Beranda > Umum > Metakognitif

Metakognitif


Dari milis trainer club by Asep Sapa’at :

Dalam buku Thinking Skill, pengarang buku tersebut Dr. Jhon Langrehr menyebutkan bahwa agar kita dapat berfikir dengan baik maka cermatilah jalan berfikir kita ketika kita sedang berfikir. Proses menganalisis cara berpikir saat kita sedang memikirkan suatu masalah itulah yang dinamakan metakognitif.

Sebagai latihan untuk menganalisa cara berfikir kita, maka carilah solusi untuk masalah dibawah ini :

“Beni, Fajar, Sri, dan Sumiati masing-masing mengenakan kemeja dengan warna yang berbeda-beda. Warna-warna kemejanya adalah merah, biru, jingga, dan kuning. Fajar tidak memakai kemeja merah. Beni tidak memakai kemeja merah atau biru. Sumiati berkemeja kuning. Apa warna kemeja mereka masing-masing? “.

Ayo silahkan jawab, apakah kira-kira warna kemeja masing-masing….?

Kategori:Umum Tag:
  1. 24 Mei, 2007 pukul 8:18 am

    Sumiati Kuning, Beni Jingga, Fajar Biru, Sri Merah

  2. prayudi
    24 Mei, 2007 pukul 9:10 am

    selain jawabannya, yang lebih penting adalah alur berfikir mengapa akhirnya kita menjawab seperti itu. walaupun begitu, thkns atas jawabannya, nanti diakhir akan diundi siapa yang menjawab betulan… he..he…

  3. Asep Sapa'at
    28 Agustus, 2007 pukul 8:24 am

    Assalamu’alaikum wr. wb.,

    Saya Asep Sapa’at, penulis sebuah refleksi mengenai metakognitif misteri pertanyaan Beni dkk. serta 4 warna kemeja. Sudah berapa orang yang memberikan jawaban dan bolehkan saya tahu alternatif jawaban yang diberikan para responden? Terima Kasih

    Asep Sapa’at
    Trainer Pendidikan Makmal
    Lembaga Pengembangan Insani
    Dompet Dhuafa

  4. 12 Oktober, 2008 pukul 1:32 pm

    salam.
    saya arbi dari pelajar pendidikan di Universiti Kebangsaan Malaysia.Isian blog kamu banayk memberi sedikit sebanyak kepada saya untuk menyelesaikan journalkemahiran berfikir saya.Thanx ya…

  5. isra
    24 Maret, 2009 pukul 8:34 am

    Salam semua, bisa kah saya dapatkan referensi2 lainnya ttg metakognitif? untuk penelitian saya terkait metode improvement. Trims :)

  6. Buddy Utoyo
    26 Juli, 2009 pukul 12:46 pm

    Saya Buddy Utoyo, sebagai pendidik di PT saya sangat menghargai para pendidik yang mengupayakan kemampuan Metakognitif para siswa nya. Saya masih banyak memerlukan referensi dan penelitian tentang Metakognitif. Bisakah membantu saya. Terimakasih.

  7. fasyaaa
    8 Januari, 2012 pukul 12:06 am

    beni jingga fajar biru sumiati kuning sri merah

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

