Beranda > Uncategorized > Operasi Wasir

Operasi Wasir


Berikut ini saya sampaikan resume dari sejumlah artikel terkait dengan operasi wasir / hemoroid.

  • Terdapat 4 stadium Wasir, yaitu  stadium I gejalanya minimal, pendarahan, tidak nyeri, dan tanpa benjolan. Stadium II, muncul benjolan di dubur pada saat buang air besar, dan spontan bisa masuk kembali. Wasir stadium III, benjolan tidak masuk kembali seusai buang air besar dan harus didorong pakai tangan. Stadium IV, penonjolan disertai nyeri dan tidak dapat dimasukkan lagi.Perbedaan tingkatan hemoroid inilah yang kemudian membedakan cara penanganannya. Untuk kasus ringan biasanya cukup dikendalikan dengan minum, makan menu tinggi serat, dan buang hajat secara rutin. Krim mengandung obat kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. Namun, kemungkinan munculnya kembali hemoroid masih terbuka lebar.

  • Ada beragam upaya menyembuhkan wasir. Mulai dari minum obat-obatan, suntik, hingga operasi. Sebagai upaya pengobatan terakhir, dokter umumnya melakukan bedah pisau (konvensional, terutama untuk wasir yang sudah parah "merekah").

  • Umumnya yang bisa diobati dengan obat-obatan adalah  wasir stadium  I dan II. Tapi kalau terjadi pendarahan, dan tidak mempan diobati, ya dilakukan tindakan lain untuk menghentikan pendarahan itu. Bisa suntikan, mengikat, membakar, atau membekukan. Untuk wasir derajat III dan IV, baru dilakukan tindakan bedah dengan memotong dan membuang jaringan wasir. Karena sudah tidak bisa lagi dengan cara lain. Dalam hal ini ada tiga tindakan bedah yang bisa dilakukan, yakni operasi konvensional (menggunakan pisau dan gunting), bedah dengan laser (sinar laser sebagai alat potongnya), dan bedah stapler (wasir dipotong dan langsung dijepit supaya tidak berdarah).

  • Tindakan bedah yang konvensional untuk wasir seringkali menimbulkan rasa sakit hebat akibat bagian kulit tipis yang meliputi lubang anus terlukai. Bagian yang sangat sensitif tersebut, mempunyai sensor syaraf rasa raba dan rasa sakit yang sangat rapat sebagaimana rasa raba ujung jari tangan yang sangat nyeri apabila terluka. (Alhamdulillah saya sudah merasakan hal ini saat dioperasi wasir di JIH).

  • Salah satu teknik operasi wasir yang modern adalah teknik Hemoroid Stapler dikembangkan di Italia sejak tahun 1993. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak RS yang menyediakan tenaga ahli untuk operasi Stapler ini (sayangnya di JIH belum ada alatnya). Teknik ini tidak membuang jaringan wasir, tapi menghentikan suplai darah (vaskulerasasi) terhadap jaringan wasir. Akibatnya, jaringan wasir akan mengempis sendiri. Rasa nyeri pun sangat berkurang bila dibandingkan dengan operasi biasa. Juga mengurangi waktu perawatan di RS sehingga menghemat biaya. Pasien pun bisa kembali melakukan aktivitas normal.

  • Teknik operasi lain adalah dengan menggunakan Laser.  Teknologi laser sebenarnya tidak baru, sudah diterapkan untuk bedah wasir sejak tahun 1985-an. Dalam hal ini, ‘Pisau laser’, selain memotong jaringan wasir, juga ‘mematri’ pembuluh darah sehingga tidak banyak darah keluar. Begitu juga saraf – banyak terdapat di dubur – yang terpotong tidak menyebabkan serabut sarafnya terbuka. Lain kalau dipotong pakai pisau, serabut saraf tidak mengerut, sementara itu selubungnya mengerut, sehingga serabut saraf menjadi terbuka.Hal inilah yang membuat pasien kesakitan setengah mati. Sedangkan dengan bedah laser, serabut saraf dan selubung saraf bisa menempel jadi satu, seperti terpatri. Jadi, serabut saraf tidak terbuka dan terekspos. Dengan demikian tidak akan menimbulkan rasa sakit.

  • Kalau segan atau takut menjalani operasi, penderita bisa pula memilih tindakan non-operasi. Di antaranya, yang cukup modern dan sudah diterima di dunia kedokteran adalah sclerotherapy (penyuntikan cairan iritan). Dengan cara ini pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengkerutan. Atau, dengan metode Transproctoscopie Doppler Ultrasound Haemorrhoidal Artery Ligation (TDUHAL) yang sudah banyak dikembangkan di Australia. Pelaksanaan metode ini cukup sederhana; pasien hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien. Ciri khas metode TDUHAL adalah dipergunakannya alat bantu doppler ultrasound beserta perlengkapan pendukungnya. Pada peralatan canggih dan mahal ini terdapat doppler transducer, semacam sensor yang dilengkapi pengeras suara. Dengan bantuan alat ini, dokter bisa mendengarkan suara detak nadi sehingga bisa diketahui arteri mana yang bermasalah. Di depan doppler transducer, terdapat jendela kecil dan lampu. Dari lubang inilah dokter melakukan pengikatan pada arteri bermasalah tadi. Titik pengikatan kira-kira 10 cm dari anus.

Namun, apa pun metoda penyembuhan ambeien yang dipilih,  tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku ke belakang. Peluan munculnya kembali penyakit yang telah disingkirkan tadi cukup erat dengan pola hidup yang dijalani. Dalam pengaturan pola makan, perlu menyertakan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah cukup, serta meningkatkan makanan berserat tinggi. Olahraga dipilih yang memberikan beban ringan pada perut dan anus, seperti berenang. Jenis olahraga macam voli, basket, apalagi angkat besi, perlu dihindari. Saat bekerja, setelah duduk 3 – 4 jam sebaiknya berdiri untuk istirahat sambil berjalan. Lebih bagus lagi melakukan senam berdiri-jongkok, mengoyangkan pinggul, dan tarik-lepas napas. Perilaku buang hajat sebaiknya dilakukan secara teratur. Yang normal, sehari sekali. Diharapkan, dengan pola hidup macam ini tindakan penyembuhan wasir yang dipilih bisa memberi hasil yang baik untuk selamanya.

Powered by Qumana

Kategori:Uncategorized
  1. mansur
    13 Mei, 2008 pukul 6:15 am

    Mo tanya mas, apakah setelah mas dioperasi wasirnya saat ini masih sering kambuh lagi? dapatkah setelah dioperasi sembuh total, tentunya didukung dengan pola makan dan olah raga yang teratur. Mohon jawabannya japri ke email saya.

    thanks

  2. agus supriadi
    16 Juli, 2008 pukul 1:59 am

    Pa saya mau tanya. Rs yang tepat untuk operasi Wasir dimana y ? kalau untuk wasir yang sudah stadium III atau IV. terima kasih atas jawabannya Segera.

  3. prayudi
    16 Juli, 2008 pukul 8:44 am

    prinsipnya sih semua rs kayanya bisa melakukan operasi wasir. hanya saja untuk teknik2 tertentu mungkin hanya ada di RS tertentu pula. coba konsultasikan dulu ke dokter bedah sekitar anda, mungkin ada info lebih valid terkait dengan fasilitas RS untuk melakukan operasi wsir

  4. june
    12 Desember, 2008 pukul 3:13 am

    Mas, saya lg mau operasi nih, habis dah ga tahan nyerinya, dan saya putuskan pake stapler gun, tau ga sih ada efek sampingnya ga? Kalo bedah biasa kan efek nyeri pasca operasi nya ada, nah kalo pake stapler gun ini apa ? Soalnya dokter ku kalo ak tanya jawabnya ga ada. Suwun yo mas…

    • prayudi
      15 Desember, 2008 pukul 4:26 am

      wah kalau memang bisa dengn metode stapler lebih baik mbak, rasa sakitnya berkurang namun biayanya agak tinggi dibandingkan dgn operasi biasa

  5. rezky
    25 Desember, 2008 pukul 5:59 am

    mas mau tanya operasi wasir dengan metode laser di surabya dimana ya?soalnya saya domisili di surabaya! terima kasih

  6. Shaktira
    12 Januari, 2009 pukul 3:48 am

    mas mau tanya operasi wasir dengan metode stapler kalo di jakarta di rumah sakit mana saja yg bisa?
    Kisaran biayanya berapa ?

  7. 29 Januari, 2009 pukul 5:14 am

    adakah menu diet khusus untuk mengendalikan wasir?
    jika ada mohon bantuan untuk dikirimkan ke email saya.thanks
    oya, jika memungkinkan disertakan dengan makanan pantang/ dilarang bagi penderita wasir.

  8. Anonymous
    7 Februari, 2009 pukul 2:17 am

    Eh apa bener angkat besi/vitnes bs menyebabkan wasir

  9. Anak yang sayang pada IBUnya..
    18 Februari, 2009 pukul 2:07 am

    Dok, saya mau nanya..mama ku itu uda kena wasir kurang lebih 10than..dan sekarang udah stadium 4 (akhir)..waktu itu sudah sempat dioperasi (diikat), namun ikatannya copot akibat mamaku selepas operasi blm 6 bln sudah bnyak jalan krn harus mengantar adiku sekolah..walhasil, makin parahlah…semua obat dokter dan alternatifpun ditempuh, tapi tak ada hasilnya…yang saya mau tanyakan, adakah cara lain yang bs langsung menyembuhakan wasir menahun mamaku itu…baru2 ini saya dengan ada teknik operasi wasir dengan teknik barron…itu teknik apa ya dok…kira2 rumah sakit mana dijakarta yang sudah bs melakukan operasi itu ?? dan berapa kisaran harganya…terima kasih…

  10. chris
    20 Februari, 2009 pukul 7:37 am

    Saya mempunyai wasir sudah 11 tahunan pada stadium III (ada 3 benjolan). Kira2 setahun lalu saya coba konsultasi ke dokter dan katanya harus operasi dengan biaya 3 jtan dan setelah operasi memang terasa sakit lalu setiap habis buang air besar harus di cuci dengan sabun.

    Saya menunda operasi dan bertanya-tanya kepada teman2 dekat. Jawaban menarik saya dapat dari dua orang teman yang mengajurkan penyembuhan dengan cara dijepit dengan biaya 1/10 nya operasi. Kedua teman saya itu sembuh.

    Tahun 2008 saya mencoba pengobatan wasir dengan dijepit ternyata sembuh! Tanggal 19/2/09 saya berobat untuk wasir yg satu lagi.

    Efek dari dijepti hanya terasa sedikit perih di dubur. Proses hanya berjalan 5 menit dan bisa langsung pulang.

    • Ana
      20 Oktober, 2009 pukul 4:47 am

      Selamat siang pak Chris,
      Mohon infonya untuk pengobatan wasir secara dijepit di mana. Saya sudah menderita wlama 5 thn, skrg sudah stadium 3 tp tidak nyeri, panas, berdarah, hanya rasa mengganjal saja.
      Saya bedomilisi di Purwokerto, tapi saya asalnya dari Jakarta.

      Terimakasih sebelumnya

    • Anonymous
      13 Desember, 2010 pukul 4:46 am

      mas kalo dijepit itu dimana tempat berobatnya?trims infonya.

  11. taufiq
    21 Februari, 2009 pukul 9:37 am

    mohon info dari bung Chris ttg pengobatan wasir dg cara jepit. Untuk stadium brp? Dan dimana alamat praktek dr yg menangani dg cara ini?. Tks (bs email sy di : tau_iwis@yahoo.co.id)

  12. Anonymous
    2 Maret, 2009 pukul 5:54 pm

    Mungkin saya sudah stadium 3. Mau operasi wasir,tapi bingung teknik apa yg tidak sakit sa’at operasi ya? Mohon informasi nya.Dan berapa biaya nya ya? Terima kasih

  13. rizal96
    7 Maret, 2009 pukul 1:12 pm

    mhn info dari bung chris dimana alamatnya pengobatan ke rizal96@gmail.com, banyak terima kasih

  14. anisa
    21 Maret, 2009 pukul 2:31 pm

    saya inspeksi hr senin operasi wasir. mohon do’a nya.
    thx

  15. anisa
    3 April, 2009 pukul 2:01 pm

    saya sudah dioperasi conventional di rshc kelas 3, inap 8 hari total 13.5jt…
    sakit nya minta ampun… saya memutuskan operasi karena tdk ada pilihan lain…
    alhamdulilah sekarang sudah baikan… cuma kl BB masih sakit…
    ikutin semua saran dokter biar cepet pulih…
    sekarang saya masih minum ardium n rendam pk pagi sore serta minum ayulax (obat herbal)
    buat temen2 yg punya penyakit ini, lbh baik operasi drpd sengsara seumur idup. good luck yah…

    • wing
      28 Juli, 2012 pukul 8:46 am

      ANISA .. lam kenal…senin 30 jili 2012 sy mo operasi wasir konvensional … setelah operasi bagaimana yah.. apakah lama pulih kembali .. ??

  16. meee smiley
    7 April, 2009 pukul 10:10 am

    Mas, saya baru saja melakukan operasi wasir dg stapler gun. Selang beberapa hari operasi, saya mengalami pendarahan. Akhirnya seminggu setelah operasi pertama, saya di ligasi (ikat/operasi kecil) di ruang operasi juga & melakukan transfusi darah. Rasanya luar biasa sakit. Sekarang ini, hampir 2 minggu setelah ligasi, dan saya msh suka brdarah. Stress banget. Kenapa bisa begitu ya? Karena saya sudah mengeluarkan biaya yang tdk sdikit utk operasi pertama & kedua. Tolong bantu dengan info. Thx Mas!!

  17. 1 Mei, 2009 pukul 3:01 am

    Seminggu lalu saya operasi wasir,namun bukn di dokter,tapi di shinse,sampai sekarang saya masih suka merasa sakit ketika buang air besar,dan ikatannya belum copot.lebih parahnya lagi,kemarin saya kontrol,dan dokternya mengatakan benjolannya masih ada,namun dilihat lagi seminggu kedepan .apakah benjolan tersebut masih ada tau tidak,bila masih ada,akan dilakukan operasi lagi,saya pun sampai hari ini masih kesal karena berjalan masih tertatih2 menahan sakit

    • 3 Agustus, 2012 pukul 8:23 am

      Salam… Sekedar sharing pengalaman barangkali bisa membantu…
      Saya, sepupu saya, temen saya, dulu punya wasir yang parah.
      Sekarang alhamdulillaah sembuh total. Tidak ada sakit sama sekali. Benjolan makin hari makin menipis. Suami bu yuli, pendarahan parah, mau dioperasi, tapi ga jadi. Kami semua sembuh dari wasir yang menyiksa dengan herbal. Kami minum VCO kelapa hijau campur tomat kukus. VCO kelapa hijau 3 sendok, Tomat kukus 2 butir. Dikonsumsi 3x sehari. Info lebih jelasnya silahkan berkunjung ke web ini.

      http://obat-herbal-ampuh.blogspot.com/2012/05/obat-tradisional-untuk-wasir.html

      Terimakasih moderator

  18. Bella
    7 Mei, 2009 pukul 10:15 am

    hi semua……
    aq ad cerita menarik neh….
    aq kena wasir stadium 4,
    tp aq gak di operasi, aq berobat di tempat praktek H. Moh. Rawal,
    alhamdulillah dalam waktu 5 hari wasir aq dikeluarin mua,yg gak disangka2 lbh besar dr yg aq bayangkan,
    berkat pengobatan si bapak,
    dlm wktu 10hari, wasir qu cepot sampai akar2nya….
    no contact personnya 085262010594,
    selamat mencoba yah?
    si bpk juga bs di panggil ke rumah loh, akomodasi, operasional dtanggung pasien, harga terjangkau,
    tempat praktek : PEKAN BARU, MEDAN, LANGSA (NAD)

    • Nadya
      9 September, 2009 pukul 5:32 am

      Hallo bella,

      Salam kenal ya.. Mau tanya klo utk bapak H.Moh.Rawal dimana ya yg di Jkt?? Mohon infonya.. Trims

      Atau krm info nya ke nadya.nadine@ymail.com

      • Josh
        28 Oktober, 2009 pukul 3:04 pm

        Salam kenal semuanya..^^

        Selamat bt yg sudah lepas dari penyakit ini, sungguh penyakit yang sangat menyiksa jiwa & raga… >.<

        Mohon infonya untuk pengobatan ala Bpk H.Moh.Rawal di Bandung? thanks..
        boleh tlg kirim ke yosua.wibawa@hotmail.com

  19. josh
    19 Juni, 2009 pukul 4:55 pm

    Teman2, sebenernya aku malu dgn penyakit ini… aku tidak pernah menceritakan mslh ini k siapapun, tmsk tmn dekatku.
    Sudah lama aku ingin menjalani operasi, tapi aku takut & tidak tahu harus berobat kmana?!
    Setelah membaca sharing diatas, aku simpulkan aku mengalami wasir stadium III

    Mohon share tmn2, sebaiknya aku diobati dgn cara apa & d rmh sakit mana??

    Thanks

  20. 29 Juni, 2009 pukul 4:31 am

    Saya kena wasir dan br ne saya sadari ktk benjolan sudah mulai keluar dr dubur saya. Pnybabnya krn trlalu bnyk duduk dan kurang mknan berserat. Saya tinggal di semarang, pengobatan spt apa yg paling efektif mohon saran. Kirim ke email saya kreebow_kibo@yahoo.co.id

  21. no name
    10 Juli, 2009 pukul 8:47 am

    dear all…

    saya juga merasakan hal yang sama…terlebih rasa malu..sharing buat temen2 untuk segera mengakhiri penderitaan karena wasir

    akhirnya saya operasi laser di procto center indonesia, alamatnya casablanca 021 70622500
    alhmdulillah pembengkakan nya udah dipotong, tapi kalo pemeliharaaan tergantung kita..kalo bandel yaa sakit lagi…

    gud luck

  22. indrajit
    22 Juli, 2009 pukul 5:06 am

    buat operasi laser di procto center berapa biayanya ? Thanks

    • mimi
      26 Januari, 2013 pukul 12:35 pm

      hai no name,
      knal ya,, kira2 brpaan ya ?

  23. Kamal.zulfaqqahaza
    5 November, 2009 pukul 7:06 am

    Hii smua..tlng ya infox mengenai H.moh.rawal.

  24. Feri Gunadi
    4 Desember, 2009 pukul 12:32 am

    Saya tinggal di purwokerto, saya punya wasir mungkin kategori stadium 2. Dimana saya harus berobat atau operasi, maksud saya tempat di purwokerto yang tepat untuk menangani masalah saya ini.

    minta tolong balasannya di alamat : gunadi.feri@yahoo.com

  25. 21 Desember, 2009 pukul 2:14 am

    saya juga menderita wasir stadium 4 dan sudah dioperasi. Tapi 10 hari pasca operasi kok msh ada rasa nyeri ya? Juga belum bisa duduk normal. Kira2 brp lama saya bs sembuh total?

  26. 21 Desember, 2009 pukul 2:14 am

    saya juga menderita wasir stadium 4 dan sudah dioperasi. Tapi 10 hari pasca operasi kok msh ada rasa nyeri ya? Juga belum bisa duduk normal. Kira2 brp lama saya bs sembuh total?

  27. 20 Januari, 2010 pukul 6:45 pm

    Sy pndrita wsir stdium4,akhrny dioperasi bdah krn sdh ga bs nhn skt,biayny 4jt an kls3 rwt inap 5hr di RS,alhmdlh sdh mlwti skt pasca operasi,tp bt BAB msh perih sdh 5hr stlh operasi,mgk bks jhtn didlm blm krg,adakah cr mghlgkn rasa tsb?mhn pembrtahuany

  28. Friedrich
    31 Januari, 2010 pukul 11:24 am

    jangan dioperasi bagi yg belum dioperasi wasir.
    lebih baik diobati dengan obat-obatan lain, banyak sekali alternatif yg bs dipilih selain operasi.
    saya pengalaman dioperasi wasir pada tahun 2009 bulan Maret kemarin.
    efek samping nya masih terasa smp sekarang, karena ukuran anus saya setelah dioparasi jd mengecil, mengakibatkan kalo BAB malah sakit dan sulit untuk keluar tinja nya. sudah saya perksakan ke Dokter, karena bekas operasi wasir jd mlh begini, malah timbul penyakit-penyakit lain seperti sembelit & lain2.
    yg namanya wasir intinya asal pendarahan ga berlebihan aja sebenanrnya dah termasuk normal, karena sebenarnya wasir bukan penyakit, tapi hasil adaptasi anus terhadap “gaya&kebiasaan” BAB kita.
    berdasarkan yg saya alami operasi wasir malah mengakibatkan tingkat sensitifitas anus jd berkurang dan jd sulit mengeluarkan tinja saat BAB. malah timbul penyakit lain.
    sekian sharing saya.

    • dessy
      9 November, 2012 pukul 3:42 am

      bener banget sy rasain setelah operasi yg makan biaya sangat mahal keadaan wasir sy makin parah takut BAB krn terasa seperti terobek, berdarah perih dan sakitnya sangat luar biasa…. sdh putus asa tapi sy harsu melanjutkan hidup apa teknik yang teapt utk sembuh ya????

  29. dedin
    11 Februari, 2010 pukul 5:02 am

    http://www.jurnalbogor.com/?p=69403

    ada pengobatan baru buat ambeien dengan laser safute.. tanpa jahitan dan langsung pulang..
    saya udah seminggu yang lalu kesana alhamdulillah ga berdarah lagi dan nyeri juga ga terlalu..

    mungkin yang ga mempan lagi minum obat bisa coba, murah soalnya dibanding yang lain2..
    diatas link buat artikelnya di jurnal bogor..
    oke mudah2an bermanfaat ya..

    • bowo
      4 November, 2010 pukul 5:32 pm

      Mas gimana keadaan sekarang, saya juga udah obrol2 tadi sama dokter panji, tapi saya cari tau di internet tentang pasien yang sudah berobat, gk nampak comment nya,

      info dong mas keadaan mas gimana setelah berobat dengan dokter panji, terus berapa lama nyeri nya ilang :)

      thx yah

    • Anonymous
      5 Juni, 2012 pukul 1:19 pm

      mas minta alamatnya dong pengobatan wasir yg di bogor? minta tlng smsin ke no 02195589886. tolong informasinya. mkasih bnyk

  30. novan
    14 April, 2010 pukul 3:42 am

    dok, all,
    mohon informasi mana dpt menjalani operasi bedah stapler dan hemeroid stapler?
    kmudian brp kisaran biayanyua, apakah di lampung ada rs yg bisa? trmsksh

  31. novan
    14 April, 2010 pukul 3:46 am

    mhon info dmana bisa bedah stapler dan hemeroid stapler?

    kmudian brp kisaran biayanya.?
    APAKAH BISA DI LAMPUNG.?

  32. Egi
    14 April, 2010 pukul 4:54 pm

    2 hr yg lalu saya menjalani operasi wasir metode stapler. Tapi setiap abis BB merasakan perih yg luar biasa! Ada yg tau berapa lama perih setelah BB pasca operasi?

  33. Adam
    23 Mei, 2010 pukul 12:35 pm

    Bebagi sedikit info tentang biaya operasi dgn stapler

    1. Alat stapler 4 jt
    2. Biaya dokter 10 jt
    3. Obat obatan pendukung 2,2 jt
    4. Kamar Rawat inap tergantung kelas
    Paling cepat 3-4 hari sdh boleh keluar

    Biaya minimum utk operasi stapler, tanpa biaya kamar inap adalah 16,2 jt

  34. Pasien
    29 Mei, 2010 pukul 12:15 am

    Sekedar menambahkan informasi:

    Metode penyembuhan wasir tanpa operasi dengan teknik skleroterapi (search: “schlerotherapy hemorrhoid”) di Jakarta antara lain dilakukan oleh:

    Dokter Niko Manaf, RS Kartika Pulomas. Prosedur penyuntikan di wasir dan penguatan otot anus, perlu menginap satu malam, biaya sekitar Rp14-20 juta (harga April 2010).

    Dokter Tan Suhardi, RSPAD Gatot Subroto. Prosedur penyuntikan 2-3 kali dengan jeda satu minggu untuk setiap suntikan. Suntik di wasir dan penguatan otot anus. Biaya sekali suntik Rp1,5 juta + obat oral dan anal Rp900 ribu (harga April 2010). Kabarnya juga menerima kartu askes.

  35. ardi
    8 Juni, 2010 pukul 12:30 pm

    satu minggu yg lalu sy menjalani operasi wasir, tehnik konvensional, pasca oprs sprti cerita di atas. 3hr opname sekarang perawatan di rmh. Skrng hr ke 7 sy blm bisa aktifitas, msh nyeri, sdkt berdarah, susah duduk. Tolong kawan, obat apa yg bisa mengatasi itu,dimana sy bisa beli. sy di kebumen. thanks.

  36. xxdbxx
    22 Juni, 2010 pukul 12:40 pm

    saya baru saja googling dan menemukan alternatif yang cukup menarik untuk mengobati wasir. biayanya juga murah (1jtan)

    http://mitralab.blogdetik.com/2010/02/23/wasir-jangan-buru-buru-suntik-atau-operasi/comment-page-1/#comment-61

    mungkin ada rekan2 yang tertarik untuk mencobanya… jangan lupa setelah mencoba tolong berbagi pengalamannya di sini..

    trims sebelumnya

  37. vranita
    27 Agustus, 2010 pukul 5:14 am

    Saya mengalami wasir sudah lama tp mulai pendaharan 1thn yg lalu. Saya sedang mencoba obat oles namanya aloepropolis dan vitamin nya honey clover. Darah nya memang blm berhenti tp sudah mendingan. Cuma saya suka stress kalo udah liat darahnya.. Gmn ya ??

  38. deni
    4 Desember, 2010 pukul 9:36 pm

    jangan,,,,,, tobat,,,, jgn mau di operasi wasir konve. Perih lar biasa,bab aakit & dubur slalu lembab. Pokokya gak enak & nyaman deeeeh.

  39. hidayat
    22 Desember, 2010 pukul 12:13 pm

    Saya kena wasir stadium akhir (empat), saya juga stress mencari obat sama seperti orang2. Saya sudah coba ke dokter dan tabib tapi ga ada yang cocok. Alhamdulillah……. terima kasih kepada Allah SWT….. dari informasi teman saya dianjurkan ke dokter Gunawan di Surabaya. Hanya dalam waktu 2 hari wasir saya tidak sakit sama sekali…. dengan 1 suntikan saja, wasir saya langsung mengering. Seminggu lagi saya kontrol… terima kasih…. plong rasanya dari penderitaan selama 15 tahun ini. Tinggal tunggu rontok wasir saya

    • debho
      3 April, 2011 pukul 5:26 pm

      bisa minta no telp. untuk menghubungi dr.gunawan saya tinggal dijogja tapi belum tau t4 yang manjur hampir oprasi tgl 5 april besok tapi kok setelah baca artikel2 diatas jadi takut…

    • dee
      16 Juni, 2012 pukul 11:28 pm

      Tolong info alamat dr gunawan di sby. Terima kasih.

      • cipank
        7 November, 2012 pukul 11:51 pm

        tips buat yg berobat ke dr gunawan, ikuti bener saran dr untuk segera minum obat setelah tindakan.

    • Anonymous
      23 Januari, 2013 pukul 4:10 am

      Mohon info lengkapnya dr gunawan…terimakasih

  40. vdityv
    31 Desember, 2010 pukul 3:45 am

    sy sdh 23 thn bersahabat dgn wasir, jenis apa aja sy punya, mulai stadium 1,2,3 dan 4, internal ada yg bs masuk ada yg ga bisa masuk. yg external juga punya, benjolan kecil dan besar juga ada.. ntar mlm mo konsul sama dr bedah digestif.. tahun baru gini apa ada yg buka yah.. sakit nih.. gak tahaaaaan…

  41. TLee
    18 Januari, 2011 pukul 2:41 pm

    Nama saya lee, nie q mau cerita pengalaman pribadi saya tentang wasir. Saya udah kena wasir 7th. Ya pertama cuma gampang aja BAB keras trus pendarahan, udah saya kasih anusol dan minum ambeven seminggu sembuh. Tapi kambuh lagi klu BAB keras. Dan saya periksa ke RST. Kata dokter km harus operasi tapi saya takut. Klu operasi wasir denger2* katanya sakit sekali. Dan saya cuma minum obat aja dari dokter. Alhamdulilah 2minggu tdk pendarahan dan sembuh. Tapi pada desember 2010. Wasir saya kumat rasanya wauw perih,panas,pendarahan sampai seminggu sampai saya pucat dan lemas di tambah lagi BAB susah padahal udah tk kasih anusol+minum ambeven. Wah perasaan saya bingung sekali. trus kata om saya yg kerja di rsu kamu operasi aja biar gk pendarahan. Tapi saya mikir panjang iya ya klu saya kayak gini terus jadi susah terus tidak bisa beraktifitas dan saya mantabkan untuk pergi ke RST untuk operasi. O ternyata operasi wasir tidak sakit, tapi pas operasi lho setelah bius habis ya terasa cuma panas dikit, dan setelah operasi saya blm berani BAB sampai 1minggu. Katanya dokter km udah 3hari setelah operasi km boleh BAB. Tapi saya takut jadi 1minggu gk BAB. Wah jadi keras nie kotoranya susah keluarnya. Ini penderitaan saya paling sakit,tapi saya kasih microlax sampai habis 3 dalam 3hari. Alhamdulilah bisa keluar dan rasanya ploong. Trus setelah itu BAB saya lancar dan gk pendarahan ya cuma terasa nyeri dikit klu BAB. Katanya dokter klu udah 3minggu pasti berkurang sakitnya ya ternyata benar, tapi saya masih makan pepaya,minum 2liter tiap hari dan makan sayur biar BAB gk keras. Udah dulu cerita pengalaman dari saya.tapi saya juga tdk tahu operasi jenis apa ya cuma 5hari di rst trus boleh pulang. Terimakasih

  42. Sarjo
    5 Februari, 2011 pukul 5:36 pm

    Brp lm smbh

  43. Tiara
    30 Maret, 2011 pukul 1:35 am

    Ada yang punya pengalaman operasi konve di RSCM, kata dokter saya sebaiknya dioperasi, dulu karena takut diopersi saya berobat dg tabib Pakistan di Matraman sekarang udah raib kliniknya, yang katanya dalam 10 hari lepas, tidak ada efek samping…bohong…efek samping yang didapat malah lebih banyak, anus bengkak dan rapat tidak elastis lagi, malah jadi robek/lecet kalo buang air, sekarang malah jadi harus di operasi untuk mengembalikan elastisitas anus..malah jadi sakit berkali-kali…ada yang punya pengalaman operasi di RSCM Kencana, mohon infonya…setelah biusnya habis rasa sakitnya berapa lama paska operasi, trus pulihnya berapa lama? saran saya buat yang masih stadium 3 dan 4 wasir saja, datang ke dr. soetomo di kelapa gading, terapi suntik dan harga terjangkau, kalau sudah sembuh jaga pola hidup.

    • shagita
      23 Januari, 2013 pukul 4:31 am

      Betul sekali sy punya pengalaman berobat dengan pencopotan wasir dengan terapi herbal…ternyata masih ada tonjolan walaupun sudah agak mengecil…terapisnya bilang itu bibir anus…tp pasca pencopotan ( kulit yg dibikin kering hitam yg copot…entah itu wasir atau apalah…heheehe ) sampai 3 bulan sy masih kesakitan sama seperti dulu sebelum terapi..weleh….dan proses pencopotannya pun alamaaaak….weleh weleh…gak mau lagi deh….tersiksanya minta ampun..perih panas…dan sulit BAB karena spinter anus menyempit pengaruh herbal oles pencopotan….menurut terapisnya…dari awal terapi sampai copot..capee dweeh….ini sekedar berbagi pengalaman saja…agar dipertimbangkan jika tidak ingin di operasi…..tp ingin mengambil pengobatan cara herbal dengan pencopotan….heuheuheuuuuuu…..

  44. mariana
    12 April, 2011 pukul 1:38 am

    nama saya mariana,saya sdh mengalami wasir kurg lbh 2thn..tdnya biasa2saja..cm ada benjolan yg keluar dr anus..tp sdh tdk bs dimasukan lg ke dalam anus..dan br 2bln ini mengalami sakit di dubur ketika saya duduk di tempt yg keras2..dan saya tdk tw ngalami wasir stadium brp..karna wasir tersbt kecil..cm sakit aja kl duduk di tmpt yg keras..saya sempt ke Rs.mitra kemayoran dan diksh obat sama dokternya..berupa tablet ardium sama PK untk rendaman..tp hasilnya nihil..saya br niat operasi tp saya ragu2..karna kemungkinan sembuh hanya sedikit..mgkn ada teman2 yg bs kasih saran pengobatan apa yg musti saya ambil dengan harga yang terjangkau dan tentunya bs sembuh total…dengan adanya wasir ini saya sulit untk melakukan aktifitas saya dengan baik..saya berada di jakarta (sunter)..mohon bantuan kalian dan tolg di email ke mariana27_tingchin@yahoo.com..tq

  45. willi
    9 Mei, 2012 pukul 5:15 am

    mohon dijelaskan ada tidak asuransi yang mengganti biaya operasi wasir saya mau operasi soalnya dubur ada benjolan mengganggu, tolong diberitahu

  46. anto
    12 Mei, 2012 pukul 8:27 am

    Temen2, nama saya Anto, mungkin saya dapat memberikan informasi yang sangat berguna untuk di coba:
    1. Belilah obat INDIVA, tersedia di apotik2 terdekat anda. Untuk yang sudah stadium tinggi, minumlah 6 tablet sehari selama 4 hari berturut turut, dan di lanjutkan dengan 4 tablet selama 3 hari berturut turut, dilajutkan dengan 2 tablet setiap hari hingga sembuh.
    2. Selama penyembuhan, konsumsi makanan yang lebut, bubur dll.
    3. Konsumsi makanan berserat yang banyak, buah2an seperti pepaya setiap hari dan minum air yang banyak
    4. Minum chrorophyl atau sayuran yang banyak
    5. Hindari makanan pedas
    6. Hindari konsumsi alkohol yang berlebihan.

    Semoga bermanfaat.

  47. Anonymous
    28 Mei, 2012 pukul 1:50 am

    debho :
    bisa minta no telp. untuk menghubungi dr.gunawan saya tinggal dijogja tapi belum tau t4 yang manjur hampir oprasi tgl 5 april besok tapi kok setelah baca artikel2 diatas jadi takut…

  48. Sri Lestari
    28 Mei, 2012 pukul 3:11 am

    wasir jika belum parah masih bisa ditolong dengan obat herbal asal telaten. Kalau dioperasi, ya saat operasi sih nggak sakit bahkan ada tuh operasi yang hanya 15 menit langsung pulang. Tapi pasca operasi itu yang sakiiiiiiiitnya minta ampun saat bab…..sepertinya mau pingsan. Terus efek lain setelah operasi kemungkinan adalah penyempitan anus…….wah ini akan makan waktu sangat lama untuk sembuh sepertisemula. Kalau sudah terjadi penyempitan anus maka siap-siap untuk sakit dan susah BAB. Tapi jangan disamaratakan ya efek tersebut, sebab kecepatan, kesembuhan dan efek yang terjadi adakah kasuistis tergantung dari banyak faktor seperti stadium, besar kecilnya wasir, lokasi wasir, usia, pola makan dll. Ada yang satu minggu setelah operasi sudah bisa bolak-balik batam-surabaya, ada yang 2 bulan belum berani setir mobil. Namun sebaiknya konsultasi dokter itu paling baik tentang segala kemungkinan yang bisa terjadi dan kemungkinan solusinya.
    Jus herbal yang bisa menahan (setidaknya bukan menyembuhkan) wasir dan menyehatkan pencernaaanya : bukan dijus tetapi di ekstraktor hanya diambil airnya : bengkoang, wortel, tomat, bisa ditambah peer dan aloevera. Aloevera biasanya nggak enak, maka beli yang sudah serbuk +gula sehingga bisa sebagai pemanis. Minum setiap pagi. Anda tidak usah sarapan nasi sudah kenyang. Nanti jam 11 baru makan siang. Badan enak. wasir tidak mengganggu, sekaligus diet.

  49. mbok cah cah
    15 Juni, 2012 pukul 2:31 am

    Hello,
    Mau sharing + nanya2 nih. Saya kena wasir sekitar 10 thn, gak tau nih stadium berapa, Soalnya gak nyeri (jarang sekali), gak berdarah, hanya keluar dan tidak bisa dimasukkin lagi. Tidak mengganggu sih, hanya bentuknya jelek aja (merekah) sering malu jadinya sama suami dan jadi males ke dokter kandungan buat pemeriksaan papsmear dll.
    BAB juga lancar, cuma biasanya kalo setelah BAB jadi tambah merekah deh :(
    Selama ini belum pernah diobati, tapi akhir2 ini pengen juga dibenerin supaya bagus lagi. Tadinya mau operasi, tapi baca info and pengalaman temen2, kok serem banget ya. Jadi memutuskan untuk pengobatan alternatif aja. Pernah denger diolesi salep aja, nanti kering sendiri, tapi gak tau klinik yang mana, saya di Bandung. Takutnya salah masuk klinik malah masalah bertambah.
    Sharing ya, yang punya pengalaman pengobatan alternatif di Bandung. Tq.

  50. Anonymous
    6 Oktober, 2012 pukul 5:42 am

    ibuku baru operasi wasir satu minggu yg lalu, hingga skrg saat bab slalu pendarahan dan menangissampai lemas dan pucat, sudah sy bawa kedokter katanya gak papa dan hy diberi obat, dan sampai skrg tidak ada perubahan tlg bantu aku, aku tak tega melihat ibuku menderita, please……

  51. lyla
    31 Oktober, 2012 pukul 5:59 am

    sama seperti komen2 sebelumnya diatas..sakiit,,nyeri,,tp sekarang udah ada niat ke klinik dokter panji yg di bintaro,,wish me luck

    • cipank
      7 November, 2012 pukul 11:38 pm

      ditunggu sharing nya stlh tindakan

  52. 27 November, 2012 pukul 2:40 am

    saya mau tanya hampir 12 tahun saya menderita wasir tp saya ga tau sudah stadium berapa tidak terasa sakit tapi kalau lagi kambuh keluar banyak darah sega r dari dubur ,saya harus gimana ? terimakasih

  53. 20 Mei, 2013 pukul 3:26 am

    ya ampun, banyak ternyata yang menderita hemoroid,
    aku rencana minggu ini operasi hemoroid.
    dokter menyarankan stepler.
    aku sudah kena derajat II menurut dokter tapi kalo lihat di atas kataknya III.
    Tlee…cerita kamu oke, jadi motivasi nih.
    Mudah2ab sehat. amin.

  54. 22 Mei, 2013 pukul 3:09 am

    Cuma mau sharing penderitaan…Saya sdh mengalami wasir/ambeien selama 25 thn…mulai dr stadium1 saya biarin…lama-lama naik jd stadium 2…sy biarin juga…sampai sekarang sudah jd stadium 3…setiap abis BAB wasir ga bisa masuk…kalo mau masuk biasanya sy naik motor trus muter2 di komplek…hasilnya ga lama tuh wasir masuk…Saya pernah operasi dgn cara diikat (TDUHAL) tapi setahun kemudian muncul lg wasirnya..Yang paling repot kalo saya lg tugas kantor ke daerah…biasanya 3-5 hari…gimana ga repot…setiap mau BAB mikir2 dulu…kalo ada motor yg bisa di pinjem, baru deh BAB…hehehe…Sekarang saya lg mikir, gimana saya bisa pergi umroh/haji kalo nih penyakit masih ada…Terakhir, sekarang sy lg ngumpulin duit buat biaya operasi…kalo ada t4 yg murah tolong diinfokan…Udah itu aja sharing saya…Trm kasih

  55. bariah
    20 Juni, 2013 pukul 10:12 am

    mau sharing…
    buat sesama penderita wasir… semangat terus ya.
    hr ini, 20 juni 2013 ke hermina jatinegara buat berobat wasir ke dokter niko. Dia memang expert nya!! biaya dokter dan teropong wasir Rp. 500 ribu, stelah itu kalau mau di terapi suntik wasir sampai tuntas, harus menginap semalam. biayanya suntik+ menginap di kelas 2 Hermina Rp. 14,5 juta.
    demikian sekilas info.
    mungkin kalo di RS. Kartika pulomas lbh murah, Dr. Niko praktek juga di sana.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

