bisa memungkinkan dan kita hanya bsa mengira jawaban’a dankita tidak pernah tahu jawaban yg asli

  92. kmn
    14 November, 2012 pukul 4:49 pm

    bikin bingung karena muncul warna coklat seharusnya hijau
    The Englishman lives in the red house.
    The Swede keeps dogs.
    The Dane drinks tea.
    The green house is just to the left of the white one.
    The owner of the green house drinks coffee.
    The Pall Mall smoker keeps birds.
    The owner of the yellow house smokes Dunhills.
    The man in the center house drinks milk.
    The Norwegian lives in the first house.
    The Blend smoker has a neighbor who keeps cats.
    The man who smokes Blue Masters drinks bier.
    The man who keeps horses lives next to the Dunhill smoker.
    The German smokes Prince.
    The Norwegian lives next to the blue house.
    The Blend smoker has a neighbor who drinks water.
    The question to be answered is: Who keeps fish?

    1 2 3 4 5
    norway denmark inggris jerman swedia
    rumah kuning biru merah hijau putih
    minum air tehh susu kopi bir
    rokok dunhill blend pallmall prince blue master
    hewan kucing kuda burung ikan anjing

  93. 31 Januari, 2013 pukul 2:59 am

    saya mengerti,sekarang :D dan hanya waktu 1menit,kyanya tidak sampai :D
    follow juga yah :D @dinianggraini3o

  94. Andi
    24 Juli, 2013 pukul 12:15 pm

    gimana tentang penilaiannya einstein nih ?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: