Beranda > Umum > 7 Keajaiban Dunia

7 Keajaiban Dunia


1. Tembok Besar di Cina

800px-GreatWallNearBeijingWinter

2. Taj Mahal di India

605px-TajMahalbyAmalMongia

3. Puing-puing Taman Petra di Yordania

450px-Khazneh

4. Kolaseum Roma di Italia

800px-Colosseum in Rome, Italy - April 2007

5. Patung Yesus di Brazilia

Brasil.RioDeJaneiro

6. Machu Pichu di Peru

450px-Peru Machu Picchu Sunset

7. Kota Tua Maya di Meksiko

800px-El Castillo, Chichén Itzá

Dimanakah Borobudur….? Rupanya pemilihan situs 7 keajaiban dunia versi terbaru (baru diumumkan tanggal 7 juli 2007— menambah mitos 07/07/07..he..he..he..) adalah hasil karya peradaban baru manusia yang dikenal oleh dunia barat. Dalam sejarahnya pemilihan 7 keajaiban dunia dilihat pula masa pembuatannya. Maka dalam hal ini dikenal enam set Keajaiban Dunia, yaitu :

1. Keajaiban Dunia Kuno
2. Keajaiban Dunia Pertengahan
3. Keajaiban Dunia Alami
4. Keajaiban Dunia Bawah Air
5. Keajaiban Dunia Modern
6. Keajaiban Dunia Baru

Sebagian besar daftar keajaiban dunia adalah berdasar peradaban barat, atau paling tidak yang dikenal oleh sejarahwan barat. Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia kuno yang daftarnya disusulkan, karena yang didaftar awal sebagai keajaiban dunia kuno adalah :

  1. Colossus of Rhodes — patung Helios yang sangat besar, dibuat sekitar tahun 292–280 SM oleh Chures, sekarang Yunani.
  2. Taman Gantung Babilonia — dibuat oleh Nebukadnezar II, sekitar abad ke-8 SM–abad ke-6 SM, sekarang Irak.
  3. Mausoleum of Halicarnassus — makam Mausolus, satrap Persia, Caria, dibuat pada tahun 353–351 SM, di kota Halicarnassus, sekarang Bodrum, Turki.
  4. Pharos di Alexandria — mercusuar dibangun sekitar tahun 270 SM di pulau Pharos dekat Alexandria pada masa pemerintahan Ptolemeus II oleh arsitek Yunani Sostratus, sekarang Mesir.
  5. Piramida Giza — dipakai sebagai makam untuk firaun Mesir Khufu, Khafre, dan Menkaure, sekarang Mesir. Dibangun pada dinasti ke-4 Mesir (sekitar 2575– sekitar 2465 SM)
  6. Patung Zeus — berada di Olympia, dipahat oleh pemahat Yunani Fidias, kira-kira 457 SM sekarang Yunani.
  7. Kuil Artemis — 550 SM, di Efesus, sekarang Turki. 

Flexter4U Banner

About these ads
Kategori:Umum Tag:
  1. Tia
    9 Juli, 2007 pukul 2:37 am | #1

    poto2nya bagus2 banget pak…..btw, sekarang kok jarang ol di YM?

    • Anonymous
      9 Januari, 2011 pukul 1:00 pm | #2

      biar lah dihati kamu aja

  2. 9 Juli, 2007 pukul 8:04 am | #3

    permisi pak

  3. 18 Juli, 2007 pukul 2:20 am | #4

    i’m not in favor for this new list. silakan liat priyadi.net utk kajian lebih lanjut.

    memang cynical tapi saya melihat ini tak lebih dari sekedar kepentingan bisnis semata. oh, well…. namanya manusia… kalo memang ada maunya yah? hehehe!

    pls deh…masa voting 7 wonders of the world pake premium call / high-priced SMS? memangnya Indonesian Idol? hiksss…

  4. ienx
    26 Juli, 2007 pukul 12:19 pm | #5

    ada cerita tentang Kota Tua Maya di Meksiko gak pak? sepertinya menarik tuw..kota tua..masih ad penghuninya gak ya?!..

  5. best boy
    10 September, 2007 pukul 10:52 am | #6

    oh bisa ga beserta dengan informasi keajaiban dunia terbaru nya

  6. abel
    7 Oktober, 2007 pukul 3:50 am | #7

    cooL abiez……

  7. era
    4 November, 2007 pukul 4:45 am | #8

    borobudur tidak masuk karena orang-orang indonesia tidak mau menjaga can bersejarah itu sehingga banyak dari stupa-stupa disana yang dicuri oleh pihak asing (tak bertanggung jawab). bisa jadi terjadi kolusi antara pihak asing dengan masyarakat disekitar daerah tersebut untuk melakukan pencurian. imbalan yang besar membuat orang indonesia merasa “wah” sehingga mereka tidak segan membantu orang asing melancarkan aksinya tersebut. masya’allah

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:34 pm | #9

      b.e.t.u.l
      makanya g masuk 7 keajaiban dunia lg

    • Rokhim Pandada
      1 Agustus, 2010 pukul 2:26 pm | #11

      Bener banget tu!…..

    • dediagus
      11 Mei, 2011 pukul 12:11 pm | #12

      aqu setujuh bangat , dengan pendapatmu ~!!!!! mungkin jika masyarakat indonesia mau menyjaga kebudiyaan kita mungkinindonesia akan menjadi negara yg hebat . . . . ? betul ngga tu,. . . . .

  8. hanafia
    23 November, 2007 pukul 11:57 am | #13

    sesuatu yang dikatakan keajaiban datang dari manusia itu sendiri dan
    kadang-kadang dari alam ciptaan tuhan yang maha berkuasa. hasil inovasi dan kreativiti manusia telah membuatkan sesuatu luar biasa sehingga hari ini menjadi kebanggaan seluruh dunia begitu juga ciptaan tuhan, ini membuktikan bahawa jiga kita ada usaha kuat untuk memcapai dari segi mental dan fizikal, ia pasti berjaya dan dalam al-qurhan memjelaskan “marilah kita menuju kejayaan” ia bermaksud menyeru semua manusia di dunia ini memcapai kejayaan, tampa disedari sungguh menadjukkan jadi renyun-renyun kanlah dan fikir baik-baik.

  9. 26 November, 2007 pukul 2:59 am | #14

    8-) Keajaiban DUnia…

    Mungkin kita alih bahasakan saja jadi “7 Keindahan karya Manusia”. Heheeheee :-))

    Itu baru mahkluq yang buat, apalagi Kholiq (Alloh ‘Azza wa Jalla). Subhaanalloh wal Hamdulillah wa Laa Ilaahaillalloh Walloohu Akbar….

    Jika semua Ahli Fisika, Kimia, Technology, Bio-Tekhnology, dan Keilmuan2 lain.. Bisakah membuat sehelai Daun ???

    “Lillaahi maa fissamaawaati wa maa filardh”
    Milik Allohlan Segala sesuatu yang ad di Langit & di Bumi
    (al-Qur’an)endiri

  10. 30 November, 2007 pukul 3:38 am | #15

    suatu hal yang sangat luar biasa jika Indonesia masuk dalam hal peniggalan keajaiban dunia,and ini menjadi tantangan buat kita untuk terus menjaga peninggalan tersebut…Allahhuakbar…………….

  11. Pavel
    6 Desember, 2007 pukul 2:14 pm | #16

    Skarang uda ada patung Tuhan Yesus Memberkati Indonesia di Manado, apa bisa dimasukkan sebagai salah satu keajaiban di dunia ? padahal uda dapat rekor muri loh..? gimana?

    • abas
      13 Juli, 2009 pukul 4:36 am | #17

      tidak ada tuhan selain Allah SWT

      • citra
        2 Desember, 2009 pukul 1:36 pm | #18

        ada lah BEGO ya itu TUHAN YESUS

      • dheni ramadhan
        12 April, 2010 pukul 8:09 pm | #19

        lo cma d’bhngn TUHAN YESSUS LO ….
        dmna”tuch TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH SWT…

  12. Anonymous
    11 Desember, 2007 pukul 3:59 am | #20

    Sebuah karya sejarah yang menjadi lazim untuk dinikmati semua umat manusia…..Dan itulah salah 1 bukti bahwa…Manusia yg kecil dgn Keinginan yang besar akan menjadi hasil karya yg besar Pula…Dan Menbangakan…Kunfayakun

  13. pipit
    13 Desember, 2007 pukul 10:06 am | #21

    kota tua di maya nya ntu keren benjet..wah jadi pengen lht lngsng nh,,upz…….keren,pngen tau critanya jg dh,ada gk ya?

  14. Reen
    6 Januari, 2008 pukul 8:03 am | #22

    sebuah tempat di daerah ciamiz tasikmalaya, ada tempat yang hampir sama dengan grand Canyon. tapi namanya Green Canyon… so beautiful place you know??
    i try to visit it soon with all my dude…..

  15. Alif
    14 Januari, 2008 pukul 4:08 pm | #23

    Tulisan diatas sumbernya dari mana pak? kok ndak ditulis?

  16. Chelsea
    22 Januari, 2008 pukul 1:14 pm | #24

    ak seneng patunng Yesus masuk dalam tujuh keajaiban dunia

    • arul
      27 Juli, 2009 pukul 11:53 am | #25

      banggalah engkau di dunia, di akhirat mana bs engkau bangga…?? bandingkan juga dengan ciptaan Allah, dunia ini.. ada yANG BISA??

    • 5 Juni, 2010 pukul 8:22 am | #26

      HANYA ORANG2 BODOH DAN TOLOL YANG SENENG PATUNG YESUS MASUK DALAM 7 KEAJAIBAN DUNIA…….

      • arianas
        7 Agustus, 2010 pukul 3:23 am | #27

        betul ko cakap tu ryan

      • ABU
        15 Februari, 2012 pukul 1:06 pm | #28

        jangan sok fanatik bro, kalau anda bisa merubahnya, kenapa tidak pasang patung muhammad saja. semua orang akan tau hal ini, jika muhammad itu hanya tidak bisa kita lihat karena dia hanya manusia biasa yang sama dengan anda. jadi jangan pernah menyalahkan orang lain …. karena mereka tahu apa yang mereka perbuat.

  17. Ramzz
    24 Januari, 2008 pukul 3:32 am | #29

    Petra is the best

  18. risma
    2 Februari, 2008 pukul 4:12 am | #30

    puing – puing taman petra yordania emank bener – bener keajaiban dunia

  19. daniel
    2 Februari, 2008 pukul 12:37 pm | #31

    Borobudur masa kalah sama Angkor Wat
    Dilihat dari wisata aja Borobudur tidak bagus dalam istilahnya pemasaran ke dunia. Ayo dong, kita dukung
    Masa kalah sama negara sekecil Kamboja

  20. agnes
    14 Februari, 2008 pukul 7:19 am | #32

    Misi Pak….
    eh itu donk, keajaiban dunia kan ga gitu2 aja…..

    Tambah lagi, tapi tetap borobudur..

    Biar kita nambah wawasan…..

    Btw di jepang ada ga keajaiban dunia….

  21. jefry
    16 Februari, 2008 pukul 1:53 pm | #33

    ko borobudur ga masuk 7 keajaiban dunia si? kenapa

  22. irma althafunnisa
    23 Februari, 2008 pukul 11:29 am | #34

    kok ka’ba g msuk keajaiban dunia sich?

  23. centrino
    26 Februari, 2008 pukul 12:42 am | #35

    pak, keajaiban dunia tuh prosesnya diapain dulu to? ada karakteristik khusus? masa Indonesia yg punya candi prambanan yg indah bgt nggak masuk? liat deh lengkung batunya

  24. 5 Maret, 2008 pukul 12:14 pm | #36

    Inilah teknologi dan informasi Di Indonesia kurang memadai. Lihat aja

  25. BoyZz
    10 Maret, 2008 pukul 5:39 am | #37

    enak sekali candi borobudur dihapuskan sebagai keajaiban dunia….
    gak adil tuh>>>
    dasar orang barat “KAFIR”…. !!!!!!

  26. 10 Maret, 2008 pukul 5:43 am | #38

    PaK…..
    NuMPaNg pRoTeS Ya…..
    eNaK aJa CaNDi KeBaNggaaN KiTa YaNg DiKeNaL DeNgaN NaMa CaNDi BoRoBuDuR DiaPuSKaN DaRi SaLaH SaTu KeaJaiBaN DuNia…
    gaK aDiL TuH !!!!!
    ReSe’ BaNgeT SiH oRaNg BaRaT…

  27. rudi
    11 Maret, 2008 pukul 6:44 am | #39

    kok kakbah gak masuk?

  28. Mr.Yozhikawa
    12 Maret, 2008 pukul 3:35 am | #40

    kok…..candi borobudur ga masuk sich…bukannya borobudur ikut juga 7 keajaiban dunia…………….!!!!!

  29. sny n_alwy
    13 Maret, 2008 pukul 7:20 am | #41

    ass…

    sama kayak yg lain, knp candi borobudur gx masuk 7 keajaiban dunia lg?

    apa alasannya?

    dan yg terpenting knp ka’bah gx masuk, padahal tu adalah yg no 1?

  30. Virdita
    18 Maret, 2008 pukul 9:27 am | #42

    Koq,Ka’bah g masuk dalam 7 keajaiban dunia sih????
    truz,Borobudurnya mana??????????

  31. 24 Maret, 2008 pukul 5:16 am | #43

    eh pak, numpang protes juga deh….

    mana ka’bah yang dah jdi keajaiban dunia sejak lama tu???

    ka’bah kan keajaiban duni yang paling banyak dikunjungi manusia setiap tahun….

    enak aja diganti ma patung yesus…

    ka’bah tu Allah yang bela…
    pake burung ababil…
    mau dilemparin ma bururng ababil….

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:39 pm | #44

      pake burung elo aja x hahhahaha

      • dheni ramadhan
        12 April, 2010 pukul 8:15 pm | #45

        citra kya g seneng bgt mma islam

        lo kristen aj sombong…

        asal lo tw ,,lo di dunia di ksh sneng …tp di akhirat bkal sengsara lo…neraka jaminan orng KAFIR kya lo???

        ALLAHUAKBAR……???????

    • 11 Oktober, 2010 pukul 2:45 am | #46

      Janganlahlah biasakan diri kita cemburu, iri dan dengki, karena semuanya itu jelas bukan dari Tuhan (Allah) melainkan dari iblis yang memperdaya manusia agar terpecah dan saling menyerang. Yang jelas Tuhan itu(Allah) adalah Kasih,penyayang, pengampun dan panjang sabar bg umat yang dikasihiNya. Jd jika ada arang yg memiliki cemburu, iri dengki dan menghujat, jelaslah bahwa dia bukan kepunyaan Allah melainkan alat iblis untuk menghancurkan manusia.

  32. khi_khi
    26 Maret, 2008 pukul 7:21 am | #47

    oy pak sama dech ma yg laen,,kan borobudur dah lm jd 7 keajaiban dunia knp jd dihilangkan sich bener2 g adil,,,,,,trus btul jga tuh hrusnya ka’bah bukan patung yesus,,, yang hrs jd 7 keajaiban dunia tuh ka’bah kudu,,hrs,,mesti,,wajib ad donk………

  33. yayanini
    27 Maret, 2008 pukul 7:09 am | #48

    sayang bgt borobudur ngga’ masuk!!!!

  34. R!_y@n
    31 Maret, 2008 pukul 3:34 am | #49

    ada ga keajaiban dunia yang baru diemukan???
    klo ada kirim ke e_mail aku ya….aku tunggu lho…

    • 5 Juni, 2010 pukul 8:25 am | #50

      ADA KEAJAIBAN DUNIA YANG BARU GW TEMUKAN……

      • 7 Agustus, 2010 pukul 3:27 am | #51

        apa lah keajaiban yang baru ko jumpa tuu

  35. ccl
    31 Maret, 2008 pukul 8:34 am | #52

    waw…….
    sungguh luar biasa…………..
    dan masih banyak lagi kata2 yg tdk akan terselesaikan untuk mengungkapkan isi hati….ups terlalu mendalam

    hm…cuman kecewanya..ko yg keajaiban yg di indonesia kaga ada…..??????????????????????????????????????kyanya di umpetin….juga w sependapat ma yg nulis mekkah..
    trims :P

  36. maulidya
    8 April, 2008 pukul 8:03 am | #53

    anzzzzzzzzzritttt,,,keren banget tuh…
    gw kagum banget ama mereka…
    coz,,kan gw kagak bisa bikinnya..
    klo ada orang yg tw no orang yg bikinnya,,gw minta yupzz…
    don’t wory yukzz….

  37. aLqiEz
    11 April, 2008 pukul 7:16 am | #54

    subhanallah, Padahal Borobudur gak kalah Keren .!!!

  38. monyong
    11 April, 2008 pukul 12:17 pm | #55

    halo para muslim di Indonesia sebagai seorang muslim aku lebih setuju kalau ka’bah lebih nggak usah dimasukkan sebagai 7 keajaiban dunia. ‘Coz ka’bah itu tempat beribadah, terlalu agung rasanya kalau hanya dibuat untuk kagum-kaguman saja.

  39. 11 April, 2008 pukul 12:32 pm | #56

    Dari sekian banyak manusia yg ada di bumi, ga ada yg sama. Dngan wajah yang beraneka ragam inilah kita mesti bersukur, ga ada yg bsa menandingi keajaiban yg diciptakan Alloh. /”maha besar alloh dengan sgala ciptaannya”\

  40. 22 April, 2008 pukul 3:49 pm | #57

    tetiba hari ini adikku meminta aku utk mendapatkan maklumat tentang keajaiban dunia. mujur aku menemui sdkt info disini. thanks so much!

  41. glexio
    26 April, 2008 pukul 1:12 pm | #58

    gw g stuju bgt klo ka’bah gdmasukin dlam dftr keajaiban dunia..
    apa org2 pada g bisa liat bhwa ka’bah itu mahakarya agung yang arsiteknya senidri adalah sang khaliq,ALLAH SWT….
    kurang ajaib apalagi sich ka’bah…
    pada g bener ne org2 yg g milih ka’bah sevagai keajaiban dunia…
    mskpun demikian,bagi gw teteup ka’bah is the best ‘n yag paliiiiiing ajaiiiiiiib sedunia,sejagad raya…..

  42. fatih am
    27 April, 2008 pukul 9:57 am | #59

    haisemua kok gambar nya enggak gedean

    • hermanto
      21 April, 2010 pukul 10:49 pm | #60

      sy tidak setuju apabila candiborobudur

      tidak termasukdam 7 keajaipan dunia

  43. tia
    3 Mei, 2008 pukul 12:21 pm | #61

    benar – benar maha besar allah begitu indah indahnya ciptaan allah..bayangkan pada masa itu manusia sudah memiliki peradaban yang tinggi ..bila dibandingkan dengan sekarang masih kalah dengan manusia pada zaman itu..seandainya saja mereka ada dizaman sekarang pastilah lebih mengerikan dari dulu..begitu hebatnya allah menciptakan manusia yang mempunyai akal dan beradab…

  44. 9 Mei, 2008 pukul 8:24 am | #62

    sayang ya.. kabah pusat nya keajaiban-keajaiban lain nya yang masih bertahan saat ini tidak di masukan daftar..? padahal kabah adalah pusat ibadah orang islam sedunia..

  45. onta arab
    21 Mei, 2008 pukul 4:33 am | #63

    assalamu alaikum
    ahlan wa sahlan

    ana sebagai warga ‘arab sangat mendukung BBM diturunkan karena ana TERLALU sengsara ,padahal di timur tengah harga BBM sangatlah murah.

    untuk itu maka dari itu perlu diketahui bahwa sesungguhnya ALLAH Maha Kaya, hanya ALLAH yang tau keajaiban aph saja yang di dunia & akhirat, amiinnn…
    AL-FAAAATIHAH

  46. 22 Mei, 2008 pukul 5:00 am | #64

    fuh!!!!!! CANTIK TU….

  47. ainatul mardhiah
    29 Mei, 2008 pukul 12:06 pm | #65

    ass..
    hye i’m from malaysia…
    wah sungguh indah keindahan seni bina bangunan..
    tetapi harus kite ingat keindahan di dunia ini tidak akan kekal lama..cuma di akhirat kite smue akan kekal…tetapi saya rase keindahan agama islam tiada tandingannya..kite harus beribadah supaya kelak kite akan selamat dari api neraka…selalu ingat bile melihat sesuatu selalu mengucap subbhanallah…bye …aina..16 years old..may god bless you all

  48. tb
    17 Juni, 2008 pukul 7:14 am | #66

    sayang borobudur tidak termasuk

  49. ilham
    22 Juni, 2008 pukul 7:02 am | #67

    gw suka banget tentang keajaiban dunia yg trbaru,,tp napa candi borobudur tidak dimasuk dalam kriteria itu??itu yg gw gak tw ampe sekarang,,,

  50. hida
    27 Juni, 2008 pukul 4:05 am | #68

    semua yang ada dibumi dan dilangit, hanya Allah yang bisa buat semua. gak penting mau urutan keberapa ata mau masuk 7 besar keajaiban sekalipun. toh semua milik Allah. tak terkecuali patung2 Tuhan2 lainnya.

  51. azor
    30 Juni, 2008 pukul 6:50 am | #69

    assalamualaikum………..

    pak kok kakbah gak ada ?
    bukannya kabah itu termasuk keajaiban dunia dari dulu masa nabi2 dan sampai sekarang?
    itu gak bisa di pungkiri cz memang semua orang di dunia mengakui,jadi tolong gambar kakbah juga di sajikan.
    gak adil masak kakbah yang telah di akui begitu lama di ganti saja dengan patung yesus yang di buat pada zaman moderen.
    terimakasih………….
    harus adil,kalo bisa yang lama dan yang baru ditampilkan.

    wassalamualaikum…………….

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:45 pm | #70

      kalo ga ngerti tentang vote ga usah ngomong malu ma bibir loe

  52. cx
    7 Agustus, 2008 pukul 8:20 am | #71

    Lumayan bagus tapi kurang komplit

  53. 10 Agustus, 2008 pukul 8:35 am | #72

    Saya hanya pernah melihat tembok China secara langsung, yang lain belum pernah. Bila ada kesempatan, saya ingin melihat yang lain secara langsung.

  54. 16 Agustus, 2008 pukul 1:29 pm | #73

    mana kabahnya kankabah tu keajaiban dunia

  55. 22 Agustus, 2008 pukul 12:15 pm | #75

    ayoo boss dukung 7 keajaiban dunia terbaru nature version :D

  56. 3 September, 2008 pukul 6:23 am | #76

    I’ve thought many miracle place….like long beach in bengkulu..you must visit to bengkulu cos this’s chance for you to look good tourism…

  57. jaink
    16 September, 2008 pukul 9:58 am | #77

    machu pi chu boooo,,,
    krenz,,,pisan………………..

  58. Anonymous
    9 Oktober, 2008 pukul 3:22 am | #78

    salut bGD……..

  59. hansen tanujaya
    31 Oktober, 2008 pukul 10:59 am | #79

    foto2x nya bagus banget,jadi teringat masa lalu nya kakek moyang ku T_______T.Thank’s yah yang udah bwat foto2x 7 keajaiban dunia,tapi dari Indonesia mana{Candi Borobudur}?kan kita ada di Indonesia,masa keajaiban dunia dari Negara kita sendiri gak ada?udah dulu yah,nti haruz ada Info tentang 7 Keajaiban Dunia ini,termasuk dari Indonesia{Candi Borobudur}!!! Bye…….

  60. hansen tanujaya
    31 Oktober, 2008 pukul 11:09 am | #80

    7 keajaiban dunia ini kernz abizzzzz deeh,tapi mana dari indonesia nya?kan kita dari warga indonesi,masa gak ada keajaiban dunia nya?pokoknya nti tampilin yah keajaiban dunia dari indonesia,candi borobudur.ow 1 lagi,jangan lupa,haruzzzzz ada info dari 7 keajaiban dunia ini,termasuk indonesia{candi borobudur}Bye…….

  61. Donny
    19 November, 2008 pukul 2:52 am | #81

    koq pada iri sich kalo ba’bahnya gx masuk 7 keajaiban dunia baru.
    7 keajaiban yang lamapun, ka’bah gx masuk KAN????

    kemana aja saat voting 7 keajaiban dunia kemaren????

    gx perlu disesalkan, smuanya itu Rencana Allah…….!
    tidak ada yng salah dan tidak ada yg patut dipersalahkan,,,,Semua udh terjadi.

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:47 pm | #82

      betul hasil udah ada br compalint dasar org2 bego

  62. Anonymous
    22 November, 2008 pukul 8:49 am | #83

    saya sangat setuju ok…………..

  63. bobo
    25 November, 2008 pukul 7:51 am | #84

    gw pernah ke candi borobudur dan candi pranbanan… setelah gw amat-amati ternyata kedua candi tersebut gk ada apa2nya,,, bangunannya pun menurut gw hanya kelas biasa,, gk mencerminkaN bahwa bangunan itu merupakan salah satu dari keajaiban dunia…dan dengan teknologi yg serba canggih seperti sekarang, manusia pun bisa membuat bangunan seprti kedua candi tersebut…

    sangat berbeda dengan apa yg gw lihat di menara pizza di italia…. dilihat dari luar bangunan tersebut memang mengagumkan… begitu juga dengan kuil thaj mahal di india sangatr mengagumkan…

    JADI pantas memang orang2 didunia terutama yg di eropa yg ahli prasejarah dunia…sekarang sedikit menganggap bahwa candi2 yg ada diindonesia merupakan bukan sebuah keajaiban dunia….

    • rizl
      23 Februari, 2010 pukul 9:22 am | #85

      u slah u kga tau apa yg dambil dri makna’y misal piramid,,piramid tu dbkin dgn cara mengangkat btu bsar setinggi 30lantai sdangkan org” dlu tdk pnya teknologi sprti skr jd itu hal yg mustahil dlakukan orang klo tembok cina tu pnjang’y mta ampun u pikir hal yg mudah dlakukan orng klo candi borobudur tu klo tdk slah kt dosen w dbngun pke putih’y tlor u bisa bayangin bagai mana bsa dgn putih tlor bsa brtahan pe skarng u yg da p’nah k’mnara pizza sblom tu u coba dong kliling nusantara dlu coba lu liat keindahan indonesia

  64. amira
    27 November, 2008 pukul 5:09 am | #86

    leh enggk sy mau tahu tentang sejarah, lokasi dan pembinaan setiap semua 7 keajaiban purba dan yang terbaru….

  65. Anonymous
    25 Desember, 2008 pukul 2:51 am | #87

    gila masak borobudur gak termasuk

  66. 25 Desember, 2008 pukul 3:04 am | #88

    ka’bah nya mana?

    • 5 Juni, 2010 pukul 8:31 am | #89

      KA’BAH TERLALU AGUNG UNTUK DI PAJANG DENGAN MILIK ORANG2 SIMTING KYX YG PUNYA FOTO 7KEAJAIBAN DUNIA………………………………………………………………………………………………………………………..???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

  67. 28 Desember, 2008 pukul 1:31 am | #90

    7 keajaiban dunia versi terbaru gak sreggggggg…. karena penilaiannya gak profesional sekali, coba kalian tahu bahwa penilaian ini gan disetujui oleh UNESCO…… dan gak diakui oleh dunia

  68. 30 Desember, 2008 pukul 10:43 pm | #91

    Keren banget

  69. 3 sekawan
    7 Januari, 2009 pukul 3:05 am | #92

    Kenapa harus maksa angka 7 sih? Seharusnya Borobudur tetep masuk, n tambahin Ka’bah donk, n juga sumur air zam-zam yang airnya gak abis2, ajaib banget kan?

    Itu yang namanya bobo (Orang Indonesia bukan sih?), kalo koment yang bener donk, orang juga tau, kalo dibikin hari gene pasti bisa bikin semacam candi2 itu, bahkan mgkin bisa lebih bagus. Tapi kan candi2 (Borobudur n Prambanan) itu dibuat jaman dulu, makanya termasuk ajaib tauuuu….

  70. Fachruddin
    7 Januari, 2009 pukul 11:18 am | #93

    Ada Ulama yang mengatakan, salah satu yang termasuk keajaiban dunia adalah para dai/aktifis dakwah tidak sholat malam/tahajud, bagaimana dia bisa mendapatkan kekuatan untuk berdakwah bila kurang menjaga hubungan dengan Allah. dengan sholat malam Allah akan kabulkan doa-doa kita dan allah akan keluarkan kata2 hikma dalam lisan kita, disinilah rahasia kekuatan dakwah para nabi, sahabat dan wali2 Allah.

  71. 18 Januari, 2009 pukul 6:54 am | #94

    kalo 8 keajaiban dunia Borobudur masih masuk tuhh,..
    karena borobudur masuk rangking 8… :-)

  72. Anonymous
    19 Januari, 2009 pukul 7:50 am | #95

    wuih,,,fotonya bgs bnget saya takjb banget from princes

  73. Anonymous
    4 Februari, 2009 pukul 2:58 am | #96

    wei di madinah jg ada keajaiban dunia yang baru jg lho…
    namanya gunung magnet, keren abis deh pesawat pernah jatuh disana, dan waktu gw kesana naik kendaraan persenelingnya di nol in mobilnya bisa lari lebih dari 250 km/jam hebat kan, sama kaya di indonesia

  74. xena
    4 Februari, 2009 pukul 2:58 am | #97

    wei di madinah jg ada keajaiban dunia yang baru jg lho…
    namanya gunung magnet, keren abis deh pesawat pernah jatuh disana, dan waktu gw kesana naik kendaraan persenelingnya di nol in mobilnya bisa lari lebih dari 250 km/jam hebat kan, sama kaya di indonesia

  75. Anonymous
    4 Februari, 2009 pukul 3:55 am | #98

    buagus

  76. 8 Februari, 2009 pukul 1:01 pm | #99

    sngat di syang kan candi di borobdur tdak lagi 7 keajaiban di dunia.tpi mnurut saya 7 keajaiban skrng sgat bagus .

  77. samwan
    8 Februari, 2009 pukul 3:12 pm | #100

    machu pichunya.bagus banget yah………..!dari manatuh dapetnya?padahal q lihat di poster ,jelek banget!sampe kupikir ngak pantes buat di jadiin 7 keajaiban dunia yang baru!

  78. 15 Februari, 2009 pukul 1:30 pm | #101

    keajaiban dunia jangan dijadikan objek bisnis, jadikan 10 besar keajaiban dunia

  79. fitri ayu sir
    12 Maret, 2009 pukul 8:38 am | #102

    subhanallah……….
    aq tak bisa berucap apapun, kecuali kata itu
    tuhanq memang sangat agung……
    miss u allll
    my life

  80. 23 Maret, 2009 pukul 2:30 pm | #103

    terlepas dari masuk atau tidaknya borobudur sebagai 7 keajaiban dunia, namun hasil karya manusia di jaman dahulu memang luar biasa. Allah Swt menganugrahkan ilmunya kepada manusia di jaman itu sehingga bisa membangun bangunan2 yang amat indah. Ilmu ini barangkali di jaman ini sudah tercabut, apalagi kalau manusianya sudah serakah sehingga jangankan bangunan yang bisa bertahan hingga ratusan tahun, untuk 10 tahun saja sudah mulai rubuh bangunan2an karena di kurangi takarannya.

  81. 25 Maret, 2009 pukul 5:32 am | #104

    wah keren2 neh foto2nya.. thx.

  82. weki
    31 Maret, 2009 pukul 4:03 am | #105

    digarut juga ada dong

  83. ari
    2 April, 2009 pukul 8:25 am | #106

    mantap banget mancu pichu peru

  84. ikak
    2 April, 2009 pukul 3:34 pm | #107

    Kebanyakan orang pada ngeributin hal yang berbau sara…
    padahal enjoy aza…kita anggap sebagai penambah wawasan..gak kurang gak lebih..Tuhan aja ga ambil pusing..ya ga choy…

  85. 11 April, 2009 pukul 8:58 am | #108

    HALAAAAH, itu mah buatan loe aj kan . . patung yesus koq d jadiin keajaiban dunia . . Gila loe yah ?

    Yg msuk akal dkit donk . .

    http://azwarti.wordpress.com/2008/01/18/7-wonder-berdasarkan-al-quran-al-hadist/

    Liat link d atas, itu bru keajaiban dunia . .

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:52 pm | #109

      gila loe ya, kemane aja saat vote bny omong
      udah ada hasil br coment RESEHHHHH………..

  86. ranee
    24 April, 2009 pukul 9:07 am | #110

    pngeen bgt liat machu pichu…
    its another world..

  87. sya31_emo
    26 April, 2009 pukul 6:14 am | #111

    aku paling suke dengan taman tergantung babilon…..aku nak tau lagi dgn lebih mendalam tentang taman tergantung babilon….aku harap aku dapat pegi sana satu ari nanti………

  88. 6 Mei, 2009 pukul 7:52 am | #112

    wah moga2 taman marina di SeMARang masuk keajaiban dunia

  89. jamaludin69
    15 Mei, 2009 pukul 6:06 am | #113

    jamal awak kat ma nejadi pegawai ronda kena ronda dah ronda kabelum

  90. 15 Mei, 2009 pukul 6:08 am | #114

    senyap aja tiada kabar berita

  91. Risman salpian
    19 Mei, 2009 pukul 2:33 am | #115

    Iiiiiiihhh…………….
    masa sich ka’bah gak masuk 7 keajaiban dunia?
    yg masuk malah patung yesus?
    trus knapa jga borobudur gak msuk jga?
    padahal kan lebih indah dri kota twa maya,
    slain itu ka’bah ma borobudur lebih dulu ada ketimbang patung yg gak jlas itu.

    trus knapa cara milih’x pke sms coba?
    mank’x indonesian idol?

    mohon blsan’x ke e-mail saya.

    • Leonardo
      11 November, 2009 pukul 5:14 am | #116

      apa ada yang salah sama Patung Yesus?????

    • citra
      2 Desember, 2009 pukul 1:54 pm | #117

      pk sms lah masa pake kentongan mang di kampung, apa loe ga punya pulsa hari gini Kaccciii….an deh loe

      • goen
        11 April, 2010 pukul 11:17 am | #118

        setan tak akan lelah menggoda ahli surga tuk turut padanya,setan adalah orang yg perkataannya tidak sopan seperti citra.untukmu agamamu,untukku agamaku

      • goen
        11 April, 2010 pukul 11:20 am | #119

        setan tak akan lelah menggoda ahli surga tuk turut padanya,setan adalah orang yg perkataannya tidak sopan.untukmu agamamu,untukku agamaku

      • goen
        11 April, 2010 pukul 11:26 am | #120

        sorry citra….damai dan tentram itu indah….bagai sebuah agama.

      • goen
        11 April, 2010 pukul 12:07 pm | #121

        bagi yang lain,arieflah dalam berkomentar jangan menimbulkan sara,ok……

  92. dea yogaswaea
    24 Mei, 2009 pukul 9:12 am | #122

    Wahhhhhhhhhhh…………………………….

    Paragh…….. Candi Borobudur gk ada!!!!!!!!

    Aku mo protes ke orang yang ngusulin Keajaiban Dunia

    Masa Candi gk ada

  93. 14 Juni, 2009 pukul 9:02 am | #123

    sy sebagai anak bangsa indonesia bahwa candi borobudur dan candi prambanan termasuk tujuh keaijaban dan mekaah dan medina titu juga termasuk 1 keajaiban didunia

  94. 24 Juni, 2009 pukul 1:57 am | #124

    assalamualaikum,saya dari malaysia.saya memang berminat untuk mengetahui benda ni.saya lagi suka lihat masjidil haram kerana ianya lebih suci dan indah.saya nak naik haji sama keluargaku.

  95. ivan
    1 Juli, 2009 pukul 5:42 am | #125

    SAYA JG PENGIN KISAH2 TENTANG KOTA2 TUA DI DUNIA SEPERTI KOTA TUA MAYA dsb…KALAU ADA MOHON KIRIMIN KE EMAIL YA PAK

  96. MuSTaNG5ive
    4 Juli, 2009 pukul 3:56 pm | #126

    can i ask some think….the stone henge not in the seven wonders of the world???????

  97. 23 Juli, 2009 pukul 2:53 am | #127

    menurutku semua keajaiban dunia yang baru cukup bagus tapi satu yang kurang menarik yaitu coloseum Roma menurutku banyak yang lebih wonderfull di dunia ini daripada coloseum Roma

  98. m ilham
    26 Juli, 2009 pukul 1:07 pm | #128

    comment i , q kabah gak msk 7 keajaiban dunia sich wlaupun q bkn org arab tp qan kabah tempat plg suci sdunia , qan kabah itu rumahnya ALLAH gak jd 7 kjaiban dunya

  99. Ika
    21 Agustus, 2009 pukul 10:42 am | #129

    candi Borobudur harusnya masuk juga itu salah satu keajaiban dunia…… Ga seru n ga keren kalau Candi ga masuk.

  100. Anonymous
    24 Agustus, 2009 pukul 6:25 am | #130

    yang buat bukan orang indonesia sih jd ga masuk daftar kali ya….. wkwkwkwk

  101. ellen warow
    27 Agustus, 2009 pukul 11:02 pm | #131

    iaa…. masa tuh candi borobudur gag masuk???
    abisnya uda gak di rawat lagi siihh…

  102. 1 September, 2009 pukul 8:21 am | #132

    ngak ada mak sud

  103. AYUE
    2 September, 2009 pukul 5:28 am | #133

    KHUSUSX BWT BOROBUDUR N KA’BAH MEKAH KOQ G MSUK K 7 KEAJAIBAN BARU YG TDK DIAKUI NE

  104. philip
    6 September, 2009 pukul 2:10 pm | #134

    Di Indonesia bnyk lohhh yg bisa di usulkan…Pulau Komodo contohnya…

  105. muhammad
    10 September, 2009 pukul 4:34 am | #135

    waa.. keren bgd.!
    saya trtarik dgn machu pichu.
    jd pgen ksana.!

  106. 11 September, 2009 pukul 5:04 am | #136

    andai machu pechu ada d indonesia pasti gw mampir ke sana terus

  107. 11 September, 2009 pukul 5:07 am | #137

    andai indonesia punya kembara seperti colloseum di roma italianoooooooooooooooooooooo

  108. 11 September, 2009 pukul 5:12 am | #138

    sebagai anak bangsa indo 100% asli qw pingin candi borobuddur menjadi keajaiban du nia lagi

  109. ChRiStInE
    14 September, 2009 pukul 7:38 am | #139

    kOk EnGGak Ad candi borobudur sihhhhhhhhhhh??????????

  110. brodin
    15 September, 2009 pukul 12:51 pm | #140

    keajaiban dunia menang harus memenuhi kriteria cantik indah menarik dan unik kalau menurut saya indonesia banyak sekali yang patut dijadikan salah 1 dr keajaiban contoh aja tanah toraja di makassar selain yang cantik dr bagaimana mayat ditumpuk serta ukiran gua cantik serta keunikan dr bau mayat yang tidak pernah tercium . perasaan di dunia gk ada deh tempat kayak gitu selain di INDONESIA .

  111. Anonymous
    16 September, 2009 pukul 5:18 am | #141

    sangat sangat tidak setuju dengan versi barat mengenai tujuh keajaiban dunia.

  112. sony
    16 September, 2009 pukul 5:20 am | #142

    sangat sangat tidak setuju dengan versi barat mengenai tujuh keajaiban dunia.

  113. naanda
    17 September, 2009 pukul 2:24 pm | #143

    iia ??
    koq mekkah ilang ???
    wahh ??
    masa’ pninggaln bersejarah untuk seluruh umat islam itu tidak termsuk dlm 7 keajaiban duniaaa ??

    • 8 Oktober, 2009 pukul 2:12 pm | #144

      betul 2..mekah x da lak dlm ne..mana aci..law owg kristian ada ptung jesus,owg islam pown mesti ada mekah!

      • Leonardo
        11 November, 2009 pukul 5:16 am | #145

        ya isi aja wes sana mekkah do foto trus msukin d internet.
        kok repotttt !!!!!!!!!!!

      • citra
        2 Desember, 2009 pukul 1:57 pm | #146

        MAKSUD LOE……..:d

  114. alief
    28 September, 2009 pukul 7:03 am | #147

    loooooo candi borobudur mana??????????????? kok gak ada,diikutin dunk

  115. 4 Oktober, 2009 pukul 2:49 am | #148

    parah Brobudur ga jadi keajaiban duna lagi

  116. 4 Oktober, 2009 pukul 2:49 am | #149

    Banyak Bangat yg berubah

  117. manizer
    4 Oktober, 2009 pukul 7:49 am | #150

    ga pantes klo kita bw2 SARA. DOSA!!! Mending kita pikirin diri sendiri dulu, uda bener or blm???? Kita jg harus bs jaga lingkungan kita biar terawat. Eh bukanx maling kepala PATUNG di BOROBUDUR.. GA BERTANGGUNG JWB.. Pantes BOROBUDUR ga msuk!!!! JD JGN BYK OMDO!! GA BAE.. OK COY!!!

    • 29 November, 2009 pukul 2:52 pm | #151

      iya bener@@@@@@@@@@@@@@@@ hidup persib dari kemari menang uy h@h@H@H@H@H@H@H@H@H@H@H@H@

  118. 8 Oktober, 2009 pukul 2:09 pm | #152

    banyak sangat yang berubah..kadang2 yg x logik pown ada..mcm gmbr ptung jesus td.x da kena mengena dngan keajaiban dunia.law keajaiban dunia ne,allah yang buat.bkn manusia…jd renung2kn lah

  119. olive
    10 Oktober, 2009 pukul 12:23 pm | #153

    aq seneng bnget patung Tuhan Yesus bisa jd salah satu keajaiban dunia. kota tua maya dimeksiko bikin aq penasaran

  120. olive
    10 Oktober, 2009 pukul 12:32 pm | #154

    aduh tolong ya jgn pada sirik..
    jgn asal nyela gt, gak baek.
    patung Tuhan Yesus kn kepilih krn vote, bukan asal2an makanya buat dunkz yang terbaik yar indonesia kepilih lagi

    • Leonardo
      11 November, 2009 pukul 5:17 am | #155

      sepp….setujuuuuuuu

      i love Jesus

  121. eprina intami
    14 Oktober, 2009 pukul 11:55 pm | #156

    ku tunggu suslan keajaiban dunia berikutnya yang belub terdaftar…..

  122. rian
    22 Oktober, 2009 pukul 3:00 am | #157

    assalamualaikum,bagus anda menyiarkan 7 keajaiban dunia yg memberi info kpd saya .harap anda sukses ….

  123. Arsi
    27 Oktober, 2009 pukul 8:16 am | #158

    hmmm… sepertinya Borobudur udah ga jadi keajaiban dunia karena udah banyak yang di renovasi kali…
    Ato takut klo bule yg dateng ke borobudur ntar di kc petasan,
    wakakakaka alia bommmm , bahaya hehehe =P

    Tapi klo patung Yesus jadi salah satu keajaiban, itu lain soal ,
    rada kagak masuk akal, kan itu bikinan manusia napa juga ka’bah kagak dimasukin, bener2 aneh !!!!!

    Kolaseum Roma di Italia !!!
    Wahh ini yang gw kagak setuju, masa puing2 yang kagak jelas itu ngegantiin posisi Borobudurnya kita ???
    Narsis neh si bule-bule eta !!!!

    Tapi yang jelas kita kudu nisa buktiin sendiri dulu bahwa negara kita udah semakin layak dimata dunia, seperti SBY yang usahakan belakangan ini , hidup “Pak SBY” =)

  124. 29 Oktober, 2009 pukul 6:22 am | #159

    emm, 7 keajaiban dunia kan banyak, ini versi yang mana nih ^^,, wah, saya sih berharap nanti 7 keajaiban di dunia semua ada di Indonesia,,hahaha

  125. Leonardo
    11 November, 2009 pukul 5:19 am | #160

    untuk semuanya,,,
    trima kasih klo msih pada inget sm keajaiban dunia..
    tp tolong dong jgng pke SARA,toh semuanya juga dah terjadi..
    klo mo protes y langsung ajah ntuh k pusat nya..
    bawa foto na trus jelasin kenapa itu mesti msuk jd 7 keajaiban Dunia.
    thx 4 all.

    • 29 November, 2009 pukul 3:02 pm | #161

      masih inget ma saya ga anjing jgn banyak ngelawak lou mau jadi suluh neraka anjing goblog leonardo sing jadi anjing goblog

      ahaaaaaaaaaaaaaaaaaaauy anjing persib menang goblog maneh leonardo

  126. heori
    21 November, 2009 pukul 2:27 am | #162

    monas kq g masuk keajaiban dunia

  127. 22 November, 2009 pukul 8:58 am | #163

    Indonesia yang kaya akan pulaunya masa gak ada satupun yang masuk keajaiban dunia, yang katanya prof. santos indonesia merupakan Bagian dari Benua atlantis yang hilang dulu. bangunan Kuno suku maya, Piramid diMesir, Ama Borobudor kan mirip gtu.

  128. 22 November, 2009 pukul 9:12 am | #164

    menurut saya supaya adil baeknya tiap negara yang punya tempat bersejarah tinggi atau apapun itu bisa dimasukan sebagai keajaiban dunia syaratnya hanya boleh satu. gmana frend. tapi itu klo saya yang jadi ketua risetnya.

  129. 25 November, 2009 pukul 8:02 am | #165

    gw dukung pulau komodo semoga suksessssssssssssssss

  130. karman-cilegon
    30 November, 2009 pukul 12:50 pm | #166

    Borobudur masih layak jadi keajaiban dunia karna dengan bangunan yang ada mustahil dapat dibangun manusia sekarang tanpa alat berat seperti di zaman modrn.Unesco salah menilai dan diskriminasi terhadap hasilkarya suatu bangsa.Apa ajaibnya patung zezuz di Brasil sih…?sekalian ditambah patung yang di Timor Lazte.Wah….wah…….Aku usul masjid dan ka’bah ditambahkan biar 8 keajaiban dunia kan keren mas!

  131. putri
    30 November, 2009 pukul 1:55 pm | #167

    itu tu yang bikin orang atau apa ya? bikin tembok raksasa ga capek apa?

  132. 24 Desember, 2009 pukul 5:02 am | #168

    hehe..
    candi borobudur The best..
    tapi Ka’banya mana ?
    kok G’ masuk ??^^

  133. 10 Januari, 2010 pukul 12:55 am | #169

    gw salut bgt ama keajaibaan yg nomor 6
    itu patung tinggi bgt abis itu di buat di tengah laut

  134. sumiadi
    17 Januari, 2010 pukul 9:51 am | #170

    borobudurnya mana????????????

  135. 21 Januari, 2010 pukul 7:25 am | #171

    selalu ingat allah yg menciptakan

  136. utuf tea
    25 Januari, 2010 pukul 7:10 am | #172

    wah mantap,keren abiezzzzzzz……………….!!!!!!!!

  137. eLM
    27 Januari, 2010 pukul 11:02 am | #173

    mungkin yg milih pada blm pernah ke borobudur kali ya. klo udah pernah liat pasti terkagum2

  138. 28 Januari, 2010 pukul 2:16 am | #174

    SUNGGUH INDAH CIPTAAN ALLA S.W.T

  139. 10 Februari, 2010 pukul 9:31 am | #175

    Tolong teman-teman semua dewasa dong. Jangan sampai mengejek agama lain (Kristen dengan Patung Tuhan Yesus di Brazil), apalagi yang namanya Citra, Nana, dll. Jangan cuma bisa ngomong dan menjelek-jelekkan. Dosanya besar.
    Lagian kalau Ka’bah dan Candi Borobudur mau masuk jadi New7wonder, silahkan vote di http://www.new7wonder.com. Jangan cuma bisa NATO (not action talk only). Oke2..
    Peace..

    • rizl
      23 Februari, 2010 pukul 8:58 am | #176

      w s’tujuh. mungkin agama islam blang”klo tdk sholat 5 wktu psti msuk neraka”klo agama kristen klo tdk prcaya yesus bsa msuk nraka”dn agama yahudi blang klo prcaya islam dn yesus bsa msuk neraka..jd klo mnurut w stiap agama mengajarkan s’tiap orng psti kan mati. tp sblom mningal duni kt mlakukan apa ddunia ni….

  140. rizl
    23 Februari, 2010 pukul 8:50 am | #177

    w slalu myukai sjarah w heran bagai mana org yg hdup tampa teknologi ky skr bsa m’mbangun bangunan” yg mustahil dbwt

  141. endro
    5 Maret, 2010 pukul 1:28 am | #178

    lain kali dikasih penjelasan biar jelas getoo

  142. INDA
    6 Maret, 2010 pukul 5:25 am | #179

    HEBAT BANGET

  143. puput
    7 Maret, 2010 pukul 5:25 am | #180

    Indonesianya mana…..?
    ko’ ga’ nongol-nongol

  144. nur afiqah ibni hassim
    17 Maret, 2010 pukul 4:16 am | #181

    keajaiban dunia sangat menarik minat saya untuk mengetahui dengan lebih lanjut tentang perkara ini……..saya harap saya dapat mengetahui banyak info-info tentang keajaiban dunia…

  145. 21 Maret, 2010 pukul 4:30 am | #182

    tak de penerangan la…..

  146. andhin
    4 April, 2010 pukul 12:54 pm | #183

    kerenn banget foto2nya apa lagi yang kota tua maya,,waw i like it

  147. hanna charysma
    28 April, 2010 pukul 3:59 am | #184

    waw keajaiban keajaiban dunia sulit saya percaya

    ternyata keajaiban dunia eren abizzzzzzz

  148. 4 Mei, 2010 pukul 1:42 pm | #185

    Pa pun alasanya sara jangan di libat kan karena bsa memecah persatuan dan ksatuan kita,soal 7 wonder itu kan yang nilai orang eropa,knapa borobudur gak masuk lagi,menurut w itu di sbabkan indonesia kini bgai negara yg sperti macan ompong yg tidak ada hrganya lgi di mata dunia

  149. Intan Syahirah Abd Talib
    5 Mei, 2010 pukul 11:24 pm | #186

    7 keajaiban dunia……… so unique!!!!!! like magic rite??

  150. Anonymous
    11 Mei, 2010 pukul 10:39 am | #187

    furom aneh

  151. 5 Juli, 2010 pukul 10:47 am | #188

    saya sbg anak bangsa yg mengagumi hasta karya nenek moyang sendiri, merasa tersinggung dg penghapusan “CANDI BOROBUDUR” dari salah satu “7 KEAJAIBAN DUNIA”.
    apakah anda sbg pelindung kbudayaan anak bangsa, menyetujui bgtu saja dg kputusan orang2 BARAT tentang penghapusan “CANDI BOROBUDUR” dr DAFTAR 7 keajaiban dunia?….

  152. san
    13 Juli, 2010 pukul 2:36 pm | #189

    keren-keren tempatnya…tapi ko borodubur gk masuk ya??

  153. syuhada
    10 Agustus, 2010 pukul 4:12 am | #190

    best gler………

  154. Rusli wm
    10 Agustus, 2010 pukul 3:18 pm | #191

    yaach,kita harus ambil hikmahnya dari semua ini !! itu hanya busiit semata,Mangkanya Mari…. Putra-putri persada gali Budaya-budaya bangsa kita dan terus melestarikannya dan jangan lupa untuk memproklamirkan semua aset-aset bangsa kita dam membuat hak paten biar Dunia tahu !!! Masih banyak yg kita punya di Indonesia….. I LOVE YOU FULL INDONESIA !!!

  155. ifn
    6 Januari, 2011 pukul 12:41 am | #192

    wow keren2

  156. yuni
    11 April, 2011 pukul 4:59 am | #193

    7 keajaiban dunia adalah suatu anugrah yang allah berikan
    kepada kita agar kita senantiasa selalu ingat bahwa allah mha kuasa
    mari kita budayakan negeri kita
    dan selalu mencintai negeri kita
    I LOVE YOU FULL INDONESIA….

  157. itin 25102011
    3 Mei, 2011 pukul 6:56 am | #194

    haaahhhh ga ad yg mnarik…………………..

  158. Hartati
    4 September, 2011 pukul 9:47 am | #195

    It so greta….I LIKE IT…:-)

  159. 21 Desember, 2011 pukul 12:08 pm | #196

    Mudah mudahan komodo jadi warisan duni

  160. afis
    11 April, 2012 pukul 5:06 am | #197

    knapa borobudur bisa tidak dimasukkan. padahal karya itu sangat alami dan tahun pembuatannya pun sudah sangat lama.

  161. 4 Mei, 2012 pukul 2:37 am | #198

    ko candi borobudur gk masuk sihh

  162. Anonymous
    23 Agustus, 2012 pukul 4:07 pm | #199

    klo bwt aq xmua to ga ad yg cntik.. indah n keren
    alny ga aad gambar danau toba kab.Samosir
    pling xmuany bwt aq

  163. Anonymous
    23 Agustus, 2012 pukul 4:10 pm | #200

    klo bsa mzuklh danau toba terindah

  1. 12 Oktober, 2007 pukul 3:43 pm | #1
  2. 18 Maret, 2008 pukul 1:21 pm | #2
  3. 28 Agustus, 2008 pukul 8:00 am | #3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: