Beranda > Umum > Binahong

Binahong


 

anrcoria01n.jpg

binahong.jpg

anrcoria04n.jpg

Beberapa bulan yang lalu saat liburan, anak-anak saya titipkan ke Pondok Pesantren. Ndilalahnya, sehari sebelum berangkat ke pesantren, si Yahya kambung penyakit kulitnya. Di telapak kakinya mulai bermunculan lagi bintik-bintik. Akhirnya malam itu juga segera saya bawa ke dokter kulit dan sekalian saya minta resep untuk sekitar 2 mingguan.

Begitu sampai di pondok, hal saya pertama kali titipkan kepada pak kyai dan bu nyai adalah obat kulit untuk Yahya. Begitu pula ketika saya coba check kondisi anak-anak setelah beberapa hari, yang saya tanyakan adalah obat kulitnya Yahya.

Dua minggu kemudian, setelah anak-anak saya jemput kembali, yang pertama kali saya check juga kondisi penyakit kulitnya Yahya. Alhamdulillah sekarang kulitnya sudah bersih. Bayangan saya sembuhnya Yahya karena obatnya rajin dipakai, ternyata setelah dikonfirmasi ke bu nyai, malah obatnya gak pernah dipake. Selama dua minggu itu ternyata Yahya diminumkan ramuan daun binahong. Tertarik dengan ramuan tersebut, akhirnya saya minta istri untuk membawa bibit ponon binahong untuk ditanam di rumah.

Sesampainya di rumah, eh… gak tahunya disekitar rumah saya tanaman yang dimaksud dengan binahong juga banyak ditanam disekitar rumah2 penduduk. Berikut ini sekilas informasi tentang binahong itu.

Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika, namun sayangnya tanaman ini masih asing untuk daerah Indonesia.Tumbuhan merambat ini misterius karena belum banyak literatur maupun penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Namun, secara empiris, masyarakat memanfaatkannya untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakit.

Ada cerita, dalam perang Vietnam beberapa dekade lalu, tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong terlihat segar bugar meski sebelumnya terluka parah. Setelah ditelusuri, obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.

Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).

Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Kasiat Binahong

Kasiat Utama

1.Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
2.Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
3.Mencegah stroke, maag, asam urat.
4.Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
5.Wazir (ambeien)
6.Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
7.Diabetes dll.

Kasiat Tambahan
1.Sariawan berat.
2.Pusing-pusing.
3.Sakit perut.

Flexter4U Banner

Powered by Qumana

Kategori:Umum Tag:
  1. 5 Desember, 2007 pukul 4:50 am

    pak, mbok dipost poto bentuk wujud tanamannya dong :D

    saya kan nggak tahu ;-)

  2. prayudi
    5 Desember, 2007 pukul 5:40 pm

    ok bozzz, sdh ane tambahkan tuh picture si binahongnye…..!!!

  3. Fauzy
    12 Desember, 2007 pukul 4:25 am

    Mas Yusuf punya pohonnya ngga, saya mo mbibit kalo lagi ke Jogja

    • 23 Juni, 2009 pukul 3:11 am

      Mas Fauzi, klo tinggalnya di sekitar Ciledug, bisa ambil dirumah saya. Kebetulan saya punya pohon dan beberapa teman sudah saya kasi……… dalam pot.

      • dandy
        6 Agustus, 2009 pukul 8:14 am

        ciledug na sebelah mn, pak….

      • sukirno
        14 Oktober, 2010 pukul 8:09 am

        slmt siang pak, ronny, boleh saya minta pohonnya? alamat tepatnya nya dimana? tks (sukirno santoso,bintaro Jaya)

  4. prayudi
    12 Desember, 2007 pukul 1:40 pm

    pohonnya mudah kok dan kayaknya hampir ada disetiap kampung di negeri kita ini, kalau memang perlu nanti bisa ambil di rumah

  5. 29 Desember, 2007 pukul 4:04 am

    Ass… apa binahong juga bisa untuk mengobati inflamasi / radang…?

  6. Ign.Sukamto
    1 Januari, 2008 pukul 6:50 pm

    Tolong informasikan resep-resep pengobatan menggunakan Binahong.krn saya punta tombuhannya tapi tidak tahu memanfaatkannya. Terima kasih.

  7. Ale
    2 Januari, 2008 pukul 2:17 am

    KATEGORI PENYAKIT BERAT:
    -batuk/ muntah darat: 10 lembar daun/hari
    -paru-paru bolong : 10 lmbr/hari
    -kencing manis : 11 lbr/hari
    -sesak nafas : 7 lbr/hr
    -borok akut menahun : 12 lbr/hr
    – ptah tulang : 20 lbr / hr
    darah rendah : 8 lbr/hr
    -radang ginjal : 7 lbr /hari
    -gatal2/eksim kulit : 9 lbr/hr
    -gegar otak : 15 lbr/hr
    gejala liver : 10 lbr /hr
    >UNTUK KATEGORI PENYAKIT BERAT DIBUTUHKAN WAKTU PENYEMBUHAN 1-6 BULAN, DIBUTUHKAN KESABARAN. DAPAT DIREBUS DAN AIRNYA DIMINUM, ATAU LANGSUNG DIKUNYAH.

    KATEGORI PENYAKIT RINGAN :
    -disentri, ambeien, hidung mimisan, habis operasi, luka bakar, luka akibat kecelakaan, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, melancarkan haid, habis bersalin, menjaga stamina tubuh, penghangat badan, sakit maag, melancarkan peredaran darah, lemah syahwat.
    >UNTUK KATEGORI PENYAKIT RINGAN INI HANYA MEMERLUKAN WAKTU BEBERAPA HARI HINGGA MINGGU, RATA2 5 – 15 LBR/HARI

  8. 4 Januari, 2008 pukul 3:13 am

    maz mbok ya diperbanyak fotonya! biar tambah lengkap gitzu

  9. zulfa
    21 Januari, 2008 pukul 2:42 am

    Ass.
    saya zulfa saya tertarik dengan tanaman binahong dan saya ingin mencari tahu apa saja kandungan yang ada di tanaman binahong. apakah Anda tahu kandungannya. Terima kasih
    Wass.

  10. Popay
    18 Februari, 2008 pukul 1:55 pm

    Ass,
    Pak Yudi gambarnya kurang jelas. Tapi saya punya tanaman seperti yang digambar nomor 3. Bentuk daunnnya model hati (love) Trus kayak ada airnya (kalo dipencet-pencet jadi kempes) betul begitu??
    Untuk Pak Ale mohon info yang lebih jelas mengenai airnya. Berapa gelas menjadi berapa gelas gitu.
    Tks infonya.
    Wass.

  11. rinie
    20 Februari, 2008 pukul 10:42 am

    biasanya binahong terdapat dmana Yaaa

  12. 23 Februari, 2008 pukul 10:35 am

    trims. Di wilayah saya tumbuhan binahong disebut bia hong, ada yang menyebut bilahong. Dulu aku mencari pohon ini, bahkan sampai aku foto dan tampilkan di website saya : http://www.infometafisika.com

    kandungan ilmiahnya yang perlu dicari sehingga kita memberikan refrensi ini bukan karena autosugesti saja. Tolong kita saling tukar info. Sekarang aku sudah banyak punya tanaman itu, tapi khasiatnya masih (katanya) untuk ini, untuk itu . . .

  13. 5 Maret, 2008 pukul 1:57 am

    nah LHo.. smwa bilang daun binahong berkhasiat.. tapi q cari2 dimana2 masalah kandungannya kenapa bisa ampe be’khasiat, ga ada..

    penting bgt Lho, qta tau ampe isi2nya (kandungannya & kenapa bz nyembuhin ini itu)…

    slaen itu, byaR referensiq u/ tutorial lengkap,,, hehe.

  14. 11 Maret, 2008 pukul 9:53 am

    alhamdulillah sore ini sy dapat sms dari istri tercinta ktnya dah dapat tumbuhan obat binahong walau baru dua pohon

  15. 11 Maret, 2008 pukul 10:11 am

    sy tertarik tanaman obat binahong ketika dikenalkan guru sy yth dua hali lalu ketika sy batuk tidak berlendir tapi gatal di tenggorokan 4 lb daun sudah kucoba, smoga Allah memberi petunjuk kepada kt smua . *Bismillahirrohmanirrohim Allahumma inna nas’aluka ilman naafi’a Warizqon waasi’a wasyifa’an minkulli daain wasaqom birohmatika Ya Arhamarrohimin*

  16. Anonymous
    24 Maret, 2008 pukul 6:31 am

    ass..
    sy trtrik dgn daun binahong.sy pny mslh pd jerawat,,n d srankn sm tmn sy yg d boyolali dsrh pke daun bilahong.krn ktany brkhsiat.tp sy tny sm org2 d sktr sy,mrka bnyk yg tdk tw.ap daun bilahong d pekalongan jg ad?

  17. mm
    26 Maret, 2008 pukul 10:45 am

    Ada efek samping dari obat binahong ini gak? apa efek sampingnya?

  18. Babeho
    28 Maret, 2008 pukul 11:44 pm

    Kang yusuf kt nya binahong jg dpt meningkatkan stamina untk pria,bener ndk?Ramuanya gmn?

  19. ame'
    24 April, 2008 pukul 2:14 am

    aku punya teman di klego – pekalongan yang punya binahong, dan sering dimintai (gratis) daunnya untuk yg baru operasi.
    di pekalongan ”binahong” udah banyak yang punya.

  20. Kurnia Sari
    6 Mei, 2008 pukul 1:10 am

    saya bisa dapatkan dimana pohon binahong ? Ibu saya penderita kencing manis

  21. 13 Mei, 2008 pukul 4:39 am

    Silakan baca-baca di website saya… tentang binahong.

  22. 25 Juni, 2008 pukul 9:22 am

    Dear Sirs,

    I am very interested in Binahong. As I live in Hong Kong. I want to know if is is effective to cure or make high blood pressuere normal, whaat about sakit jantung. Pleasd kindly tell me the Chinese name(write down the Chinese character (huruf bahasa Cina) so that I can check it in Hong Kong.

    Thanks and regards,

    Ko Yu Shing

  23. 9 Juli, 2008 pukul 6:23 am

    binahong dibuat semacam ramuan siap konsumsi dong agar konsumen tinggal pesan

  24. 22 Juli, 2008 pukul 8:31 am

    pak yudi, terima kasih atas infonya ya…

  25. Anonymous
    22 Juli, 2008 pukul 4:09 pm

    untuk skit maag / perut kembung & sendawa bagaimana penggunaan binahong

  26. sari3
    6 Agustus, 2008 pukul 4:15 pm

    Ass..
    Pak,sya mohn bntuannya u/ info2 mengenai binahong.
    krn agk ssh mncri infrmsi ttg binahong t’utma mengenai kandungannya.
    trm ksh..

  27. prayudi
    6 Agustus, 2008 pukul 11:08 pm

    untuk mbak sari, soal kandungan binahong perlu konsultasi/tanya lebih lanjut ke ahli farmasi yang memang bidangnya menggeluti kandungan zat2. jadi saya pribadi tidak tahu persis soal kandungan binahong.

  28. tedi
    1 September, 2008 pukul 3:49 am

    Pk tlng dong alamat terdekat tuk tahu betul soal Binahon tsbt,krn kita produk tanah air kita sendiri.MERDEKA

  29. ery
    9 September, 2008 pukul 3:28 am

    BAGAIMANA KALAU TANAMAN BINAHONG DIBERIKAN UNTUK HEWAN. APA JUGA ADA BAIKNYA

  30. 15 September, 2008 pukul 8:07 am

    Nama Latin Binahong : Adredera corieolia ( tennore ) Steenis
    Nama Tiongkok : Deng Sanchi/Du Sanchi/Tien Chi Hung
    Kasiat Utama Menyembuhkan : Baru operasi,Thipes,Radang Usus,Maag,Ambeien,Desentri,Kesegaran Jasmani,Mencegah Stroke,Asam Urat,Sakit Pinggang,Reumatik,Memar,Pegal linu,nyeri Otot,Pembengkakan Jantung,Pembengkakan Lever,Kencing manis,Radang Usus,Kerusakan Ginjal,Panas dingin,Sakit gigi,Darah Tinggi,Sakit Tenggorokan,Asma,Menurunkan coresterol dan Paru-paru
    ini saya dapatkan referensi dari teman saya yang menjual tananam tsb
    dan kebetulan saya banyak tananam tsb tinggal pesan No Telp.021-70330055 atau 021-4202500 Jakarta – Pusat

  31. Hadiat Iskandar
    13 Oktober, 2008 pukul 10:22 pm

    Saya dapat inforamsi dari salah satu toko obat cina di Bandung bahwa binahong hanya efektif untuk pengobatan luka, misalnya luka setelah opersi, atau karena tembakan. Bagaimana dengan pendapat yang demikian ini?

  32. Nehry BD
    17 Oktober, 2008 pukul 8:54 pm

    saya berada di Sumatera utara, mohon informasi untuk mendapatkan bibit binahongnya

  33. ari
    21 Oktober, 2008 pukul 6:58 pm

    assalam. pak untuk masalah pencernaan apanya dari binahong yang dikonsumsi

  34. hasirwan
    23 Oktober, 2008 pukul 1:28 am

    ass. pak yusuf… saya domisili di jgj dan berminat sekali ingin tau lebih lanjut dan menanam bilahong/binahong ini… kira2 caranya gimana? Makasih mas yusuf….

  35. adnan
    29 Oktober, 2008 pukul 12:00 pm

    Alhamdulillah saya juga punya tanaman binahong dan bermaksud meraciknya dalam bentuk kapsul.
    Yang saya pikirkan adalah apa langsung dikeringkan dan diblender atau diekstrak dulu supaya
    lebih okey isinya.

  36. wita
    25 November, 2008 pukul 7:39 am

    Saya punya pohon binahong. Setelah mengkonsumsi 5 helai daun selama 3-4 hari,sakit gigi saya hilang. Selama 1 bulan ini saya makan 5 helai tiap 2 hari dan memang rasa sakit wasir jadi jauh berkurang. Tetangga yg pd minta binahong dr kel kami mengaku sembuh dari: sakit perut akut (sepertinya maag yg sdh mengeluarkan darah), pendarahan setelah operasi caesar, keluar darah dr dubur, sakit gigi, dan luka teriris.

    • imania
      5 Mei, 2010 pukul 2:05 am

      mba wita,,,

      caranya gmna? dikonsumsi gitu aja ato direbus dulu utk pengobatan sakit gigi dan pendarahan di anus?

      thx..

  37. 15 Desember, 2008 pukul 4:39 am

    saya punya banyak binahong,siapa saja boleh ambil hub.081904136383,terbuktidari tetangga yang mengkonsumsinya, menyembuhkan gondongen,luka baru,maag,pusing2,gangguan tekanan darah,sakit kulit,asam urat,rematik.

  38. 18 Desember, 2008 pukul 4:52 am

    Eh, kalo mau nyari binahong dimana ya ? katanya bisa dijadiin dodol atau kripik gitu, kaya berita di koran radar bandung
    kasih tahu saya aja di agusgunawan.wordpress.com yah

  39. pracozo
    27 Desember, 2008 pukul 2:14 pm

    Anak sy pernah kena enzim/sumedan(betawi) ato sumeten(jawa) kaya cacar dan muncul terus di badan, temen kebetulan punya tanaman bilahong dan disarankan pake daun tersebut dgn dioleskan ke bagian yg sakit! Hasilnya pagi harinya dah kering, 3 hari dah sembuh dan tidak ada bekasnya, cuma mengolesnya jangan pd kulit yg tdk sakit krn akan kering spt mo ganti kulit tp akan hilang dgn sendirinya ato krn anak-anak jd kulitnya masih sensitif.

  40. Anonymous
    3 Januari, 2009 pukul 2:35 am

    semoga apa yang pak yudi tulis menjadi amal sholeh.amin

  41. 10 Januari, 2009 pukul 1:46 am

    BUat pak Firman dkk, bibit sudah saya kirim kemarin, jangan lupa kasih kbr kalau dah diterima, smg bermanfaat

  42. kiko
    10 Januari, 2009 pukul 8:26 am

    pengalamanku dg bunahong, kalo makan daunnya langsung maka syahwat langsung tinggi selama 3 hari. ngeri yaa…?

  43. dillah
    16 Januari, 2009 pukul 4:38 am

    Assalamuaalaykum
    apakah binahong juga punya khasiat larvasida buat aedes aegypti???terima kasih sebelumnya…Wass

  44. wawan
    27 Januari, 2009 pukul 8:25 am

    kalau Penyakit neoprotic syndrome bisa di sembuhkan dgn binahong gak?

  45. de5i
    30 Januari, 2009 pukul 4:36 am

    BAMBANG BERKATA.

    Trigliserida saya cukup tinggi mencapai 540. Setelah mengkonsumsi daun binahong tiga lembar setiap kali minum 2 X sehari menurun drastis dan kini hasil leb dibawah normal yakni 142. Puji Tuhan…

  46. dadi ahmad
    5 Februari, 2009 pukul 4:22 am

    dirumah saya lumayan banyak, tapi konsumsinya hanya untuk keluarga dan tetangga yang minta (gratis). Tapi kenapa yah pak Yudi tanaman yang di mertua saya daunnya lebih kecil dibanding dirumah saya?

  47. dadi ahmad
    5 Februari, 2009 pukul 4:28 am

    Pak Yudi tolong check apakah obat/jamu KLORPIL PRODUK dari K-Link itu adalah racikan dari daun binahong, soalnya saya rasakan daun binahong juga ttdk ada rasa dan peresan airnya hijau seperti KLORPIL PRODUK yang mahal. Makasih

  48. Anonymous
    20 Februari, 2009 pukul 6:47 am

    asslm

    apakah saudara bisa menampilkan bentuk atau foto itu secara keseluruhan?
    steiap saya mau mengkopi foto nya
    tidak bisa2
    bikin jengkel saja

    • Anonymous
      15 November, 2011 pukul 2:07 am

      dasar bodoh !!
      begitu saja tidak bisa !!!

  49. 22 Februari, 2009 pukul 11:59 pm

    Mas bagaimana kalau saya ingin berkebon Binahong, darimana dapat bibit atau pohonnya. saya di Jakarta barat, Puri Kembangan. Jl Kembang Abadi 7 blok A3 no 15 kode pos 11610

  50. widodo bbrvbd
    6 Maret, 2009 pukul 2:14 am

    mari kita tanam binahong manfaat dan kahasiatnya sudah tidak diragukan lagi untuk obat luar maupun dalam, ada yang mau tinggal datang minta di rumah saya banyaaaaaaaak.

    • baen
      18 Juli, 2009 pukul 2:40 am

      Om dimanasi alamatnya minta no tlp nya dong,,,trimakasi ya Om

    • 28 September, 2010 pukul 2:40 am

      mauu dong kalau di kasih.. tapi rumah saya di bogor.. hehehe, berharaaaap bangeet, utk di manfaatkan& di budidayakan. trmksih.

  51. bibo
    21 Maret, 2009 pukul 1:08 am

    binahong jenis apa yang bisa buat nyembuhin luka? aku butuh segera lo….

  52. bibo
    21 Maret, 2009 pukul 1:10 am

    binahong jenis apa yang bisa buat nyembuhin luka? aku butuh segera lo…. n kandungan apa aja yang ada sampe’ bisa nyembuhin luka?

  53. 23 Maret, 2009 pukul 2:26 pm

    informasi seputar binahong kayaknya memang masih minim, saya sendiri tahunya hanya dari mulut ke mulut saja. Namun demikian memang ada benarnya khasiat binahong ini, kalau pengalaman saya pribadi sih binahong sangat cocok untuk saya dan keluarga saya dalam mengatasi masalah penyakit kulit (eksim, gatal2).

  54. budiyono
    27 Maret, 2009 pukul 12:32 am

    trims, ya pak Budi, binahongnya udh samoe di alamt saya di Jkt, Tks

  55. Firman jak-seL
    27 Maret, 2009 pukul 12:52 am

    ass wrwb. Saya tinngal di Jkt, ada tanam binahong,di pot, klo ada yang memerlukan, hub saya,08129050508,firman, gratis tanamannya.tks,
    wass.

  56. sasti
    30 Maret, 2009 pukul 8:20 am

    manfaat bagian tanaman lainnya? (selain daun)

  57. 8 April, 2009 pukul 6:28 am

    Menarik sekali informasinya…silakan mampir ke blog saya untuk informasi lebih lengkap tentang herbal binahong.

  58. Ririe
    21 April, 2009 pukul 9:01 am

    Thanks to informasi binahongnya,saya baru mencoba tanam dihalaman belakang yg posisinya rada lembab,dingin.hanya saya dapat info juga,tanaman ini lebih bagus kalau medianya tanah kompos & dibuat jaring2 dr kawat agar tumbuhnya terarah & maksimal hasilnya.disiram cukup 1x sehari pd waktu pagi hari. semoga bermanfaat.

    Regards,
    Ririe Bandoenk

  59. 3 Mei, 2009 pukul 7:05 am

    saya punya benahong hijau dan merah adakah perbedaan kegunaannya mohon dibalas

  60. 3 Mei, 2009 pukul 7:31 am

    saya punya binahong hijau dan merah bangkok dimana daunnya lebih lebar, batangnya besar, apa ada perbedaan kegunaannya ? karena binahong hijau itu pembibitannya pakai biji pertumbuhannya lebih lambat sedangkan binahong merah itu melalui stek pertumbuhannya lebih cepat dan sama2 senang media tanah yang lembab

  61. dyah ayu
    13 Mei, 2009 pukul 12:03 pm

    ass..saya kebetulan mahasiswa farmasi yang sedang meneliti binahong untuk skripsi saya..kandungan daun binahong (Anredera cordifolia (Ten)steenis) diantaranya senyawa fenolik, meliputi polifenol dan flavonoid..semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat..suwun

    • Anonymous
      31 Mei, 2009 pukul 1:41 pm

      mba dyah kuliah dimana??
      aq smstr 6 farmasi ingin meneliti binahong
      bs ksh masukkan ga???

    • raka
      19 Februari, 2010 pukul 5:22 am

      mbak bisa minta tolong ada ga jurnal yang nyebutin kandungan daun binahong… sya bisa minta via email ga?? saya juga lagi penelitian binahong makasi..

  62. SANTOSA
    26 Mei, 2009 pukul 10:29 pm

    SAYA ADA BIBIT BINAHONG, POSISI DI YOGYA,KALAU ADA YANG PERLU SILAKAN, TIDAK PASANG TARIF, HANYA SUKARELA ONGKOS PEMBIBITAN & SIRAM.
    DAPAT KONTAK EMAIL : BRIAN.SANTOSA@YAHOO.COM

  63. Adi
    29 Mei, 2009 pukul 11:44 am

    Mbak dyah ayu tolong dijelaskan manfaat senyawa fenolik,polifenol dan flavonoid untuk tubuh kita.Saya punya binahong,yang butuh boleh ambil gratis.Rumahku Gresik Jatim.Thanks untuk semua

  64. 9 Juni, 2009 pukul 3:04 pm

    mas klo bwat penyakit varikokel bsa ga ya?

  65. syaikhu akramuddin
    2 Juli, 2009 pukul 7:45 am

    utk yg tgl d Kalimantan bisa beli d saya dlm bentuk kapsul call 085296587283 Rp 40.000,-

  66. baen
    18 Juli, 2009 pukul 2:20 am

    Om tinggal daerah mana sih, da ga bibit BINAHONG n gimana caranya saya bisa dapat bibit itu, sekalian minta no tlp yg bisa d hubungi,,, trimakasi ya Om ….

    • adi
      31 Agustus, 2009 pukul 2:32 am

      buat adik Baen yang mau bibit binahong ini no HPku 0818376938

  67. 22 Juli, 2009 pukul 10:00 am

    saya pernah mengalami sendiri mujarabnya daun binahong.

    saat itu salah satu ujung jari saya tergencet pintu besi hingga kukunya lepas. lukanya sampai lama belum kering.

    kemudian ada famili yg membawakan daun binahong. 5 lembar daun tsb direbus, kemudian airnya diminum. sehari minum 3 kali. dalam tiga hari saja luka langsung kering dan kemudian berangsur2 kuku saya tumbuh lagi.

    utk berjaga2 kalau suatu ketika ada yg butuh lagi, saya tanam bbrp lembar daun binahong di halaman. dengan air yg cukup, daun tsb cepat tumbuh menjadi tanaman binahong yg lebat, tanpa perlu perawatan.

    tanaman ini tumbuh menjalar ke atas. batang serta daunnya sama sekali tidak mau menyentuh tanah. apabila dalam pertumbuhannya kemudian batang yg baru ada yg menyentuh tanah, batang tsb akan berbalik arah dan merambat ke atas lagi.

  68. Arya Saputra
    3 Agustus, 2009 pukul 1:03 pm

    Bisa minta tolong informasi penggunaan umbi binahong untuk pengobatan kencing manis (diabetes) seberapa banyak ya?

  69. ryry
    4 September, 2009 pukul 1:30 pm

    bisa ga kirimin foto binahong nya……..masalahnya ga tau bentuknya gimana……apa didaerah makassar ada

  70. Tutus
    5 September, 2009 pukul 1:30 pm

    Tanaman binahong baunya sangat langu (Jawa : sangat tidak enak) bikin orang males minumnya.

  71. christine
    9 September, 2009 pukul 8:49 am

    apakah daun binahong kalau diblender dan diminum tiap hari tidak akan ada efek sampingannya pak ?? makasih

  72. shanti
    27 September, 2009 pukul 2:25 am

    kalo untuk anak-anak boleh? berapa usia yang boleh? dosis berapa? thanks

  73. ronny
    22 Oktober, 2009 pukul 12:03 pm

    ada yg tau gak cara penggunaan nya utk tekanan darah tinggi? ada yg bilang ampas daunnya jgn di konsumsi, tp ada juga yg bilang sebaliknya.. apakah betul demikian? mohon pencerahannya, terima kasih.

  74. Dede Hilaludin
    10 November, 2009 pukul 8:05 am

    Kami membudidayakan Binahong. Lokasi : Limo Depok.
    Kontak personal : Dede
    Telp. : (021)99489580

    Salam,
    Enha Farm

  75. 28 Desember, 2009 pukul 2:16 pm

    Makasih tas infonya sobat.. saya juga dah mulai nanam nih

  76. Tika
    7 April, 2010 pukul 3:16 pm

    Anak saya sakit alergi sehingga rambutnya rontok sampai habis dan sudah berlangsung 3 tahun . apa binahong bisa menolong ya . ada yang bisa membantu saya? terimakasih`

  77. bang orie
    21 Juli, 2010 pukul 5:43 am

    wah ternyata bnyaak manfaat nya,,kalo ada yg butuh sila call ke 085664625860

  78. 28 September, 2010 pukul 2:36 am

    apakah binahong dpt menyembuhkan penyakit keputihan yang sudah parah… & apakh dapat menyembuhkan org yg sering mengalami keguguran berulang2 pada saat kehamilan, mohon pnjelasan resep yg manjur untuk mngobati penyakit2 tsbut dan sebaiknya binahong di konsumsi dlm jangka wktu brapa lama ke tahap penyembuhan total, apakah ada efek samping dari binahong , mhon penjesan nya, smoga brmanfaat, trmksih.

  79. 19 April, 2011 pukul 12:59 am

    Sebenarnya nama latin bia hong itu yang mana?
    Basella rubra Linn atau Adredera corieolia ( tennore ) Steenis, sih?

  80. 9 Mei, 2011 pukul 3:31 pm

    CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC }

    Jl.Ciledug Raya Gg. H. Botet Rt. 04/05 Pisangan, kreo, Ciledug, Tangerang.
    Telp. 021.3638 2223 / 021.933 40 413
    +/- Sekitar 40 m di belakang POM Bensin kreo Batas / Gapura selamat datang di kota Tangerang.

    Melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. OBAT-OBAT HERBAL
    16. CEK GULA DARAH.
    17. CEK ASAM URAT
    18. CEK CHOLESTEROL

    Dengan perpaduan & kombinasi berbagai macam tehnik Terapi yang kami padukan, Alhamdulillah selama ini telah banyak pasien-pasien CHC yang telah berhasil sehat kembali. Silahkan anda buktikan, karena tarif terapi kami HANYA @ Rp. 65.000; an ajaaaaa.***

    http://www.multiterapi.blogspot.com

    PERHATIAN…..!!!
    *** Tarif terapi di iklan ini tidak mengikat, Dalam arti ; Mungkin di klinik kami sudah terjadi penyesuaian. Untuk lebih Pastinya, silahkan hub telp klinik kami atau http://www.multiterapi.blogspot.com
    Untuk anda yang menginginkan Terapis kami datang ke rumah anda, Tarif Rp.100.000; per terapi, minimal 2 macam terapi. Panggilan ini untuk sementara hanya melayani wilayah ciledug, kebayoran, ciputat dan sekitarnya.

  81. Yanto
    26 Mei, 2011 pukul 3:55 am

    Dear Sir,,

    Tolong beritahu nama bahasa cina (Chinese character, chinese name) of binahong karena saya akan beli obat ini atau beli daun binahong di toko obat cina.

    Thanks
    Yanto

  82. Yanto
    26 Mei, 2011 pukul 3:59 am

    Dear Sir,

    What is the Chinese name of binahong ? This is because I want to buy binahong leaves or capsuil in Chinese medicine shop.

    Thanks
    Yanto

  83. 13 Agustus, 2011 pukul 2:25 am

    sekitar bogor, kalau ada yang membutuhkan ‘bibit’ binahong dan sirih merah gratis hubungi Duduck 081553258296…jln.wangun 385 E (dealer HONDA) ciawi-tajur Bogor

  84. Rendy
    9 Januari, 2012 pukul 7:50 am
  85. yuli
    22 Februari, 2012 pukul 1:34 pm

    trima kasih infonya. ini buat ibu saya sakit radang usus.

  86. Laurent.
    28 Februari, 2012 pukul 5:13 am

    Sy mempunyai penyakit dibilang sdh akut yaitu: Hemoroid/wasir/ambein…..sdh pendarahan….dlm wkt beberapa hari ini sy komsumsi daun mujarab/binahong hasilnya menakjubkan…sy panjatkan puja dan puji kehadirat TUHAN YANG ESA, harapan sy dapat sembuh dng total tanpa operasi medis, kiranya kami disini mengharapkan secara klinis kandungan apa yg terdapat didalam tanaman binahong? trmksh.

  87. Anonymous
    1 September, 2013 pukul 10:06 am

    binahong bisa mngobati rambut rontok gga ?
    coz masih ragu trus carany gmana ?
    tolong solusinya ,,

  1. 23 November, 2008 pukul 5:22 am

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

