CSR


Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah program yang mengimplementasikan tanggung jawab sosial sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Yang paling sering dilakukan wujud dari CSR perusahaan adalah dalam bentuk pemberian beasiswa. Djarum, Sampurna, adalah diantara sekian banyak perusahaan yang mengimplementasikan CSR-nya dalam bentuk pemberian beasiswa.

Yang menarik adalah kelompok Kompas-Gramedia, mereka mewujudkan konsep CSR-nya dalam bentuk investasi dana untuk pendirian UMN (Universitas Multimedia Nusantara). Bisa dibayangkan bagaimana kekuatan UMN karena di backup oleh kelompok Kompas Gramedia, demikian juga dengan Universitas Pelita Harapan yang di backup oleh groupnya Lippo.

Dalam hal ini perguruan tinggi yang sudah eksis seharusnya bersifat pro aktif untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam hal implementasi CSR mereka. Saya yakin sebenarnya banyak perusahaan yang sangat welcome dengan berbagai program untuk implementasi CSR mereka. Indosat, Telkom adalah beberapa BUMN yang concern CSR-nya di bidang pendidikan. Sayangnya UII kok gak menjalin channel dengan BUMN-BUMN untuk membantu mereka dalam menerapkan CSR-nya. Yarsi kayanya one-step ahead untuk hal ini.

http://www.antara.co.id/arc/2007/5/16/indosat-gandeng-universitas-yarsi-jakarta-untuk-csr/

INDOSAT GANDENG YARSI UNTUK CSR
Jakarta (ANTARA News) – PT Indosat Tbk menggandeng Universitas Yarsi Jakarta untuk bekerjasama dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR/Corporate Social Responsibility) pada 2007 yang lebih ditekankan untuk dunia pendidikan. “Tahun 2006-2007 tema CSR kita adalah Indonesia Belajar. Kita memberikan peran dan kompetensi kita untuk dibagikan kepada institusi pendidikan seperti universitas, SMA dan lain-lain,” kata Kepala Indosat Wilayah Jabotabek, Sony Teguh Trilaksono.

Kerjasama Indosat dengan Universitas Yarsi dikukuhkan lewat penandatanganan nota kesepahaman antara Indosat yang diwakili oleh Kepala Indosat Wilayah Jabotabek, Sony Teguh Trilaksono dengan Ketua Umum Pengurus Yayasan Yarsi Prof Dr J Jurnalis Uddin, PAK di kampus Yarsi di Jakarta, Rabu. Sony mengatakan bentuk kerjasama tersebut antara lain berupa kesempatan magang di Indosat bagi mahasiswa dosen Universitas Yarsi, penelitian bersama, misalnya untuk melakukan survey di kampus.

“Satu lagi, kita mengajak koperasi kampus untuk bagaimana mengembangkan bisnis seluler yang terpadu,” lanjut dia. Sony menjelaskan tujuan CSR Indosat dalam dunia pendidikan adalah untuk membagi `soft skill` dan aspek tehnologi yang dipunyai Indosat kepada dosen dan terutama mahasiswanya agar siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif.

Pada kesempatan yang sama, Universitas Yarsi juga menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan PT Oracle Indonesia dan Yayasan Penggerak Linux Indonesia untuk mengembangkan Fakultas Tehnologi Informasinya. Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Yarsi Prof Dr J Jurnalis Uddin, PAK di kampus Yarsi dengan Direktur Pendidikan Oracle, Mardjuki mewakili Oracle dan dengan Ketua YPLI, Rusmanto mewakili Linux.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tehnologi Informasi Universitas Yarsi, Suhaeri MT mengatakan kerjasama dengan Indosat terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. “Kita diberi kesempatan untuk magang. Mereka menjadi dosen disini sebagai dosen tamu atau dosen tenaga ahli. Melakukan penelitian bersama antara Universtasi Yarsi dengan Indosat,” kata Suhaeri.

Sedangkan dalam aspek pengabdian masyarakat, kata dia, kerjasama dilakukan dengan memberikan layanan kepada masyarakat seperti memberikan ilmu-ilmu mengenai tehnologi informasi kepada masyarakat. Sementara kerjasama Universitas Yarsi dengan Linux, ujar Suhaeri, nantinya Linux nanti akan mengembangkan laboratorium Linux di Fakultas Tehnik Informasi serta mengajarkan materi seputar Linux. “Kerjasama dengan Oracle, kita jadi member dari Oracle. Nanti kita para dosen, ditraining menjadi instruktur dan setelah lulus sertifikasi internasional Oracle, kita akan ajarkan kepada mahasiswa kita,” tambah Suhaeri. (*)

About these ads
Kategori:Dunia Kampus
  1. budha
    17 Oktober, 2007 pukul 4:46 am | #1

    ohya

  2. 21 Februari, 2008 pukul 3:14 am | #2

    Kalau bicara pendidikan dengan dukungan CSR dalam bentuk Sekolah & Universitas mungkin masih masyarakat kelas menengah yang merasakan manfaatnya. bagaimana dengan masyarakat miskin yang tidak mampu sekolah. Jangankan sekolah untuk membeli 1 buah buku tulis saja kadang-kadang tidak mampu ?.
    Katakanlah bukan dalam bentuk Bea Siswa. Saya selaku Koordinator Umum Rumah Belajar Komunitas Proklamasi, dan saat ini sedang mempersiapkan Rumah Belajar lain dibeberapa tempat. Kegiatan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan telah dilakukan sejak awal th. 2003 disini, bersebelahan dengan Gedung Proklamasi terletak di RW. 06 wilayahnya sampai dengan Jl. tambak / kolong manggarai. berpenduduk 5200 jiwa, diantara anggotanya selain remaja dan orang tua adalah anak-anak usia 9 – 14 tahun sekitar 200-300 orang berbagai pendididikan non formal kami ajarkan secara gratis disini, seperti Komputer, Bhs. Inggris, Matek-matika, Menggambar dll. Semua Fasilitas dan Sarana saat ini merupakan sumbangan dan kepedulian sosial dari berbagai pihak. Saya berharap perusahaan2 CSR dapat membantu kegiatan serupa yang langsung dirasakan masyarakat miskin Kota maupun Desa tertinggal. terima kasih

  3. 21 Februari, 2008 pukul 1:14 pm | #3

    CSR akan sangat bermanfaat jika ditangani secara profesional dan bertujuan demi kepentingan masyarakat. AKSI CEPAT TANGGAP (ACT), lembaga kemanusiaan yang FOKUS PADA PENANGANAN BENCANA telah banyak bermitra dengan perusahaan besar seperti Unilever, Pertamina, Artajasa, Garuda Food, dsb berusaha memegang amanah dengan baik dan profesional, sbg pelopor jiwa-jiwa peduli berbasis kerelawanan menuju kemandirian masyarakat. Hotline 021-7414482

  4. aimi
    27 Februari, 2008 pukul 5:04 am | #4

    1. tolong dibahas tentang draf peraturan pemerintah tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diatur dalam pasal 74 uu perseroan terbatas no 40 tahun 2007…..
    apakah rancangan pp ini sudah disahkan oleh dpr???????
    apakah dalam uu perbankan ada mengatur tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan???????? bila ada pada pasal berapa???
    selain pasal 74 uu no 40 tahun 2007 tentang pt menjadi dasar hukum csr , adakah peraturan hukum lain yang mengaturnya?????/
    tolong dibalas ke email saya……..

    • sugeng triswahyono
      14 Agustus, 2009 pukul 2:35 am | #5

      tolong ajari saya untuk membuat blog saya sudah mencoba 15 kali gagal terus.trims

  5. Syauqie
    3 Maret, 2008 pukul 11:21 am | #6

    XL (PT Excelcomindo Pratama) juga belum lama ini meluncurkan web CSR nya, lumayan bagus dan komplit isinya. Webnya bisa dikunjungi di http://www.xl.co.id/xlcsr/

  6. 14 Maret, 2008 pukul 1:52 pm | #7

    butuh banyak pengetahuan tentang CSR

  7. adel
    26 Maret, 2008 pukul 8:57 am | #8

    banyak cara atau metode yang telah dilakukan beberapa perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam melaksanakan CSR. hanya yang perlu digarisbawahi alangkah baiknya jika program-program CSR yang ada dapat terus berkelanjutan dan tepat sasaran. karena CSR itu sendiri merupakan wujud dari kepedulian perusahan-perusahaan terhadap lingkungan. dan pengertian lingkungan disini sangat luas, termasuk di dalamnya masyarakat (entah masyarakat kota, kecil, menengah atau ke atas) dan lingkungan dalam arti sebenarnya (tanah, air, udara, dan hutan). dan proses menuju CSR yang ideal itu membutuhkan waktu, tidak bisa instan, karena jika prosesnya instan dikhawatirkan akan makin membodohi masyarakat. karena itu diperlukan proses pendampingan dan tahapan-tahapan tertentu agar tidak terjadi kegagalan dalam pelaksanaan. oleh karena itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak tidak hanya dibebankan oleh satu instansi atau lembaga tertentu saja.

  8. 8 April, 2008 pukul 6:31 am | #9

    Mas Yusuf,

    Saya sedang mempelajari marketing 3.0 yang baru2 ini sedang dibicarakan.
    Yang saya ingin share ke mas adalah apakah trend marketing 3.0 ini bisa dihubungkan dengan program CSR atau CRM saat ini.
    Karena CSR daM 3.0 itu sama-sama mengemban tanggung jawab sosial dari produk ke konsumen. Yang artinya untuk jangka masa panjang visi dan misi suatu produk atau perusahaan.

    thanks

  9. 16 April, 2008 pukul 11:29 pm | #10

    Assalamualaikum……..
    saya mahasiswa semester akhir di UIN n sekaarnag sedang menulis skripsi tentang “tanggungjawab sosial perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar”. ada refensi khusus yang membahas masalah ini nda?. thanks sblmnya

  10. 21 Mei, 2008 pukul 8:39 am | #11

    salam..
    kami dari yayasan pusaka indonesi aceh yang bergerak dibidang advokasi anak dan perempuan di NAD.
    kai siap menjadi mitra CRS dalam penanggulngan bencana di NAD.

    salam

    • yadin suhendar
      31 Agustus, 2009 pukul 5:32 am | #12

      Assalamu Alaikum Wr Wb
      Fatur temanku
      Saya Yadin dari Ciledug Tangerang, bisakah kamu kirimkan Profile tentang Yayasan yang saat ini kamu punyai. Terima kasih
      Assalamu Alaikum Wr Wb
      Yadin Suhendar

  11. Adi Setiawan
    23 Mei, 2008 pukul 7:52 am | #13

    Assalamu’alaikum,

    Saya sangat tertarik dengan CSR. Apabila ada yang berkenan memberikan literatur tentang CSR mohon dikirim ke e-mail saya.
    Terimakasih…!!!

    Wassalamu’alaikum

    • sugeng triswahyono
      14 Agustus, 2009 pukul 2:36 am | #14

      hubungi saja di nomer 085291378868

    • ukmcsrgtc
      28 Agustus, 2009 pukul 9:28 am | #15

      Anda bisa mengikuti workshop CSR yang diadakan di FEUI..For futher information please see ukmcsrgtc.tk

  12. Fanny
    31 Mei, 2008 pukul 1:48 am | #16

    CSR merupakan sebuah program tanggung jawab sosial dari perusahaan2 besar yang memang harus terus dikembangkan, ditanggani secara serius dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat termasuk perhatian dari pemerintah, mengingat kondisi masyarakat Indonesia sekarang yang mayoritas dalam kondisi serba keterbatasan.

    Trend CSR ini sedang marak dikembangkan oleh perusahaan2 besar dalam bentuk Brand Activation sebagai salah satu bentuk marketing tools mereka, yang akhirnya berkembang dan berubah nama menjadi Brand Social Responsibility (BSR). pada dasarnya itu adalah sebuah ide yang briliand dari para marketers selama perusahaantersbut tidak melupakan fungsi awal dari CSR itu sendiri dan baik untuk semua pihak.

    Saya seorang mahasiswa yang akan mengangkat tema pengembangan CSR menjadi BSR ini dalam penelitian Skripsi saya, mohon bantuannya apabila memiliki referensi/jurnal2 yang membahas tentang hal di atas. Trimakasih

  13. arif junaedi
    5 Juni, 2008 pukul 8:04 am | #17

    Saya sedang bekerja pada program pemberdayaan masyarakat di Jawa Timur.
    Hampir semua wil. desa/kel dampingan kami saat ini sedang berupaya untuk melakukan chanelling dengan peihak ketiga termasuk mencoba menangkap peluang melalui Program CSR. Mohon informasinya untuk Jawa Timur khususnya Surabaya dan Sidoarjo. Tq

  14. Pipit
    22 Juli, 2008 pukul 12:42 pm | #18

    Saya adalah seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta yang akan mengajukan skripsi. Kebetulan sekali saya tertarik dengan program-program CSR di sebuah instansi. Untuk itu mohon dukungandan bantuannya baik berupa referensi,informasi atau lainnya untuk menyelesaikan skripsi saya.

    Terima kasih….

  15. fitri
    12 Agustus, 2008 pukul 6:37 am | #20

    ada yang tau program CSR PT. Indah Kiat yang di Serang ga?? kalo ada tolong bantu saya ya.. untuk bahan penelitian tesis saya.. trims banget info nya

  16. etha
    14 Agustus, 2008 pukul 3:52 am | #21

    Saya adalah seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta yang akan mengangkat tama pelaksanaan CSR ini untuk penelitian skripsi saya. Kebetulan sekali saya tertarik dengan program-program CSR di sebuah perusahaan swasta. Untuk itu mohon dukungan dan bantuannya baik berupa referensi,informasi atau lainnya untuk menyelesaikan skripsi saya.

    Terima kasih….

  17. 25 Agustus, 2008 pukul 10:00 am | #22

    Baru2 ini saya mewawancarai direktur utama sebuah perusahaan yg bergerak di bdg argoindustri kususnya kelapa sawit. mereka juga mengimplementasikan CSRnya dlm bentuk beasiswa. siswa2 ini dididik utk mjd petani modern yang berwawasan, memiliki kemampuan leadership yg tangguh dan penguasaan teknologi perkebunan. saya terkesan dgn komitmen para top maanajemennya untuk mengubah citra petani di tanah air. untuk info beasiswa bagi lulusan SMA silakan klik website ; http://www.cwe.ac.id

  18. vhera
    27 Agustus, 2008 pukul 9:27 am | #23

    assalamualaikum,,

    sy seorang mahasiswi d sebuah PT d kalimantan selatan,,
    sy juga tertarik dgn CSR untuk diangkat sbg masalah dlm skripsi sy nanti,,
    untuk itu klo ada yg tahu literatur, referensi, ato informasi apapun mengenai CSR tolong bantuannya,,
    kirim sja k email saya:
    vhera_v3a@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

  19. nelly
    10 September, 2008 pukul 2:12 pm | #24

    assalamu’alaikum,

    sy seoarang mahasiswi yang sedang menyusun skripsi tentang CSR, klo ada referensi,literatur atau referensi tentang CSR, mohon dikirim ke alamat email saya:
    nelly_gusri@yahoo.co.id

    terimakasih banyak atas bantuannya

  20. ardiansyahputra
    14 September, 2008 pukul 9:41 am | #25

    Dear Pak Dosen
    Saya sendiri pernah ikutan program CSR PT.Telkom dgn ikutan program coop lumayan dapat pengalaman kerja sekaligus digaji. Untuk lebih jauh mengenai CSR PT.TELKOM see this site
    http://ardiansyahputra.wordpress.com/2007/10/26/soal-test-pt-telkom-coop/
    http://ardiansyahputra.wordpress.com/2007/09/11/test-coop-pttelkom-yang-excited/
    Thanks

  21. ridha
    16 September, 2008 pukul 2:47 pm | #26

    saya dari kabupaten subang mengenai CSR dalam bidang pendidikan yang kerjasama dengan lembaga2 universitas sangat tidak mengena kepada tujuan csr nya sendiri.
    karena tujuan CSR sendiri lebih pada bagaimana membangun kerjasama dengan masyarakat sekitar perusahaan,agar tidak ada kesenjangan sosial dilingkungan perusahaannya sendiri (masyarakat).
    fakta di kabupaten subang beberapa perusahaan seperti PTPN 8, PT SIL, Sang Hyang Sri dalam membangun pola CSR nya berbeda.
    PTPN 8 membuka simpan pinjam dengan masyarakatnya, PT SIL membuat artesis di 13 desa sekitas PT SIl, Sang Hyang Sri (SHS)sAmpai saat ini belum jelas juga karena mereka masih terlibat konflik dengan masyarakatnya mengenai penyewaan lahan yang begitu besar yang dilakukan oleh SHS. Program CSR ini adalah salah satu cara perusahaan untuk meminimalisir konflik yang terjadi di di wilayah exsternal perusahaan tersebut.

  22. ridha
    16 September, 2008 pukul 3:04 pm | #27

    kalau saya pikir ada baiknya memang CSR ini dilakukan dengan baik dan benar pada pelaksanaannya, misalnya CSR dalam dunia pendidikan bersama masyarakat membangun sekolah alam dimana sekolah tersbut lebih membangun skill dan langsung mempersiapkan lapangan pekerjaan untuk mereka. dalam ekonomi bagaimana peran CSR coba membangunn potensi ekonomi dengan pola partisipatif, di desa-desa yang berada di lingkungan persuhaannya tersebut hingga mampu menciptakan pelaku ekonomi di desa yang berada disekitar lingkungan CSR tersebut. yang jelas dana hibah perusahaan sebesar 25% ini bisa di manfaat kan dan dialokasikan dengan baik oleh perusahaan dan masyarakat nya.

  23. Niken
    27 Oktober, 2008 pukul 8:43 am | #28

    Saya adalah seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta yang akan mengangkat tama pelaksanaan CSR ini untuk Karya tulis saya. Untuk itu mohon dukungan dan bantuannya baik berupa referensi,informasi atau lainnya untuk menyelesaikan karya tulis saya.

    Terima kasih….

  24. 29 Oktober, 2008 pukul 3:13 am | #29

    Saya, mahasiswa IM Telkom (d/h STMB Telkom) S1 penjenjangan, sedang mempertimbangkan studi CSR sebagai topik skripsi saya. Hmm.. apakah CSR dapat kita hubungka dengan brand image / imager dr perusahaan itu sendiri? Saya membaca visi dan misi CSR Indosat. Namun, dari visi dan misi tsb lebih menitikberatkan pada tanggung jawab sosial perusahaan dan terkesan non-profit. Indosat menjadi perhatian saya karena saya sangat terkesan dengan iklan tema CSR dalam Indonesia Cinta Indonesia.

    Mohon pendapat teman2 sekalian.
    Terima Kasih.

    jpalumian@yahoo.com

  25. Hairul
    29 Oktober, 2008 pukul 5:01 am | #30

    Ass,, Bisa tolong dibantu mendapatkan buku tentang csr dan penelitian juga jurnal..
    trima kasih

  26. veronica
    26 November, 2008 pukul 7:48 am | #31

    saya mau tanya tentang buku refrensi CSR apa aja ya?
    thnks

  27. ghietha Lestari
    8 Desember, 2008 pukul 2:09 pm | #32

    ass…saya seorang mahasiswa jurusan perbankan syariah dari salah satu perguruan tinggi negeri yang sedang duduk pada semester akhir.. saya sedang mempertimbangkan csr sebagai judul
    skripsi saya..
    bapak kira-kira judul CSR yang memang tepat atau sesuai dengan jurusan saya yaitu perbankan syariah apa y??tolong kasih masukan y pa`…trima ksaih y pa,,
    tLomg balas pertanyaan saya..

  28. ghietha Lestari
    8 Desember, 2008 pukul 2:12 pm | #33

    atau kalau bapak punya artikel csr perbankan sayriah tolong kirim ke`email saya y pa` (ghieta88@yahoo.com)
    trima kasih y pa`…
    please bales pertanyaan saya pa`…

  29. syamsul hadi
    23 Desember, 2008 pukul 3:21 am | #34

    berbicara soal CSR tidak sekedar memberikan sesuatu kepada orang lain (masyarakat) akan tetapi tanggung jawab setelah pemebrian tersebut. kerap kali maskud baik itu menibulkan gejolak (konflik) baru di masyarakat.

  30. david ganda silalahi
    8 Januari, 2009 pukul 4:09 am | #35

    Saya kira, kita perlu kembali memaknai konsep dasar dari CSR itu sendiri… karena saat ini, banyak salah paham antara makna dan implementasinya….

    Banyak korporasi, dunia usaha yang mengimplementasikan CSR sebagai sebuah Charity (seperti pemberian beasiswa, sumbangan dana, pembangunan infrastruktur dll) yang pada dasarnya bukan hanya sekedar itu saja….

    Yang terpenting lagi yang harus diperhatika adalah poin “peningkatan kapasitas” dari yang kurang berdaya menjadi berdaya. Hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pengembangan akses dan kontrol yang disesuaikan dengan kearifan lokal

    Hal ini lah yang memang sering kali dipandang parsial oleh banyak kalangan. Bahkan dengan diluncurkannya UU 40 tentang perseroan terbatas dan UU Minerba yang terbaru jelas-jelas bertolak belakang dengan makna filosofi dari CSR itu sendiri. Dimana implementasi CSR seharusnya dilakukan berdasarkan konsep “etika bisnis” yang dorongan pelaksanaannya sebagai wujud tanggung jawab bukan diimplementasikan berdasarkan regulasi.

    Hal inilah yang mungkin mengakibatkan buramnya pemaknaan dan pemahaman CSR di Indonesia…

  31. Muhammad Irfan
    9 Januari, 2009 pukul 8:48 am | #36

    Bicara tentang CSR, banyak perusahaan-perusahaan besar yang mengeluarkan dana yang tidak dalam jumlah yang sedikit untuk program CSR mereka. dana yang keluar tersebut lebih banyak berupa ” Dana Amal”, asal memberikan bantuan saja ke masyarakat. bantuan yang diberikan tersebut tidak dikelola secara baik. perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari aman saja afar dapat terus beroperasi di wilayah tersebut…. menurut saya, pemberian penghargaan dari pemerintah terhadap perusahaan yang melaksanakan CSR yang dinilai baik sangat diperlukan sejingga perusahaan berniat untuk melaksanakan CSR mereka dengan Sungguh2 sehingga memperhatikan keberlanjutan Program CSR mereka.

  32. agung
    11 Januari, 2009 pukul 4:21 pm | #37

    bisa tdk membantu mengajak perusahaan yg belum memberikan CSR secara maksimal, bahkan realita sekitar benar2 tertinggal ..
    mohon dibantu push perusahaan PT Sansibar di desa Kalisidi Ungaran Barat Kabupaten Semarang Jawa Tengah.
    Jika benar2 bisa ada tindak lanjutnya mohon email ke saya .. goodmorning.my_friends@yahoo.com

  33. Charles
    14 Januari, 2009 pukul 3:52 am | #38

    1. Apakah pola/model CSR yang diaplikasi/dipilih Perusahaan harus yang menguntungkan perusahaan(dampak dari CSR lansung dirasakan oleh perusahaan)???
    2. Keuntungan seperti apa yang dapat dirasakan perusahaan selain perusahaan mendapat pengakuan dari masyarakat, mem-bran-kan perusahaan, menemukan jati diri perusahaan…???apakah ada keuntungan/benefit yang berupa uang/materi..???karena menurut saya CSR yang diaplikasi oleh perusahaan adalah suatu sumbangsi atau dana yang dikeluarkan untuk lingkungan di sekitar perusahaan tanpa harus menuntut untuk dikembalikan lagi ke perusahaan..

  34. Mala
    4 Februari, 2009 pukul 8:09 am | #39

    CSR pada dasarnya punya sisi positif dan negatif…
    Tapi menurut saya setiap perusahaan pasti mengaplikasikan CSR kedalam perusahaanya…….

  35. nieta
    8 Februari, 2009 pukul 3:03 am | #40

    saya adalah pengelola pendidikan anak usia dini yg berada di purnawarman pisangan ciputat. saya ingin tau lbh byk ttg csr dan bgm crnya km bs bkjsama dg prsh yg sdh ada csrnya, sbb saat ini paud km memiliki murid yg memang berasal dr klgan menengah kebwh, shg km sgt mbutuhkan uluran tagan dr phk2 yg memang konsen dibdg pendidikan terutam pddkan anak usia dini. terima kasih

  36. eva
    21 Februari, 2009 pukul 11:15 am | #41

    saya seorang mahasiswa jurusan akuntansi dari salah satu universitas yang sedang duduk pada semester akhir..saya mengambil topik csr dng jdl pengaruh profitabilitas pengungkapan csr pada perbankan yg terdaftar di bei 2006-2007..
    saya ingin minta bantuan,bagaimana cara untuk menguji profitabilitas tersebut?uji apa saja yang harus dilakukan?
    bisa email saya di Fuji_Shuusuke10@yahoo.co.id

  37. robert B.S
    23 Februari, 2009 pukul 2:59 am | #42

    CSR pada dasarnya untuk pemberdayaan masyarakat disekitar perusahaan kaitkan dengan etika bisnis, namun banyak kita lihat masyarakat disekitar perusahaan hidup dalam kemiskinan dan pengangguran? dimana CSR nya? nun jauh di Menara Gading Univ keren-keren kan? Disadari Pelatihan kerja dan pendidikan adalah faktor pengubah yang sangat mendasar untuk mengangkat kehidupan dan yang dapat dijadikan prioritas. mudah-mudahan 3-5 tahun kemiskinan akan berkurang dan kehidupan sekitar perusahaan yang megah itu berangsur membaik dan sejahtera, wajah lingkungan segar dan mengagumkan. itulah yg terjadi kalau perusahaan sungguh- sungguh melaksanakan CSR yang baik.

  38. ade
    8 April, 2009 pukul 4:11 am | #43

    mas saya mau tanya,,saya sedang mengambil skripsi dengan judul citra masyarakat sekitar melalui kegiatan csr..
    kira-kira buku apa yang tepat untuk konsep teori sesuai dengan judul saya,apakah ada faktor-faktor dalam csr yang bisa mempengaruhi citra perusahaan?
    bisa tolong dijawab melalui email saya limo_city@yahoo.com
    terima kasih

  39. 14 April, 2009 pukul 2:58 am | #44

    Tulisan yang menarik, semoga perusahaan2 bisa mengambil hikmahnya.
    Salam,
    Ferry Djajaprana

  40. srikandi-kalem
    20 April, 2009 pukul 6:15 am | #45

    pelaksanaan CSR bagi perusahaan diperlukan penanganan yang profesional dan serius agar dana yang telah dikeluarkan oleh perusahaan benar-benar mencapai sasaran yang tepat dan dapat dirasakan bagi masyarakat sekitar dan karyawan beserta keluarganya.

  41. arif makruf
    11 Mei, 2009 pukul 11:19 pm | #46

    assalamu’alaikum,

    sy seoarang mahasiswia yang sedang menyusun skripsi tentang CSR, klo ada referensi,literatur atau referensi tentang CSR, mohon dikirim ke alamat email saya:
    1. bisa nda dana csr itu digunakan untuk Pemeliharaan jalan yang kerusakannya diakibatkan oleh perusahaan itu sendiri
    2. bagaimana pengawasan pemerintah bila dana csr tersebut tidak dilaksanakan. thanks sebelumnya

  42. awie
    13 Mei, 2009 pukul 5:10 am | #47

    Sepertinya banyak juga yang skripsi tentang CSR, sebagai informasi bahwa CSR dijadikan standar ISO 26000 selain ISO 9001 (mutu) dan ISO 14001 (lingkungan). Bagi yang mempunyai infomasi tentang ISO 26000, mohon diinformasikan ya!!

    thx

  43. ropik
    23 Mei, 2009 pukul 8:30 am | #48

    saya seorang mahasiswa fakultas ekonomi di unja,..
    sambil merintis usaha yang sudah berjalan setengah tahun, dan saya bermaksud ingin mengembangkan usaha saya,..
    saya dengar-dengat ada program CSR yang membantu usaha kecil menengah,..
    di jambi saya belum ada mendengar orang yang mendapatkan fasilitas tersebut.
    gimana prosudernya untuk gabung kdengan program tersebut???
    kalu dilihat dari program csr sangat membantu sekali,.
    terima kasih sebelumnya,.,..

  44. 2 Juni, 2009 pukul 6:27 am | #49

    CSR ibarat 2 keping mata uang bagi perusahaan, di satu sisi CSR merupakan tanggung jawab moral/charity and philantrophy yang dilakukan atas dasar suka rela, di sisi lain CSR merupakan tanggung jawab yang wajib dilakukan bagi perusahaan manapun. Banyak perusahaan di indonesia masih menerapkan CSR setengah hati. implementasi tanggung jawab tersebut kadang kala membuat Perusahaan mengalami masalah yang cukup besar akibat keberadaan aktivitas dia (perusahaan) di lingkungan sekitar kalau dibandingkan dengan pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk program CSR. Kita dapat melihat contohnya PT NEWMONT MINAHASA dll yang terusir oleh masyarakat sekeliling dia beraktivitas. Dengan kejadian itu seharusnya para stakeholder di perusahaan dan di tataran pemerintah harus bisa memberikan solusi yang terbaik agar kegiatan perekonomian lewat dunia usaha seperti perusahaaan-perusahaan besar tidak mengalami nasib yang sama dengan PT NEWMONT MINAHASA. Melalui UU PT No 40 tentang tanggung jawab sosial perusahaan dapat menjadi mainstream bagi para pengusaha agar dapat menyedekahkan hasil kerjannya yang berlandasakan atas “kewajiban” layaknya orang tua memberi kasih sayang kepada anak-anaknya bukan hanya karena belas kasihan dan amal seperti layaknya orang tua memandang anaknya sebagai gelandangan dan orang terlantar. Didit Susiyanto Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Jember

  45. nova
    3 Juni, 2009 pukul 12:04 pm | #50

    saya mau nyusun skripsi mengenai csr. mohon bantuannya dong ….judul apa yang cocok n teori apa aja yang mendukung.trims

  46. Nur Faizah
    5 Juli, 2009 pukul 12:12 pm | #51

    saya mahasiswi IPB yang akan melakukan penelitian akhir tentang CSR,,,,,,khususnya yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat,,,,,,yang sesuai dengan jurusan saya Gizi Masyarakat…..
    boleh minta tolong gak,,,,buku referensi tentang CSR yang berkaitan ttg kesehatan masyarakat itu apa saja….
    tolong banget bantuannya karena samapai sekarang saya belum menemukan buku yang sesuai…..
    kalo misalkan da tolong dikirim ke email saya ya…
    noer_fzh@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya,,,,,,

  47. Bandang
    7 Agustus, 2009 pukul 1:53 pm | #52

    Ass..
    Pak Yusuf saya butuh referensi ataupun jurnal akun yang membahas tentang CSR BUMN khususnya PT. Pertamina Surabaya,saya ingin mengangkat tema CSR tersebut tapi masih bingung dari segi mana saya membahasnya, saya ingin menggunakan metode penelitian kualitatif.. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    bls di email saya saja

    dunkp1p1@aol.com

    Wass..

  48. oza
    18 Agustus, 2009 pukul 9:59 am | #53

    Bentuk CSR yg dikeluarkan sebuah perusahaan saat ini lebih kepada bantuan utk memberdayakan masyarakat diluar perusahaan, pekerja didalam perusahaan tidak merasakan makna CRS tersebut. Jika mau ada “model co-survival” berupa workshop toward safe community yg melibatkan seluruh pekerja dan masyarakat target . Model tersebut pelahan-lahan kami implementasikan diperusahaan dan maasyarakat. Untuk lebih jelas silahkan kontak via email zainal.sip@Gmail.com Thx attensinya

  49. 21 Juni, 2010 pukul 5:52 am | #54

    konep csr kalau diaplikasikan secara optimal oleh sebuah perusahaan, pemerintah, masyarakat dan pihak swasta maupun non goverment dapat bersinergis.

  50. 21 Juni, 2010 pukul 7:05 am | #55

    Nama : muhaiminsyakir

    E-mail: muhaiminm08@mail.student.ipb.ac.id

    url : http://muhaiminm08.student.ipb.ac.id

    CSR perlu, namun alangkah indahnya jika tidak ada pihak yang merusak lingkungan dan membayarnya dengan program2 CSR!

  51. Anonymous
    20 Desember, 2010 pukul 4:42 pm | #56

    bisa dijabarkan gak
    program CSR dalam bidang Sosial, ekonomi,vdan lingkungan itu bagaimana????

  52. engkos kosasih
    8 April, 2011 pukul 11:57 am | #57

    Karena Program CSR bagian pasal UU-PT belum ada turunannya sebaiknya disetiap daerah ada suatu perda Pemanfaatan program CSR benar sampai dapat dirasakan langsung terutama dalam pemperdayaan Masyarakat didaerah masing sesuai intensitasnya. Ada program PNPM yang sudah berjalan dan berhasil dengan baik dan bahkan dapat menutupi beban pemerintah daerah setempat di strata sosial menengah bawah .Hebatnya lagi dapat menggali potensi gotong royong yg selama ini terabaikan.Jadi nilai kswadayaan dan peperdayakan masyarakat tumbuh dengan baik. SSebaiknya CSR ini dapat disandingkan dengan pola PNPM ini. Atau Program CSR ini diperdakan ada bagian pasal Program CSR disentralkan. diterima langsung oleh masyarakat

    • engkos kosasih
      8 April, 2011 pukul 12:19 pm | #58

      Oh, yah..!
      Kami akan mengadakan Seminar CSR di Kota Batam.
      Bila kemasan saya baik akan mengarah pemperdayakan potensi strategis wilayah perbatasan dengan potensi jalur internasional.Menggali potensi kaum Urban yang pada dasarnya masyarakat agraris menjadi diperdayakan menjadi masyrakat industri hilir. Kemasan ini harus apik tentu terarah
      sesuai realita yang ada dimasyarakat , yg sebenarnya sudah ada hanya karena belum ada sentuhan dari pihak -pihak yg keterkaitan perkembangkan sekto ini. Saya yakin pengurangan kemiskinan akan terjadi.Atau terhapukan kemiskinan yang ada di Batam ini. Insya Allah….. !!!!

  53. 18 Mei, 2011 pukul 1:50 am | #59

    Benar sekali. CSR itu memang penting dan bermanfaat

  54. maman rusmana
    16 Juli, 2011 pukul 9:26 am | #60

    pak saya tertarik dengan program CSR,…saya LSM komite peduli lingkungan mulai dari mana…..saya untuk bisa bekerjasama tentang CSR di perusahaan yang dekat dengan lingkungan saya tinggal

  55. 6 Desember, 2011 pukul 3:27 pm | #61

    Terima kasih atas perhatian Indosat dengan menyelenggarakan CSR. Jangan lupa juga memberikan CSR dalam betuk pelatihan manajemen kepada UKM / UMKM penggunaan Software / Program Toko untuk membantu UKM / UMKM dalam mengambil keputusan bisnis. Kunjungi http://program-umkm-gratis.blogspot.com Sukses Selalu!

  56. ida fitria
    18 Maret, 2012 pukul 10:17 am | #62

    ass.wr.wb., sy seorang guru pada smkn yg membina jurusan perkebunan. kami bermaksud mencari bantuan untuk pembangunan sebuah green house di sekolah. betul bahwa kami juga mendapat bantuan tiap tahun dari pemerintah, tapi bukannya serakah, bantuan tersebut sangat jauh dari cukup. sehingga bantuan itu hanya dapat digunakan untuk membeli peralatan/bahan dan operasional praktikum. melalui media ini kami berharap untuk mendapatkan bantuan ataupun links pada sumber yang dapat membantu. terimakasih .

  57. Anonymous
    10 Juli, 2012 pukul 12:41 am | #63

    Save Labibah beautiful girl With Hearing Impairment

    Ass.wr.wb….Saudarakau seiman dan seislam seperjuangan dalam menegakkan kalimat Allah swt dimuka bumi, bagi Bapak/Ibu, lembaga CSR, instansi pemerintahan, Ikhwan dan Akhwat yang diberikan amanah dan kelapangan rizki oleh Allah, saat dan tahun ini putri kami yang pertama LABIBAH lulus TKLB Tunarungu dan melanjutkan pendidikan ke SDLB ( Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu ) membutuhkan biaya yang subhanallah Rp 64.800.000, tentunya membutuhkan bantuan dana dari para muhsinin/donatur yang diberikan kelapangan rizki oleh Allah swt….bagi yang ingin memberikan dana sosialnya langsung transfer ke rek. Muamalat a/n. Tajudin ( ayahnya Labibah /Alumni Husnul Khotimah angkatan 2 ) no rek. 9115060399 no telp. 087884857923 atau hubungi Ayu Nurwijayati 021-94841472-0878 ( Ibunya labibah/ Alumni Husnul Khotimah angkatan 3 ), kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mensukseskan pendidikan anak berkebutuhan khusus. semoga Allah membalas kebaikan kita semua…amin.

    Alamat Rumah : Jl. Situ Indah No. 66 Rt.07/10 Kel. Tugu Kec. Cimanggis, Kota Depok Jawa Barat 16951

    Wass.wr.wb.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: